Perbandingan hasil belajar siswa pasca pembelajaran antara penerapan metode STAD (Student Teams Achievement Division) dan jigsaw pada mata pelajaran teknologi mekanik di SMK PGRI 3 Malang / Wening Laras Jati
Main Author: | Jati, Wening Laras |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/42519/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKJatiWeningLaras.2015.PerbandinganHasilBelajarSiswaPascaPembelajaranantaraPenerapanMetodeSTAD(StudentTeamsAchievementDivisiondanJIGSAWpadaMataPelajaranTeknologiMekanikdiSMKPGRI3Malang.Skripsi.JurusanTeknikMesin.FakultasTeknik.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing1)Dr.EddySutadjiM.Pd.2)Drs.H.SunomoM.Pd.KataKunciPerbandinganHasilbelajarSTAD(StudentTeamAchievementDivision)JIGSAWHasilbelajarmerupakansuatuprosesperubahanyangterjadidalamdiriseseorangbaikpengetahuanketrampilandansikap.DiSMKPGRI3MalanghasilbelajaryangdimilikisiswakelasXProgramKeahlianTeknikPemesinansudahbagusnamunperluditingkatkandenganmemberikanmetodepembelajaranyangbervariasiterhadapsiswa.Sehinggasiswalebihaktifdikelasdalamprosespembelajaran.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mengetahuihasilbelajarsiswamenggunakanmetodepembelajaranSTAD(StudentTeamsAchievementDivision)(2)mengetahuihasilbelajarsiswamenggunakanmetodeJIGSAW(3)mengetahuiperbedaanyangsignifinikanterhadaphasilbelajarmenggunakanmetodepembelajaranSTAD(StudentTeamsAchievementDivision)danJIGSAW.PenelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiankuantitatifdenganformatQuasyExperimentalDesign.PenelitianinidilakukandenganrancanganpenelitiandeskriptifdanQuasyEskperimentaldengandesainPretest-PosttestControlGroupDesignyangmelibatkankelaseksperimendenganmodelpembelajaranSTAD(StudentTeamsAchievementDivision)dankelaskontroldenganmodelpembelajaranJIGSAW.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXSMKPGRI3MalangKeahlianTeknikPemesinankelasTPAdanTPB.Teknikpengumpulandatadenganmenggunakanpretestposttestdandokumentasi.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisstatistikinferensial.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)nilairata-ratapretestsiswayangmenggunakanmetodeSTADadalah49.25rata-rataposttest80.50danrata-ratahasilbelajarsiswa86.40(2)nilairata-ratapretestsiswamenggunakanmetodeJIGSAWadalah46.39rata-rataposttest75.27danrata-ratahasilbelajarsiswa81.54(3)padapengujianhipotesispenelitianmenunjukkannilaiSig(2-tailed)0.002