Pemahaman guru tentang kurikulum 2013 SMK dan implementasinya pada SMK Program Keahlian Teknik Mesin (Studi kasus pada SMK negeri 1 Kertosono) / Rohmanudin

Main Author: Rohmanudin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/42485/
Daftar Isi:
  • Rohmanudin.2014.PemahamanGurutentangKurikulum2013SMKdanImplementasinyapadaSMKProgramKeahlianTeknikMesin(StudiKasuspadaSMKNegeri1Kertosono).SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.WidiyantiM.Pd.(II)Drs.H.YotoS.T.M.Pd.M.M.KataKuncipemahamangurukurikulum2013SMKimplementasi12288122881228812288Adanyaperubahankurikulumbaruharusdiimbangidengankemampuangurudalammengelolakelasdanuptodatemateritentangperubahankurikulum2013terutamapadadrafkurikulum2013.Kesiapangurudalammemahamidanmelaksanakankegiatanpembelajaranperludisiapkandenganbaik.Gurusebagaiorangyangmengelolaprosespembelajarantentunyaharusmampumeningkatkankemampuandalammembuatperencanaanpembelajaranpelaksanaandanpenilaianhasilbelajarpesertadidikdenganbaikdandisesuaikandengankemampuanpesertadidiksekaligusguruharusmemilikikompetensipedagogiksosialilmupengetahuandanpsikologidalammendidikpesertadidiknya.DemikianharapankurikulumbaruyangsaatinisedangdijalankandiseluruhsatuanpendidikanterutamaSekolahMenengahKejuruan(SMK).12288122881228812288Pemahamangurutentangkurikulum2013SMKdapatdiketahuiberdasarkanpemahamantentangkurikulum2013danperencanaanpelaksanaanpembelajaran(RPP).Implementasikurikulum2013dapatdiketahuimelaluikegiatanyangdilakukanolehguruyaitumerencanakanpembelajaranmelaksanakandanmenilaihasilpembelajaranuntukdilaporkanyangsesuaidenganpedomankurikulum2013.Implementasikurikulum2013dapatdiketahuimelaluipelaksanaanpembelajaransesuaidenganSilabusdanRPPyangdibuatgurumencakuptigakegiatanyaitu(1)kegiatanawal(2)kegiatanintidan(3)kegiatanakhir.12288122881228812288Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanbeberapahaltentangfenomenadankebijakanyangterjadidilapangandiantaranyaadalah(1)Untukmengetahuipemahamangurutentangkurikulum2013SMK(2)Untukmengetahuibagaimanapelaksanaanatauimplementasikurikulum2013diSMKNegeri1Kertosono(3)Untukmengetahuifaktorpendukungdanpenghambatimplementasikurikulum2013SMKdan(4)Untukmengetahuiupayagurudalammengatasifaktorpenghambatimplemenetasikurikulum2013SMK.12288122881228812288Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatifdandirancangdalambentukstudikasuskarenamenggunakanmetodemultiteknikpengumpulandatayaitukuesionerwawancaraobservasidandokumentasi.Datapenelitianberupapaparandeskriptifyangdidukungalatpenelitianberupaaudio-visualdancatatanlapangan.Dalampenelitianiniyangmenjadiinformanpenelitianadalahkepalasekolahwakabidangkurikulumtigaguruprogramkeahlianteknikmesindanpesertadidikyangmelaksanakanpembelajarandenganmenggunakankurikulum2013SMKyaitukelasXdankelasXIprogramkeahlianteknikmesin.12288122881228812288BerdasarkanhasilanalisisdatapenelitianinidiketahuibahwapemahamanguruSMKNegeri1Kertosonokhususnyapadaprogramkeahlianteknikmesinkurangbegitumemahamikurikulum2013secarautuh.Haltersebutdikarenakanbanyakguruyangbelummemperolehpelatihanatauworkshopkurikulum2013baikdariBimtekDirPSMKDinasPendidikanWorkshopdariPTNatauStudiBanding.Untukmendukungkeberhasilankurikulum2013diantaranyaadalahsosialisasi.Sosialisasidalamimplementasikurikulum2013sangatpentingdilakukanagarsemuapihakyangterlibatpahamakanperubahanyangharusdilakukansesuaidengantugaspokokmasing-masing.Dalamhalinipemerintahseyogyanyamengembangkanpetaimplementasikurikulum2013ditiap-tiapsatuanpendidikankejuruandenganjelasterarahdanmenyeluruhagartujuankurikulum2013yangakandilaksanakandapatdipahamidandilaksanakandenganbaikolehgurusecaramenyeluruhsistematisdanutuhdantidakdidefinisikansecaraparsialataupersepsimasing-masingguru.12288122881228812288Implementasikurikulum2013yangdilakukanolehparaguruProgramKeahlianTeknikMesinSMKNegeri1Kertosonodiantaranya(1)Perencanaangurudalammembuatperencanaanpembelajaranberpedomanpadahasildiskusikelompokguruyangdilakukanantartemansejawatgurudaninternet(2)Pelaksanaanpelaksanaanpembelajaranyangdilakukangurumencakuptigakegiatanyaitukegiatanawalintidanpenutup.Dalamhaliniguruseharusnyalebihmemfokuskanpadapemahamankurikulum2013terlebihdahuluyangsesuaidenganpedomanpelaksanaanpembelajarankurikulum2013dan(3)Penilaianpenilaianyangdilakukanguruadalahpenilaianotentikyangmeliputipenilaiansikappengetahuandanketerampilan.Gurumengembangkaninstrumentpenilaiansikapdenganmelihatkarakteristikpesertadidikdanmenyesuaikankondisisekitarsekolah.12288122881228812288Faktorpenghambatpelaksanaankurikulumpadaprogramkeahlianteknikmesindiantaranya(1)Belumterdapatnyabukugurudanbukusiswapadaprogramkeahlianteknikmesin(2)AdanyaPermendikbud-permendikbudyangmengaturtentangperencanaanpelaksanaandanpenilaianpembelajarandan(3)Perangurusebagaifasilitatordiharapkanpesertadidikmampubelajarmandiri.UntukmengatasihaltersebutguruSMKNegeri1Kertosonomencarisumberbelajaratauliteraturmelaluiinternetyangsesuaidengantujuankurikulum2013bukupaketdanbeberapabuku-bukuyangrelevanataumateriajaryangtelahditentukan.Upayalainuntukmengatasifaktorpenghambatimplementasikurikulum2013adalahdenganmenyiapkansegalasesuatuyangberhubungandengankurikulum2013meliputi(1)Kesiapangurudalammengikutiseminarpelatihanatauworkshopdansosialisasikurikulum2013(2)Memenuhisumberbelajaryangrelevandengantujuankurikulum2013dan(3)Memenuhifasilitasyangmendukungkeberhasilankurikulum2013.