Hubungan antara life skills (kecakapan hidup) siswa dengan hasil belajar muatan lokal praktikum pengelasan pada siswa kelas XI tahun 2012/2013 Program Studi Teknik Pemesinan di SMKN 1 Trenggalek / Septi Nur Cahyaningrum

Main Author: Cahyaningrum, Septi Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/42372/
Daftar Isi:
  • KatakuncikecakapanpersonalkecakapansosialkecakapanvokasionalkecakapanakademikhasilbelajarKecakapanhidupadalahsuatukesanggupankemampuankepandaianataukemahiranyangadapadadiriseseoranguntukmenempuhperjalananhidupatauuntukmenjalanikehidupanmulaidarimasakanak-kanaksampaidenganakhirhayatnya.Kecakapanhidupterdiridari(1)kecakapanpersonal(2)kecakapansosial(3)kecakapanakademikdan(4)kecakapanvokasional.Pendidikanyangberorientasipadakecakapanuntukhidupmemberikankesempatankepadasetiapsiswauntukmemperolehbekalketerampilanataukeahlianyangdapatdijadikansebagaisumberpenghidupannya.Siswaakanmengertipentingnyakecakapanhidupkalaudiberikanpengarahanakanpentingnyamemilikikecakapanhidupuntukdapatbersaingdiduniakerja.SMKNegeri1Trenggalekmerupakansekolahyangmemberikanpendidikankecakapanhidupdanrata-ratamemilikinilaihasilbelajaryangdapatdikatakancukuptinggi.Semuaitutidaklepasdariperansertagurudalammemberikanpendidikanyangberorientasipadakecakapanhidup.BerbagaimacampendidikankecakapanhiduptelahdiberikanolehSMKNegeri1Trenggalekuntukmendongkrakhasilbelajarsiswaagarlebihmeningkat.Penelitianinimenggunakanmetodediskriptifkorelasionalyaitupenelitianyangbertujuanuntukmenemukanadatidaknyasuatuhubungantentangvariabel-variabelyangsudahditentukansebelumnyasertamemberikangambaranumumvariabel-variabelpenelitian.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswaprogramkeahlianpemesinandalampraktikumPengelasanSMKNegeri1Trenggaleksebanyak64siswadansampelnyaadalahseluruhseluruhjumlahpopolasiyaitu64siswadenganteknikpengambilansampelyangdigunakanyaknitotalsampling.Analisisuntukmencarihubungansecaraparsialhubungankecakapanhiduppersonal(X1)terhadaphasilbelajarpengelasan(Y)Hubungankecakapanhidupsosial(X2)terhadaphasilbelajarpengelasan(Y)hubungankecakapanhidupakademik(X3)terhadaphasilbelajarpengelasan(Y)hubungankecakapanhidupvokasional(X4)terhadaphasilbelajarpengelasan(Y)danhubungansecarasimultankecakapanhiduppersonal(X1)kecakapanhidupsosial(X2)kecakapanhidupakademik(X3)kecakapanhidupvokasional(X4)terhadaphasilbelajarpengelasan(Y)denganmenggunakanbantuanprogramSPSS17.00ForWindows.Darihasilpenelitianinidiketahui(1)terdapathubunganyangsignifikanantarakecakapanhiduppersonaldenganhasilbelajarpengelasansiswadengannilaisigt(0006)945(005)danthitung2872ttabel2655.(2)terdapathubunganyangsignifikanantarakecakapanhidupsosialdenganhasilbelajarpengelasansiswadengannilaisigt(0000)945(005)danthitung4204ttabelii2655(3)terdapathubunganyangsignifikanantarakecakapanhidupakademikdenganhasilbelajarpengelasansiswadengannilaisigt(0003)945(005)danthitung3153ttabel2655.(4)terdapathubunganyangsignifikanantarakecakapanhidupvokasionaldenganhasilbelajarpengelasansiswadengannilaisigt(0008)945(005)danthitung2.814ttabel2655(5)terdapathubungansencarasimultankecakapanhiduppersonalkecakapanhidupsosialkecakapanhidupakademikkecakapanhidupvokasionalterhadaphasilbelajardengannilaisigt(0000)945(005)danFhitung49955Ftabel3145.KesimpulanyangdapatditarikdariskripsiiniyaitusiswaSMKNegeri1Trenggalekmemilikikecakapanhiduppersonalakademikdanvokasionalyangtinggidankecakapanhidupsosialsangattinggi.SelainituhasilbelajarpraktikumpengelasansiswaSMKNegeri1Trenggalektergolongcukupbaik.Daripenelitianinidapatdisarankan(1)Kepadakepalasekolahagarlebihmensosialisasikankepadagurusupayamengajarkanpendidikanberbasiskecakapanhidupkepadasiswa.(2)Kepadagurusupayameberikanpendidikanberbasiskecakapanhidupdanlebihbanyakmemberikanpengarahanmengenaiduniakerja.(3)Pentingnyainformasikepadasiswamengenaipendidikankecakapanhidupsehinggadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa(4)untukpenelitiselanjutnyasupayamengambilpopulasiyanglebihbesarsehinggahasilpenelitianinidapatbermanfaatuntukbanyakpihak(5)hasilpenelitianiniuntukdijadikanreferensibagipenelitiselanjutnya