Hubungan bakat mekanik dan gaya belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif pada siswa kelas X Program Keahlian Mekanik Industri SMK Dharma Siswa Kraksaan Probolinggo / Mohammad Syahru Romadhani
Main Author: | Romadhani, Mohammad Syahru |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/42303/ |
Daftar Isi:
- Katakuncibakatmekanikgayabelajarprestasi.Prestasibelajarsampaisaatinimenjadiindikatoruntukmenilaitingkatkeberhasilansiswadalamprosesbelajar.Adabanyakfaktoryangmempengaruhiprestasibelajarsiswadiantaranyayaitubakatmekanikdangayabelajar.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)HubunganbakatmekanikdenganprestasibelajarmatapelajaranproduktifpadasiswakelasXprogramkeahlianmekanikindustriSMKDharmaSiswaKraksaanProbolinggo(2)HubungantingkatgayabelajarvisualsiswadenganprestasibelajarmatapelajaranproduktifpadasiswakelasXprogramkeahlianmekanikindustriSMKDharmaSiswaKraksaanProbolinggo(3)HubungantingkatgayabelajarauditorialsiswadenganprestasibelajarmatapelajaranproduktifpadasiswakelasXprogramkeahlianmekanikindustriSMKDharmaSiswaKraksaanProbolinggo(4)HubungantingkatgayabelajarkinestetiksiswadenganprestasibelajarmatapelajaranproduktifpadasiswakelasXprogramkeahlianmekanikindustriSMKDharmaSiswaKraksaanProbolinggodan(5)HubunganbakatmekaniktingkatgayabelajarvisualtingkatgayabelajarauditorialdantingkatgayabelajarkinestetikdenganprestasibelajarmatapelajaranproduktifpadasiswakelasXprogramkeahlianmekanikindustriSMKDharmaSiswaKraksaanProbolinggoPenelitianinidigolongkansebagaipenelitiankorelasional.Datadikumpulkanmenggunakantigainstrumensesuaidenganjumlahvariabeldalampenelitianyaitu(1)bakatmekanikmenggunakantesbakat(2)gayabelajarmenggunakanangketdan(3)prestasibelajarmenggunakandokumentasi.Datadiperolehdari34siswakelasXprogramkeahlianmekanikindustriSMKDharmaSiswaKraksaantahunpelajaran2010/2011.Datadianalisismenggunakanteknikanalisisregresilinierberganda.Darihasilanalisisdatapengujianhipotesisdiperolehbahwabakatmekanikdangayabelajarkinestetiksecaraparsialmemilikihubunganyangsignifikandenganprestasibelajarsedangkangayabelajarvisualdanauditorialsecaraparsialtidakmemilikihubunganyangsignifikanterhadapprestasibelajartetapisecarasimultan(bersama-sama)keempatvariabeltersebutmemilikihubunganyangsignifikanterhadapprestasibelajar.Besarnyakontribusisecaraparsialterhadapprestasibelajarmasing-masingvariabelyaitubakatmekaniksebesar3229%gayabelajarvisualsebesar421%gayabelajarauditorialsebesar313%dangayabelajarkinestetiksebesar2554%.Secarasimultankeempatvariabeldiatasmemilikikontribusisebesar641%.