Hubungan bakat mekanik dan gaya belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif pada siswa kelas X Program Keahlian Mekanik Industri SMK Dharma Siswa Kraksaan Probolinggo / Mohammad Syahru Romadhani

Main Author: Romadhani, Mohammad Syahru
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/42303/
Daftar Isi:
  • Katakuncibakatmekanikgayabelajarprestasi.Prestasibelajarsampaisaatinimenjadiindikatoruntukmenilaitingkatkeberhasilansiswadalamprosesbelajar.Adabanyakfaktoryangmempengaruhiprestasibelajarsiswadiantaranyayaitubakatmekanikdangayabelajar.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)HubunganbakatmekanikdenganprestasibelajarmatapelajaranproduktifpadasiswakelasXprogramkeahlianmekanikindustriSMKDharmaSiswaKraksaanProbolinggo(2)HubungantingkatgayabelajarvisualsiswadenganprestasibelajarmatapelajaranproduktifpadasiswakelasXprogramkeahlianmekanikindustriSMKDharmaSiswaKraksaanProbolinggo(3)HubungantingkatgayabelajarauditorialsiswadenganprestasibelajarmatapelajaranproduktifpadasiswakelasXprogramkeahlianmekanikindustriSMKDharmaSiswaKraksaanProbolinggo(4)HubungantingkatgayabelajarkinestetiksiswadenganprestasibelajarmatapelajaranproduktifpadasiswakelasXprogramkeahlianmekanikindustriSMKDharmaSiswaKraksaanProbolinggodan(5)HubunganbakatmekaniktingkatgayabelajarvisualtingkatgayabelajarauditorialdantingkatgayabelajarkinestetikdenganprestasibelajarmatapelajaranproduktifpadasiswakelasXprogramkeahlianmekanikindustriSMKDharmaSiswaKraksaanProbolinggoPenelitianinidigolongkansebagaipenelitiankorelasional.Datadikumpulkanmenggunakantigainstrumensesuaidenganjumlahvariabeldalampenelitianyaitu(1)bakatmekanikmenggunakantesbakat(2)gayabelajarmenggunakanangketdan(3)prestasibelajarmenggunakandokumentasi.Datadiperolehdari34siswakelasXprogramkeahlianmekanikindustriSMKDharmaSiswaKraksaantahunpelajaran2010/2011.Datadianalisismenggunakanteknikanalisisregresilinierberganda.Darihasilanalisisdatapengujianhipotesisdiperolehbahwabakatmekanikdangayabelajarkinestetiksecaraparsialmemilikihubunganyangsignifikandenganprestasibelajarsedangkangayabelajarvisualdanauditorialsecaraparsialtidakmemilikihubunganyangsignifikanterhadapprestasibelajartetapisecarasimultan(bersama-sama)keempatvariabeltersebutmemilikihubunganyangsignifikanterhadapprestasibelajar.Besarnyakontribusisecaraparsialterhadapprestasibelajarmasing-masingvariabelyaitubakatmekaniksebesar3229%gayabelajarvisualsebesar421%gayabelajarauditorialsebesar313%dangayabelajarkinestetiksebesar2554%.Secarasimultankeempatvariabeldiatasmemilikikontribusisebesar641%.