Hubungan pemanfaatan suber belajar, gaya belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar mata diklat sepeda motor siswa kelas X program keahlian mekanik otomotif SMK Muhammadiyah I Kepanjen / Andika Anggi Saputra
Main Author: | Saputra, Andika Anggi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/42278/ |
Daftar Isi:
- KataKunciSumberBelajarGayaBelajarMinatBelajarPrestasiBelajarPrestasibelajarsampaisaatinimenjadiindikatoruntukmenilaitingkatkeberhasilansiswadalamprosesbelajar.Pemanfaatansumberbelajaryangoptimalmempengaruhiprestasibelajar.Prestasibelajaryangbaikdapatmencerminkangayabelajaryangbaikkarenadenganmengetahuidanmemahamigayabelajaryangterbaikbagidirinyaakanmembantusiswadalambelajarsehinggaprestasiyangdihasilkanakanmaksimal.Disampinggayabelajardanpemanfaatansumberbelajarminatbelajarjugamempunyaiperananpentingterhadapprestasibelajarsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuihubunganpemanfaatansumberbelajargayabelajardanminatbelajardenganprestasibelajarmatadiklatsepedamotorsiswakelasXprogramkeahlianmekanikotomotifSMKMuhammadiyahIKepanjenbaiksecaraparsialmaupunsecarasimultan.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkorelasional.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXSMKMuhammadiyahIKepanjendenganjumlahtotal240siswasedangkansampelyangdigunakansebanyak48siswa.Datadiperolehdenganmenyebarkanangketdandokumentasiberupanilairaportresponden.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa1)PemanfaatansumberbelajarmatadiklatsepedamotorsiswakelasXprogramkeahlianmekanikotomotifSMKMuhammadiyahIKepanjentinggi.2)GayabelajarmatadiklatsepedamotorsiswakelasXprogramkeahlianmekanikotomotifSMKMuhammadiyahIKepanjensedang.3)MinatbelajarmatadiklatsepedamotorsiswakelasXprogramkeahlianmekanikotomotifSMKMuhammadiyahIKepanjensangattinggi.4)PrestasibelajarmatadiklatsepedamotorsiswakelasXprogramkeahlianmekanikotomotifSMKMuhammadiyahIKepanjentinggi.5)AdahubunganyangsignifikanantarapemanfaatansumberbelajardenganprestasibelajarsiswadiSMKMuhammadiyahIKepanjenkarenanilaisignifikan05986)adahubunganyangsignifikanantaragayabelajardenganprestasibelajarsiswadiSMKMuhammadiyahIKepanjenkarenanilaisignifikan0644.7)AdahubunganyangsignifikanminatbelajardenganprestasibelajarsiswadiSMKMuhammadiyahIKepanjenkarenanilaisignifikan0641.Dan8)AdahubunganyangsignifikanantarapemanfaatansumberbelajargayabelajardanminatbelajardenganprestasibelajarmatadiklatsepedamotorsiswakelasxprogramkeahlianmekanikotomotifSMKMuhammadiyah1Kepanjen.