Hubungan bakat mekanik dan emotional quotient (EQ) dengan prestasi belajar pada mata diklat produktif program teknik mesin siswa X SMK Negeri I Singosari / Batrotul Layli

Main Author: Layli, Batrotul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/42275/
Daftar Isi:
  • KatakunciBakatMekanikEmotionalQuotientPrestasiBelajarMatadiklatProduktifProsesbelajarakanmenghasilkanperubahan-perubahandalamdiriseseorang.Untukmengetahuiseberapajauhperubahanyangterjadiperluadanyapenilaiandarihasilbelajarnya.Penilaianterhadaphasilbelajarseorangsiswadifungsikanuntukmengetahuisejauhmanapencapaiansasaranbelajarsiswahalinilahyangdisebutsebagaiprestasibelajar.Terdapatbeberapafaktoryangikutmenyumbangdalampencapaianprestasibelajar.BakatdanEQmerupakansalahsatucontohfaktorinternalyangmempunyaipengaruhterhadaphasilbelajarsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuihubunganBakatMekanikdanEQdenganprestasibelajarpadamatadiklatproduktifbaiksecaraparsialmaupunsecarasimultan.BakatMekanikdiukurdenganhasiltesyangdiadakanpihaksekolahsaatpenerimaansiswabarusedangkanEQdiukurdenganpenyebaranangket.Untukhasilprestasibelajarpadamatadiklatproduktifdidapatdarinilairaportsiswapadasemestergasal.PopulasipadapenelitianiniadalahsemuasiswakelasXProgramkeahlianteknikmesinsemestergasal2009/2010SMKNegeri1Singosari.Daripopulasitersebutkemudiandigunakanmetodeproportionalrandomsamplinguntukmenentukanjumlahsampelyangakandiambil.Dalampenelitianiniada31siswayangdijadikansampelpenelitian.BerdasarkanhasilpenelitiansiswakelasXSMKNegeriISingosaritahunajaran2009/2010diketahuibahwatidakada(0%)siswayangmempunyainilaibakatmekanikyangrendah1siswa(323%)mempunyainilaibakatmekaniksedangdan30siswa(9677%)mempunyainilaibakatmekaniktinggi.BerdasarkanhasilpenelitianEQdiketahuisebanyak10siswa(3226%)memilikiEQtinggi20siswa(6451%)memilikiEQsedangdan1siswa(323%)memilikiEQrendah.Rancanganpenelitianiniadalahdeskriptifkorelasional.Penelitianinimenggunakanpengujianhipotesisyangdiujidengananalisisregresiberganda.PengujianhipotesishubunganBakatMekanikdenganPrestasiBelajarpadamatadiklatproduktifmenunjukkanbahwanilaisignifikansiadalah(0005)005danthitung(3021)ttabel(2024).HubunganEQdenganPrestasiBelajarpadamatadiklatproduktifmenghasilkannilaiSignifikansi(0000)005.danthitung(12491)ttabel(2024)SehinggaH0ditolakdanmenerimahipotesisyangdiajukan.Sedangkanpengujianhipotesishubungansecarasimultanmenunjukkanbahwatingkatsignifikansinya(0000)005.danFhitung(238296)Ftabel(3340)sehinggaH0ditolakdanmenerimahipotesisyangdiajukan.