Perbedaan prestasi belajar anatara mahasiswa yang diterima melalui jalur PMDK, SNMPTN, Mandiri I, Mandiri II angkatan 2008 di jurusan teknik mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Akhmad Afandi

Main Author: Afandi, Akhmad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/42256/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAkhmadAfandi.2010.PerbedaanPrestasiBelajarAntaraMahasiswaYangDiterimaMelaluiJalurPMDKSNMPTNMANDIRIIDanMANDIRIIIAngkatan2008DiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.PembimbingI).Drs.H.SunomoM.Pd.2).Drs.H.SuwarnoM.PdKataKunciSeleksiMahasiswaSeleksimerupakansuatualatuntukmenjaringcalonsiswamanayangpalingcocokuntukjenispendidikantertentu.Daritahunketahunpeminatuntukmasukperguruantinggiterutamayangberbasisnegerisemakinmeningkatdengandayatampungpendidikanyangterbatasmakaperludiadakanseleksicalonmahasiswabaruyangbaikdanbenar-benarmampumemisahkanantaracalonmahasiswayangberpotensidankurangberpotensi.Alatseleksitersebutharuslahalatseleksiyangmempunyaidayaprediksiyangbaikdalammemprediksikeberhasilanstudymahasiswadiperguruantinggi.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui1).PrestasibelajarmahasiswajalurPMDK2).PrestasibelajarmahasiswajalurSNMPTN3).PrestasibelajarmahasiswajalurMandiriI4).PrestasibelajarmahasiswajalurMandiriII5).PerbedaanprestasibelajarmahasiswayangmasukmelaluijalurPMDKSNMPTNMandiriIdanMandiriII.AnalisisANOVAdigunakanuntukmengetahuiapakahadaperbedaanprestasibelajarantaramahasiswayangmasukmelaluijalurPMDKSNMPTNMandiriIdanMandiriIII.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhmahasiswafakultasteknikjurusanteknikmesinprogramstudypendididikanteknikmesinangkatan2008semesterIdansemesterIIsebanyak146mahasiswa.Sampeluntukpenelitianiniadalahseluruhpopulasiyangada.Pengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanteknikdokumentasi.Berdasarkananalisisdatayangtelahdilaksanakandiperolehkesimpulan1).Pertasibelajarmahasiswafakultasteknikjurusanteknikmesinprogramstudypendidikanteknikmesinangkatan2008yangmasukmelaluijalurPMDKmemilikirata-rataprestasiyanglebihtinggijikadibandingdenganSNMPTNMandiriIdanMandiriIIdenganklasifikasitarafpenguasaan/kemampuan7783apabiladalamhurufmendapatnilaiB.2).MahasiswayangmasukmelaluijalurSNMPTNdengantarafpenguasaan/kemampuan71-76jikadiklasifikasikandalamnilaihurufB3).MahasiswamasukmelaluijalurMandiriIdengantarafpenguasaan/kemampuan71-76diklasifikasikandalamnilaihurufB4).MahasiswayangmasukmelaluijalurMandiriIIpadatarafpenguasaan/kemampuan6670apabiladiklasifikasikandalamhurufB-5).AdaPerbedaanprestasibelajarmahasiswayangditerimamelaluijalurPMDKSNMPTNMandiriIdanMandiriII.Darihasilpenelitianinipenulisadapatmemberikansaran1).UniversitasNegeriMalanghendaknyamemperbesaruntukseleksimasukmelaluijalurPMDKdanmemperkecilseleksimasukMandiriIterutamaMandiriII2).Perludiadakanpenelitiansejenisdenagnmenggunakansampeldansemesteryanglebihbanyaksehinggadapatmenghasilkandatayanglebihvaliddanrepresentatif.