Studi tentang kualitas guru bersertifikat pendidik dengan guru belum bersertifikat pendidik pada sekolah menengah kejuruan negeri se Kota Malang / Mokhammad Nurhadi
Main Author: | Nurhadi, Mokhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/42255/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNurhadiMokhammad(2010)StudiTentangKualitasGuruBersertifikatPendidikDenganGuruBelumBersertifikatPendidikPadaSekolahMenengahKejuruanNegeriseKotaMalang.SkripsiJurusanPendidikanTeknikMesinFTUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SumarliM.PdM.T(II)SukarniS.T.M.T.KatakunciSertifikasiKualitasGuru.Sertifikasiguruadalahprosespemberiansertifikatpendidikkepadaguruyangbertujuanuntukmenentukankelayakangurudalammelaksanakantugassebagaiagenpembelajarandanmewujudkantujuanpendidikannasionalsertameningkatkanprosesdanmutuhasilpendidikan.Olehkarenaituperludiketahuikinerjaguruyangsudahbersertifikasidankinerjaguruyangbelumbersertifikasisertaadakahperbedaankualitasantaraguruyangsudahbersertifikasidenganyangbelumbersertifikasi.PopulasidalampenelitianiniadalahKepalaSekolahGurudanSiswaSMKNegeriseKotaMalanguntukGurudiambil2gurupadamasing-masingsekolahuntukdijadikansampeldiperoleh12guruyangtelahbersertifikasidan12guruyangbelumbersertifikasi.Sedanguntuksiswadiambil1siswasecararandompadamasing-masingsekolah.Pengumpulandatadilakukandengancaramenggunakanangket.Untukmembedakankinerjaguruyangsudahbersertifikasidenganyangbelumbersertifikasimakamenggunakananalisist-test.Hasilpenelitianmenunjukkanbahawa(1)KualitasgurubersertifikatpendidikpadaSekolahMenengahKejuruanNegeriseKotaMalangadalahbaik(2)KualitasgurubelumbersertifikatpendidikpadaSekolahMenengahKejuruanNegeriseKotaMalangadalahbaikdan(3)TidakadaperbedaankualitasgurubersertifikatpendidikdengangurubelumbersertifikatpendidikpadaSekolahMenengahKejuruanNegeriseKotaMalangdenganSignifikansisebesar473%.Darihasilpenelitianinidisarankankepadapihaksekolahterutamakepalasekolahagarlebihmemperhatikankinerjaguruyangtelahbersertifikasisehinggadapatmenunjangpertumbuhandanperkembanganparapesertadidiknyasertamembawadampakyangbaikpulapadasekolah.