Pengaruh sudut pengapian dan putaran mesin terhadap konsumsi bahan bakar pada toyota kijang 4k / Mohammad Ikhsan

Main Author: Ikhsan, Mohammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/42251/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIkhsanMohammad.2009.PengaruhKonsumsiSudutPengapiandanPutaranMesinterhadapKonsumsiBahanBakarpadaToyotaKijang4K.SkripsiJurusanTeknikMesinProgramStudiPendidikanTeknikMesinFTUM.Pembimbing(I)Drs.ImamMudaNauriS.T.M.T.(II)Drs.ImamSudjono.KataKunciSudutPengapianPutaranMesinBahanBakar.DPRakhirnyamenyetujuirencanapemerintahuntukmenaikkanhargabahanbakarminyakpadahariSelasa27September2005sebesarminimal50%.KebijakankenaikanhargaBBMdenganangkayangmenakjubkaninitentusajamenimbulkandampakyangsignifikanterhadapperekonomiansehinggakebijakaninimenimbulkanbanyakprotesdariberbagaikalangan.Keputusanpemerintahmenaikkanhargabensinsolardanminyaktanahsejak1Oktober2005akibatkenaikanhargaminyakmentahduniahinggalebihdari60DolarASperbareldanterbatasnyakeuanganpemerintahinidiresponolehpasardengannaiknyahargabarangkebutuhanmasyarakatyanglain.Biayaproduksimenjaditinggihargabarangkebutuhanmasyarakatsemakinmahalsehinggadayabelimasyarakatsemakinmenurun.(Metrotvnews.com28September2005).Sudutpengapiandanputaranmesinmerupakanfactoryangberpengaruhterhadapkonsumsibahanbakar.Untukmengetahuipengaruhsudutpengapiandanputaranmesinterhadapkonsumsibahanbakardilakukandenganjalanmenghitungkonsumsibahanbakarpadamesin.Penelitianinibertujuanmengetahuipengaruhsudutpengapiandanputaranmesinterhadapkonsumsibahanbakardandiharapkandapatdigunakandalampembelajaranteknikmesin.MesinyangdigunakandalampenelitianiniadalahToyotaKijang4KyangadadiLab.OtomotifUniversitasNegeriMalang.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhyangsignifikansudutpengapiantehadapkonsumsibahanbakarsertapengaruhyangsignifikanputaranmesinterhadapkonsumsibahanbakardanintreraksiantarasudutpengapianputarandankonsumsibahanbakar.Penelitianinitergolongjeniseksperimentaldenganmenggunakanbentukrancanganpenelitianfactorial4x10obyekpenelitianmenggunakanmotorbensinToyota4Kdengansistempenyaluranbahanbakarmenggunakankarburatordansistempengapiankonvensional.AnalisisdatamenggunakanteknikAnovaduajalandengantarafsignifikansi005menggunakanfasilitassoftwareSPSS12forWindows.Hasilpenelitianinimenemukan(1)AdapengaruhyangsignifikansudutpengapianterhadapkonsumsibahanbakaryangdihasilkanmotorbensinToyota4K.Konsumsibahanbakerterbesar281%(meantertinggi1693Kg/jam)dihasilkanpadasudutpengapian00sebelumTMAdankonsumsibahanbakerterendah216%(meanterendah1299Kg/jam)Diperolehpadasudutpengapian100sebelumTMA.(2)Adapengaruhyangsignifikankonsumsibahanbakaryangdihasilkanmotorbensintoyota4Kpadabeberapavariasiputaran.Konsumsibahanbakerterendah46%(meanterendah0687Kg/jam)dihasilkanpadaputaranterendahyaitu750rpmdankonjsumsibahanbakertertinggi159%(meantertinggi2394kg/jam)dihasilkanpadaputarantertinggiyaitu3000rpm.(3)Adainteraksiyangsignifikanantarasudutpengapiandanputaranmesinterhadapkonsumsibahanbakarmotorbensintoyota4K.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanagardilakukanpenelitianlebihlanjutmisalnyapengaruhsudutpengapiandenganrangesudutyanglebihkecildisekitarsaatpengapianyangtelahditetapkanolehpabrikanmesintersebut.Sedangkanuntukputarantidakperludilakukanpenelitiankarenahasilnyaakansamaataudapatditebak.