Ijdentifikasi kesulitan yang dihadapu oleh guru mata diklat kemampuan produktif smk negeri kelompok industri se-kota malang dalam mengimplementasikan kurikurum tingkat satuan pendidikan (KTSP) / Ivan Ardi

Main Author: Ardi, Ivan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/42250/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKArdiIvan.2010.IdentifikasiKesulitanyangDihadapiolehGuruMataDiklatKemampuanProduktifSMKNegeriKelompokIndustriSe-KotaMalangdalamMengimplementasikanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).SkripsijurusanTeknikMesinProgramStudiPendidikanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MardjiM.Kes.(II)Drs.H.YotoS.TM.PdM.M.Katakuncikesulitanimplementasigurumatadiklatkemampuanproduktifkurikulumtingkatsatuanpendidikan.BeberapakasusdiketahuibahwaimplementasiKTSPdiwarnaidenganminimnyasosialisasidanpersiapanguru.Pemahamanyangberbeda-bedatentangKTSPmemungkinkanparagurumengalamikesulitandalammengimplementasikanKTSPyangmencakupperencanaanpelaksanaandanevaluasinya.KelemahandalampenerapanKTSPdiantaranyaadalahgurubelumdisiapkansecaramemadaisaranadanprasaranayangdibutuhkanuntukKTSPbelumtersediasertasosialisasiyangtidaklancartidakmeratadantidakmendalam.DalamimplementasiKTSPguruberperansebagaifasilitatormakauntukdapatmengoptimalkanperannyasebagaifasilitatorguruperlumemahamihal-halyangberhubungandenganpemanfaatanberbagaimediadansumberbelajar.SubyekpenelitianiniadalahgurumatadiklatkemampuanproduktifSMKNegerikelompokindustrise-kotaMalang.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkuantitatifdimaksudkanmendeskripsikansejumlahvariabelyangberkenaandenganmasalahdanunityangtelahditelitiyangmencakuppernecanaanpelaksanaandanevaluasipembelajaran.Angketyangdigunakandalampenelitianinitelahdiujicobakanterlebihdahulukepada10orangdisekolahyangdilakukanpenelitian.Teknikanalisisyangdigunakanadalahmendeskripsikantiapdeskriptorindikatordansubvariabeldalaminstrumenpenelitianyangdibandingkandenganskorrata-rataharapan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwagurumatadiklatkemampuanproduktifkelompokindustriSMKNegerise-KotaMalangmengalamikesulitansedang(576%)padaperencanaanpembelajaranpelaksanaanpembelajaranmengalamikesulitansedang(6848%)danevaluasipembelajaranmengalamikesulitanrendah(5567%).KurangnyawaktusaranaprasaranadansumberinformasimengakibatkanparagurumengalamikesulitandalammengimplementasikanKTSP.ParagurumengalamikesulitandalammemperolehsumberinformasidalampembuatanperangkatpembelajaranyangsesuaidenganKTSPsehinggamerekamengalamikesulitanpadaiiperencanaandanpelaksanaanpembelajaran.KurangnyasumberinformasidalammengatasikesulitanmembuatparagurukesulitandalammelakukanpenyusunanperangkatpembelajaransesuaidenganKTSP.Kurangnyasaranadanprasaranadalamkegiatanpembelajaranmengakibatkangurukesulitandalammelakukanpendekatandanmetodepembelajaranyangakandigunakan.Kurangnyawaktuyangtersediaberpengaruhpadaevaluasipembelajaranyangdilakukan