Model pembelajaran kooperatif tipe team games tournamen (TGT) sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matediklat pengetahuan dasar teknik mesin (PDTM) pokok bahasan pengecoran pada siswa kelas 1 mesin produksi (MP) 1 SMK Negeri 6 Malang / A.N Tau

Main Author: Ihsaan, A.N Taufiq
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/42191/
Daftar Isi:
  • MetodepembelajarankooperatifdapatmenjadijalankeluardalammengatasipembelajarandiSMK.Konsepinimenempatkangurudanmuridsebagaisubyekdalamsebuahprosespendidikankarenapembelajarankooperatifmampumenyediakankondisiyangmenyebabkansiswasatudenganyanglainyasalingaktifberinteraksidanberlombauntukmeningkatkanhasilbelajar.Metodeinimengedepankankerja-kerjadalamkelompoksehinggasiswamampuberso-sialisasidanberdiskusidenganbaik.ModelpembelajarankooperatiftipeTeamGameTournament(TGT)merupakansalahsatutipedaripembelajarankooperatifyangdirancangdenganpermainan-permainantertentusehinggasiswadapatbelajarlebihrileksdisampingmenumbuhkantanggungjawabkerjasamapersaingansehatdanketerlibatanbelajar.ModelpembelajarankooperatiftipeTGTmemilikilimalangkahyaitu(1)penyajiankelas(2)belajarkelompok(3)permainan(game)(4)pertandingan(tournament)dan(5)penghargaankelompok.Siswakelas1MP1SMKNegeri6Malangmemilikimotivasidanprestasiyangrendah.Gejalayangmenunjukkanrendahnyamotivasibelajarpadamata-diklatPDTMyaitu(1)tidaksemuasiswaantusiasdalammengikutikegiatanpembelajaran(2)tidaksemuasiswamemperhatikanketikagurusedangmenyam-paikanmateripelajaranbahkansiswacenderungapatissehinggaketertibankelasmenjaditerganggu(3)jikatidakdiberikansangsitertentuataudiberipenguatandalambentukmenakut-nakutisiswaakanmelakukankegiatanlaindidalamkelassepertimengerjakanPRmatadiklatlaintidurataupunberbicarasendiri.Halinidikarenakankurangnyaketerlibatanaktivitassiswadalamprosespembelajaransehinggakebanyakansiswacenderungpasifdanhanyasiswa-siswatertentusaja-deretankursiterdepan-yangmaudanmampumenjawabpertanyaan.Rendahnyamotivasibelajardanaktivitassiswatersebutberdampakterhadaphasilbelajaryangdiperolehsiswakurangmemuaskan.Masalahyangingindipecahkandalampenelitianiniadalah(1)apakahmodelpembelajarankooperatiftipeTGTdapatmeningkatkanmotivasibelajar(2)apakahmodelpembelajarankooperatiftipeTGTdapatmeningkatkanprestasibelajar(3)bagaimanaresponsiswakelas1MesinProduksi(MP)1terhadapmo-delpembelajarankooperatiftipeTGT.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch)denganduasiklusmasing-masingsiklusterdiridariempattahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasi/pengamatandan(4)refleksi.Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas1MesinProduksi(MP)1SMKNegeri6Malang.Datamotivasibelajarsiswadiperolehdaripengamatanolehduaorangpengamatberupalembarpenilaianmotivasibelajarpadasiklus1dan2yangmemuatempataspekyaituminatperhatiankonsentrasidankete-kunan.Kemudiandianalisisuntukmengetahuipersentasepeningkatanmotivasibelajarsertadiperkuatolehdatapendukungberupacatatanlapangan.Dataprestasibelajarmeliputi3aspekyaitukognitifafektifdanpsiokomotorik.Dataaspekkognitifdiperolehdaritesakhirsiklus1dan2.Sedangkandataaspekafektifdanpsikomotorikdiambildarilembarpenilaianafektifdanpsikomotoriksiklus1dan2.Skorprestasidibandingkanantarasiklus1dan2untukmengetahuipeningkatanskorrata-rataprestasibelajardanketuntasanbelajarsecaraklasikal.DataresponsiswaterhadappembelajarankooperatifTGTdiperolehdaricatatanlapanganwa-wancaradanangketyangdibagikandiakhirkegiatanpembelajaran.Teknikana-lisisdatadilakukandalamtigatahapyaitu(1)reduksidata(2)penyajiandatadan(3)penarikankesimpulan.Hasilpenelitiandiperoleh(1)pembelajarankooperatifmodelTeamGameTournament(TGT)padamatadiklatPDTMpokokbahasanpengecorandapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswayaitupadasiklus1memilikipersentasese-besar6012%yangberartibaikdanpadasiklus2memilikipersentasesebesar6915%yangberartibaik.Peningkatanpersentasesebesar903%.(2)pembelajarankooperatifmodelTeamGameTournament(TGT)dapatmening-katkanprestasibelajaryaitusebelumtindakanskorrata-ratakelassebesar4650denganpersentaseketuntasansebesar0%padasiklus1persentaseketuntasanbelajarsiswadilihatdariaspekkognitifadalah1250%aspekafektif2188%danaspekpsikomotorik7187%.Padasiklus2persentaseketuntasanbelajarsiswadilihatdariaspekkognitifsebesar6550%aspeksfektif5625%danaspekpsikomotorik9687%.Sedangkannilairata-ratasiklus1dilihatdariaspekkognitifsebesar5150aspekefektif6275danaspekpsikomotorik730.Padasiklus2nilairata-ratadilihatdariaspekkognitifsebesar7500aspekafektif7225danaspekpsikomotorik870.Besarpersentasekanaikanketuntasanbelajarsiswaaspekkognitifadalah530%aspekafektif3437%danaspekpsikomotorik250%.Sedangkankenaikanrata-ratakelaspadaaspekkognitifadalah2350aspekafektif950danaspekpsikomotorik140.(3)PembelajarankooperatifTGTdapatmemberikanresponyangpositifterhadapdirisiswahalinidapatdilihatdariangketyangdisebarkandanhasildarisemuapernyataanmenyatakanpositif.Saranyangdiajukanyaitu(1)disarankankepadaBapak/IbuguruuntukmenggunakanpembelajarankooperatifdengantipeTeamsGamesTournament(TGT)yangtelahterbuktidapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswa(2)kepadaSMKNegeri6MalangatausekolahlaindisarankanagarmenerapkanmeodepembelajarankooperatiftipeTGTdisekolahnya(3)kepadaPemerin-tah/DinasPendidikandisarankanuntukmemfasilitasipenelitian-penelitianpendi-dikankhususnyadibidangmodelpembelajaran(4)kepadaUniversitasNegeriMa-lang/kampusyangberlatarbelakangpendidikandisarankanmembekalimaha-siwanyadenganmetodepembelajarankooperatifbaikTGTataumodelyanglainsebelummenempuhmatakuliahPPL(5)bagipenelitiberikutnyadisarankanuntukmelakukanpenelitiantentangmodelpembelajarankooperatifdengantipeTeamsGamesTournament(TGT)padamatadiklatyangsamaataumatadiklatlainnyaditempatyangberbeda.