Pengaruh penambahan octane booster pada premium dan putaran mesin terhadap emisi gas buang pada mobil Suzuki / Robby Kurniawan
Main Author: | Robby Kurniawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/42147/ |
Daftar Isi:
- Kenaikanhargapertamaxmenyebabkanparakonsumenpertamaxmenggantibahanbakarkendaraannyamenjadibensin.Perubahaninidapatmenyebabkantimbulnyagejaladetonasipadakendaraan.Halinidisebabkanperbedaannilaioktanantarakeduajenisbahanbakartersebut.Untukmeningkatkannilaioktanpremiumdapatmenambahkanoctanebooster.Denganmeningkatnyanilaioktancampuranpremium-octaneboosterpembakaranlebihsempurnasehinggaemisigasyangdihasilkanberkurang.PenelitianinibertujuanmengetahuipengaruhpenambahanoctaneboosterpadapremiumdanputaranmesinterhadapemisigasbuangyangberupagasHCdanCO.OctaneboosteryangdigunakanadalahmerkSTP.Halinididasarkanpadapenelitiansebelumnyayangmembahaspengaruhoctaneboosterterhadapefisiensitermis.PenambahanOctaneboosterakanmempengaruhikonsentrasibahanbakardalamruangbakar.Perubahaniniakanmempengaruhiemisigasbuang.UnsuroksigenyangterdapatdalamOctaneboosterakanmengikatatomHmenjadiH2OdansenyawaCOmenjadiCO2.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahdesainfaktorialdimanaterdapatduavariabelbebas(campuranpremium-octaneboosterdanputaranmesin).Variasicampuranpremium-octaneboosteryaitu10%103%106%109%.Sedangkanvariasiputaranmesinyaitu1000rpm2000rpmdan3000rpm.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenambahanoctaneboostersecarasignifikanberpengaruhpadaemisigasCOtetapitidakberpengaruhpadaemisigasHC.EmisigasCOterendahdicapaipadasaatmesinmenggunakancampuranpremium-octaneboosterdenganperbandingan106%.SedangkanvariasiputaranmesinberpengaruhterhadapemisigasbuangyangdihasilkanbaikemisigasCOmaupunHC.PutaranyangmampumenghasilkanemisipalingrendahbaikHCmaupunCOadalahpadaputaran3000rpm.