Pengaruh penambahan octane booster pada premium dan putaran mesin terhadap emisi gas buang pada mobil Suzuki / Robby Kurniawan

Main Author: Robby Kurniawan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/42147/
Daftar Isi:
  • Kenaikanhargapertamaxmenyebabkanparakonsumenpertamaxmenggantibahanbakarkendaraannyamenjadibensin.Perubahaninidapatmenyebabkantimbulnyagejaladetonasipadakendaraan.Halinidisebabkanperbedaannilaioktanantarakeduajenisbahanbakartersebut.Untukmeningkatkannilaioktanpremiumdapatmenambahkanoctanebooster.Denganmeningkatnyanilaioktancampuranpremium-octaneboosterpembakaranlebihsempurnasehinggaemisigasyangdihasilkanberkurang.PenelitianinibertujuanmengetahuipengaruhpenambahanoctaneboosterpadapremiumdanputaranmesinterhadapemisigasbuangyangberupagasHCdanCO.OctaneboosteryangdigunakanadalahmerkSTP.Halinididasarkanpadapenelitiansebelumnyayangmembahaspengaruhoctaneboosterterhadapefisiensitermis.PenambahanOctaneboosterakanmempengaruhikonsentrasibahanbakardalamruangbakar.Perubahaniniakanmempengaruhiemisigasbuang.UnsuroksigenyangterdapatdalamOctaneboosterakanmengikatatomHmenjadiH2OdansenyawaCOmenjadiCO2.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahdesainfaktorialdimanaterdapatduavariabelbebas(campuranpremium-octaneboosterdanputaranmesin).Variasicampuranpremium-octaneboosteryaitu10%103%106%109%.Sedangkanvariasiputaranmesinyaitu1000rpm2000rpmdan3000rpm.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenambahanoctaneboostersecarasignifikanberpengaruhpadaemisigasCOtetapitidakberpengaruhpadaemisigasHC.EmisigasCOterendahdicapaipadasaatmesinmenggunakancampuranpremium-octaneboosterdenganperbandingan106%.SedangkanvariasiputaranmesinberpengaruhterhadapemisigasbuangyangdihasilkanbaikemisigasCOmaupunHC.PutaranyangmampumenghasilkanemisipalingrendahbaikHCmaupunCOadalahpadaputaran3000rpm.