Pengaruh saat pengapian terhadap produksi emisi gas buang pada Toyota type 5K <BR>oleh Mohammad Toufur

Main Author: Toufur, Mohammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2000
Online Access: http://repository.um.ac.id/42119/
Daftar Isi:
  • PemilihanpengaruhsaatpengapianterhadapproduksiemisigasbuangdilatarbelakangoilehSemakinmeningkatnyaproduksikendaraanbermotoryangberartiakansemakinmenambahpencemaraundarayangdisebabkaonlehemisigasbuang(asapk)endaraabnermotorE.ksesyangditimbulkanolehemisigasbuangamatberbahayadiantaranyagaskarbonmonoksida(CO)dapatmengurangotksigendalamdarahdisampingdalamjumlahkecildapatmenyerangangguanfikiranpenurunanreflekdangangguanjantungbahkandalamjumlahbesarsampamienimbulkankematianD.emikianjugadengangashidrokarbon(HC)atauuapbensindapatmenyebabkairnitasimatabatukrasangantukbercakkulitdanperubahanbentukkodegenetik.Penelitianeksperimentasiniibertujuanuntukmengujiperbedaapnroduksiemisigasbuang(COdanHC)antarasaatpengapian3u8udanl3usebelumTMApadaToyotatype5K4tak4silinderdengansistempengapiankonvensionadlanelektronikD.isampingjugabertujuanuntukmengujiperbedaapnroduksiemisigasbuang(COdanHC)antarasistempengapiankonvensionadlanelektronikpadaToyotatype5K4tak4silinderdengansaatpengapian3080dan130sebelumTMA.UjipengaruyhangdihasilkandianalisisecarastalistikdengananalisisvariansatulalurdanujiTpadatarafkepercayaa0n01.Hasilanalisisvariansatujalurpadatarafkepercayaa0n01diperlakukanpadapeng-u.liapnerbedaapnroduksiemisigasbuang(COdanHC)antarasaatpengapianJ8udanI3usebelumTMApadaToyotatype5K4tak4silinderdengansistempengapiaknonvensionadlanelektronikyangsecarakeseluruhadniperolehhargauntukemisigasCOpadasistempengapiaknonvensionaFlu-143164F.u(sig.)0000lebihbesardariFo61529sehinggaHoditolakyangberartiadaperbedaanyangsignifikanproduksiemisigasCOantarasaatpengapian3080dan130sebelumTMApadaToyotatype5K4tak4silinderdengansistempengapiankonvensional.UntukemisigasCOpadasistempngapianelektronikFno2096739Foo6(sig.)0000lebihbesardariF61529sehinggaHoditolakyangberartiadaperbedaanyangsignifikanproduksiemisigasCOantarasaatpengapian3080dan130sebelumTMApadaToyotatype5K4tak4silinderdengansistempengapianelektronik.UntukemisigasHCpadasistempengapiaknonvensionaFlu1o9760Foo(us.ig.)0001lebihbesardaFribbr529sehinggaHoditolakyangberaadratiperbedaanyangsignifikanproduksiemisigasHCantarasaatpengapian3u80danl30sebelumTMApadaToyotatype5K4tak4silinderdengansistempengapiankonvensiorial.SedangkauntukemisigasHCpadasistempengapianeleklronikF1o12673734Fo1(si.s.)0000lebihbesardariF66.1529sehinggaHoditolakyrngberartiadapbrbedaaynangsignifikanproduksiemisigasHCantarasaatpengapian3080danl3sebelumTMApadaToyotatype5K4tak4silinderdengansistempengapianelektronik.HasilanalisisujiTdengantarafkepercayaa0n01diperlakukanpadapengujiapnerbedaapnroduksiemisigasbuang(COdanHC)antarasistempengapiankonvensiondaalnsistempengapiaenlektronikpadaToyotatype5K4tak4silinderdengasnaatpengapian3080dan13osebelumTMA.UntukemisigasCOpadasaatpengapia3nsebelumTMAtnitg36772denganP(2-tailsig.)0000lebihbesardarit66s2878sehinggaHoditolakyangberartiadaperbedaaynangsignifikanprodukseimisigasbuangCOantarasistempengapiankonvensionadlansistempengapiaenlektronikpadaToyotafype5K4tak4silinderdengansaatpengapian30sebelumTMA.UntukemisigasCOpadasaatpengapian8sebelumTMAt6161231d7enganP(2-tailsig.)0000lebihbesardarit661--2878sehinggHaoditolakyangberartiadaperbedaaynangsignifikanproduksiemisigasbuangCOantarasistempengapiankonvensionadlansistempengapianelektronikpadaToyotatype5K4tak4silinderdengansaatpengapian80sebelumTMA.UntukemisigasCOpadasaatpengapialn3.sebelumTMAt6t-g13135denganP(2ailsig.)0000lebihbesardaritub12878sehinggafloditolakyangberartiadaperbedaanlangsigaifikanproduksiemisigasbuangCOantarasistempengapiankonvensionaldansistempengapianelektronikpadaToyotatype5K4tak4silinderdengansaatpengapialn3sebelumIMA.SedangkaenmisigasHCpadasaatpengapian3usebelumTMAthtrg0316denganP(2-tailsig.)0756lebihkecildarito612878sehinggaHogagalditolakyangberartitidakadaperbedaaynangsignifikanprodukseimisigasbuangHCantarasistempengapiankonvensionadlansistempengapiaenlektronikpadaToyotatype5K4tak4silinderdengansaatpengapia3nsebclumlMAU.ntukernisigasHCpadasaatpengapia8nusebelumTMAt61.u21772denganP(2ailsig.)0000lebihbesardarit66.12878sehinggHaoditolakyangberartiadaperbedaaynangsignifikanproduksiemisigasbuangHCantarasistempengapiankonvensionadlansistempengapianelektronikpadaToyotatype5K4tak4silinderdengansaatpengapian80sebelumTMA.UntukemisigasHCpadasaatpengapianl3usebelumTMAtrin-gI1798denganP(2-tailsig.)0089lebihbesardaritarafsignifikansyiakni001sehinggaHogagalditolakyangberartitidakadaperbedaaynangsignifikanproduksiemisigasbuangHCantarasistempengapiaknonvensionadlansistempengapianelektronikpadaToyotatype5K4tak4silindedrengansaatpengapia1n3sebelumTMA.Kesimpulanproduksiemisigasbuang(COdanHC)padaToyotatype5K4tak4silinderdipengaruhoilehsaatpengapiadnanpenggunaasnistempengapian