Analisis strategi pelayanan bank dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah (studi kasus pada tabungan haji di PT.Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang) / Rizky Putri Dwi Cahyani
Main Author: | Cahyani, Rizky Putri Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/42069/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKCahyaniRizkyPutriDwi.2016.AnalisisStrategiPelayananBankdalamUpayaMeningkatkanNasabah(StudiKasuspadaTabunganHajidiPT.BankMuamalatIndonesiaCabangMalang).SkripsiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.GrisviaAgustinS.E.M.Sc.(2)Dr.ImamMukhlisS.E.M.Si.KataKunciStrategiPelayananTabunganHajiSWOTBankMuamalat.Semakinketatnyapersaingandalamindustriperbankanmendorongindustriperbankanuntukcepatmenyesuaikandiridenganperkembanganmasyarakatdisekitarnya.Industriperbankansaatiniberlomba-lombauntukmeningkatkanlayanankepadanasabahdengancaramemberikanfasilitas-fasilitasyangmemudahkannasabahtersebutdalammelakukantransaksikeuangan.Indonesiadenganjumlahmuslimyangbesarmembantutransaksikeuanganuntukberhaji.Persoalantentangibadahhajimenjadimenarikkarenapadadirisetiapmuslimmenginginkanuntukbisapergimelakukanibadahhajiminimalsatukaliseumurhidupnya.PotensijamaahhajiIndonesiasangatbesarjumlahjamaahhajiIndonesiasebesar211ribupadatahun2015sehinggapotensiinipundapatdilihatdengannilaiyangmencapaiRp.820triliunpadatahun2015.Makatakheranbanyakpebisnisyangmencobamemanfaatkanpeluangini.BankMuamalatIndonesiamerupakanbanksyariahpertamayangadadiIndonesiadansalahsatudariBankSyariahterbesardanterluasjaringannyadiIndonesia.Penelitianinimenggunakanmetodedeskriptifkualitatif.Teknikpengambilansampelyangdigunakanadalahpurposivesamplingdengancarasnowballsampling.Teknikpengumpulandatadilakukandenganwawancaraobservasidandokumentasi.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisSWOTyangdiaplikasikandenganmetodeinteraktif.Validitasdatadenganmenggunakantekniktriangulasidata/sumber.BerdasarkanhasilpenelitianbahwastrategipelayananyangditerapkanolehBankMuamalatCabangMalangterangkumdalampelayananprimayangmeliputiaspektransparansiakuntabilitaskondisionalkesamaanhakdankeseimbanganhakdankewajiban.Perencanaandanpenetapanstrategitersebutdipengaruhiolehfaktorlingkungansecaraeksternaldaninternal.AnalisislingkungantersebutberperandalampembentukanstrategiyangtepatmelaluianalisisSWOTsebagaiformulasistrategi.Kendala-kendalayangdihadapiBankMuamalatdalammelakukanstrategipelayananadalahgangguanjaringanonlinesosialisasibelummaksimaljumlahkantorkas/pembantumasihsedikitkualitassumberdayamanusiamasihperluditingkatkanseharusnyaperusahaanmenambahkanfasilitas-fasilitaspendukungdemikeamanandankenyamanannasabahyangsecaratidaklangsungmendukungkelancaranoperasionalperusahaan.UpayadanalternatifstrategiyangdilakukanBankMuamalatdalammengatasikendala-kendalaadalahmelakukanpelayananyanginovatifdankreatifmenambahjumlahtenagadanarmadamenambahjumlahDaiMuamalatuntukmemberikanedukasitentangbankberprinsipsyariahterhadapmasyarakatdanmenambahjumlahkantorkas/kantorpembantudibebarapatempatsecarabertahap.