Analisis strategi pengembangan usaha pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Batik Malangan di kota Malang / Nurul Erfinah

Main Author: Erfinah, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/42025/
Daftar Isi:
  • ErfinahNurul.2016.AnalisisStrategiPengembanganUsahapadaUsahaMikroKecildanMenengah(UMKM)BatikMalangandiKotaMalang.SkripsiJurusanEkonomiPembangunan.FakultasEkonomi.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.FaridaRahmawatiS.E.M.E(II)Dr.GrisviaAgustinS.E.M.Sc.KataKunciUMKMBatikMalanganPrioritasstrategiBerdasarkandatadariDinasKoperasidanUMKMKotaMalangsalahsatuUMKMyangdapatdikembangkanyaituUMKMBatikMalangandikarenakanUMKMBatikMalanganmenempatiurutanke6dari33unitusahayangterdapatdiKotaMalang.Hasildariobservasiawalpenelitimenemukan2permasalahanutamayangdihadapipemilikBatikMalanganyaknikesulitandalammencaritenagakerjadanbersaingdenganbatikprintingolehkarenaitudiperlukanstrategiyangtepatdalampengembanganusahaBatikMalangan.Untukmenyusunstrategipengembanganyangtepatmakapenelitimenggunakan5alatanalisisyaituMatrikIFAS(InternalFactorsAnalysisStrategic)MatrikEFAS(ExternalFactorsAnalysisStrategic)MatrikIE(InternalExternal)MatrikSWOT(StrenghtsWeaknessesOpportunitiesTreaths)MatrikQSP(QuantitativeStrategicPlanning).PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuiprioritasstrategipengembanganyangtepatpadaUMKMBatikMalangandiKotaMalang.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankualitatifdeskriptif.DatapenelitianberupahasilwawancaradariDinasKoperasidanUMKMKotaMalangpemilikUMKMBatikMalangansedangkanpengisiankuisionerberasaldaripemilikUMKMBatikMalangan.UntukmenyusunprioritasstrategipengembanganyangtepatpenelitimenggunakanmatrikQSPdimanamatrikQSPdiperolehdarimatrikIFASMatrikEFASMatrikIEdanMatrikSWOT.BerdasarkanhasilanalisismatrikIFASdiketahuikekuatandankelemahanUMKMBatikMalangan.BerdasarkanhasilanalisismatrikEFASdiketahuipeluangdanancamanUMKMBatikMalangan.BerdasarkanhasilanalisismatrikIEdiketahuiposisiUMKMBatikMalangan.BerdasarkanhasilanalisismatrikSWOTdiketahuialternatifstrategipengembangan.BerdasarkanhasilanalisismatrikQSPdiketahuiprioritasstrategipengembanganyangtepatpadaUMKMBatikMalanganyaitu1)Menghasilkanprodukyangsesuaidenganpesanankonsumen.2)meningkatkanpromosimelaluipameran-pameranditawarkankeorang-orangbaiksecaralangsungmaupunonline.