Analisis strategi pengembangan usaha pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Batik Malangan di kota Malang / Nurul Erfinah
Main Author: | Erfinah, Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/42025/ |
Daftar Isi:
- ErfinahNurul.2016.AnalisisStrategiPengembanganUsahapadaUsahaMikroKecildanMenengah(UMKM)BatikMalangandiKotaMalang.SkripsiJurusanEkonomiPembangunan.FakultasEkonomi.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.FaridaRahmawatiS.E.M.E(II)Dr.GrisviaAgustinS.E.M.Sc.KataKunciUMKMBatikMalanganPrioritasstrategiBerdasarkandatadariDinasKoperasidanUMKMKotaMalangsalahsatuUMKMyangdapatdikembangkanyaituUMKMBatikMalangandikarenakanUMKMBatikMalanganmenempatiurutanke6dari33unitusahayangterdapatdiKotaMalang.Hasildariobservasiawalpenelitimenemukan2permasalahanutamayangdihadapipemilikBatikMalanganyaknikesulitandalammencaritenagakerjadanbersaingdenganbatikprintingolehkarenaitudiperlukanstrategiyangtepatdalampengembanganusahaBatikMalangan.Untukmenyusunstrategipengembanganyangtepatmakapenelitimenggunakan5alatanalisisyaituMatrikIFAS(InternalFactorsAnalysisStrategic)MatrikEFAS(ExternalFactorsAnalysisStrategic)MatrikIE(InternalExternal)MatrikSWOT(StrenghtsWeaknessesOpportunitiesTreaths)MatrikQSP(QuantitativeStrategicPlanning).PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuiprioritasstrategipengembanganyangtepatpadaUMKMBatikMalangandiKotaMalang.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankualitatifdeskriptif.DatapenelitianberupahasilwawancaradariDinasKoperasidanUMKMKotaMalangpemilikUMKMBatikMalangansedangkanpengisiankuisionerberasaldaripemilikUMKMBatikMalangan.UntukmenyusunprioritasstrategipengembanganyangtepatpenelitimenggunakanmatrikQSPdimanamatrikQSPdiperolehdarimatrikIFASMatrikEFASMatrikIEdanMatrikSWOT.BerdasarkanhasilanalisismatrikIFASdiketahuikekuatandankelemahanUMKMBatikMalangan.BerdasarkanhasilanalisismatrikEFASdiketahuipeluangdanancamanUMKMBatikMalangan.BerdasarkanhasilanalisismatrikIEdiketahuiposisiUMKMBatikMalangan.BerdasarkanhasilanalisismatrikSWOTdiketahuialternatifstrategipengembangan.BerdasarkanhasilanalisismatrikQSPdiketahuiprioritasstrategipengembanganyangtepatpadaUMKMBatikMalanganyaitu1)Menghasilkanprodukyangsesuaidenganpesanankonsumen.2)meningkatkanpromosimelaluipameran-pameranditawarkankeorang-orangbaiksecaralangsungmaupunonline.