Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat Kelurahan Sisir, Kota Batu terhadap penggunaan pembayaran non tunai / Moh. Ibrahim Adhim

Main Author: Adhim, Moh. Ibrahim
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/42013/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAdhimMoh.Ibrahim.2015.AnalisisFaktor-FaktorYangMempengaruhiMasyarakatKelurahanSisirKotaBatuTerhadapPenggunaanPembayaranNonTunai.SkripsiJurusanEkonomiPembangunan.FakultasEkonomi.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.DwiWulandariS.E.M.M.(II)ThomasSosecoS.E.M.Sc.KataKunciCashlessSocietyGNNTPembayaranNonTunaiPreferensiMasyarakatKemajuanteknologimembawarevolusiterhadapsistempembayaranmenjadilebihefisienpraktisamandannyaman.Sistempembayaranelektronik(nontunai)adalahhasildarirevolusitersebut.DiIndonesiatingkatpenggunaanpembayarannontunaimasihsangatrendah.Padatahun2014kurangdari1%transaksiritelmenggunakanpembayarannon-tunai.SehinggaBankIndonesiagencarmelakukanedukasikepadamasyarakatuntukmencapaicashlesssocietymelaluiGerakanNasionalNonTunai(GNNT).Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuifaktor-faktorpembentukdanpenentupersepsiperilakudanpreferensiyangmempengaruhimasyarakatKelurahanSisirKotaBatuterhadappenggunaanpembayarannon-tunaidalamhalinikartuATM/debitkartukredite-moneym-bankingdaninternetbanking.MetodepenelitianpenelitianinimenggunakananalisisregresilogistikmultinomialdenganaplikasiSPSS22.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaPertamadalamaspekpersepsidanperilakumasyarakatdalampenggunaaninstrumenpembayarannontunaiadalahkarenalebihmudahtidakrepotmembawauangtunaidantransaksiaman.Kemudianmediayangpalingbaikdigunakanadalahinformasidaritemanataukeluargatelevisidanpetugasbank.KeduakendalayangdihadapimasyarakatdalampembayarannontunaiadalahmasyarakatmasihnyamanmenggunakanuangtunaimerasabelumperlumenggunakannontunaimesinATMseringrusakbiayatransaksimahaldanpelayananyangtidakmemuaskan.Ketigafaktor-faktorpengaruhdalampenggunaanpembayarannontunaiadalahjeniskelamintingkatpendidikandanjenispekerjaan.Berdasarkanhasilpenelitiandiharapkanadanyasosialisasidanedukasiyanglebihintensifdaripihakperbankanmengenaimanfaatdankeuntungandalampenggunaaninstrumennontunaikepadamasyarakat.Perbaikankualitaslayanansepertifasilitasdanprodukjugaperluditingkatkansehinggamasyarakatdapatlebihantusiasdalammeresponssistempembayarannontunaisebagaiupayamenujucashlesssociety.