Penerapan pembelajaran melalui media VCD (interaktif) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMPN 4 Malang kelas VII. F semester genap / Nur Ratna Wulan

Main Author: Wulan, Nur Ratna
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/42/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Wulan, Nur Ratna. 2008. Penerapan Media VCD (interaktif) untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMPN 4 Malang Kelas VII F Semester Genap. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari, M.Ed (II) Dr. Hj Mardiah Moenir, M.Pd Kata kunci : penerapan media VCD (interaktif), motivasi belajar, prestasi belajar Pembelajaran akan lebih bermakna bagi siswa apabila guru mengahadirkan situasi yang baru ke dalam kelas dan mengajak siswa menyaksikan VCD (interaktif) untuk mendukung siswa di dalam belajarnya. Strategi pembelajaran lebih dipentingkan dari pada prestasi belajar. Prestasi belajar diharapkan lebih bermakna bagi siswa untuk berpikir kritis, melaksanakan observasi dan menarik kesimpulan. Agar siswa dapat belajar lebih efektif maka hendaknya diterapkan pembelajaran dengan media VCD (interaktif). Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran sejarah dengan menerapkan media VCD (interaktif). (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran sejarah dengan menerapkan media VCD (interaktif). Untuk mencapai maksud tersebut, maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMPN 4 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes prestasi belajar siswa, angket dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriprif kualitatif dengan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan VCD (interaktif) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perolehan jumlah siswa yang menjawab sangat setuju dan setuju penerapan VCD (interaktif) mampu meningkatkan motivasi belajar jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan yang menjawab ragu-ragu, kurang setuju dan sangat tidak setuju, (2) penerapan VCD (interaktif) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII F dalam mata pelajaran Sejarah. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata skor siswa dari hasil tes pada masing-masing tahap, yaitu pada rata-rata skor tes awal 62,70 meningkat menjadi 75,41 pada siklus I, sedangkan pada siklus II rata-rata skor sudah dapat mengalami peningkatan sebesar 13,78 yaitu dari rata-rata skor 75,41 menjadi 89,19. Jadi peningkatan rata-rata skor hasil belajar dari tes awal sampai siklus II adalah sebesar 26,49 dan (3) penerapan VCD (interaktif) dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mata pelajaran Sejarah. Hal ini terbukti dari kemampuan guru memvariasikan metode dalam pembelajaran dan meningkatnya kemampuan guru dalam memilih bahan dan media pembelajaran. Dari berbagai temuan dalam penelitian ini, disampaikan beberapa saran: (1) Agar motivasi belajar siswa dapat meningkat terus hendaknya penerapan VCD (interaktif) tidak hanya diterapkan pada mata pelajaran Sejarah tapi juga dapat diterapkan pada mata pelajaran yang lain, (2) Agar hasil belajar siswa dapat meningkat terus hendaknya penerapan VCD (interaktif) tidak hanya diterapkan pada mata pelajaran Sejarah tetapi juga dapat diterapkan pada mata pelajaran yang lain. (3) Agar kemampuan guru dapat meningkat terus hendaknya guru yang belum menerapkan VCD (interaktif) dapat berdiskusi dengan guru yang telah menerapkan VCD (interaktif) agar semua guru mampu menerapkan VCD (interaktif) dalam pembelajarannya.