Pengaruh persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, norma subyektif, dan pengalaman terhadap minat mahasiswa menggunakan internet banking / Kevin Danurdoro

Main Author: Danurdoro, Kevin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/41982/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDanurdoroKevin.2015.PengaruhPersepsiKegunaanKemudahanPenggunaanNormaSubyektifdanPengalamanTerhadapMinatMahasiswaMenggunakanInternetBanking.Skripsi.JurusanEkonomiPembangunan.FakultasEkonomi.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.DwiWulandariS.E.M.M(II)ThomasSosecoS.E.M.ScKataKunciPersepsiKegunaanPersepsiKemudahanPenggunaanNormaSubyektifPengalamanMinatMenggunakanInternetBankingPerkembanganinternetdiIndonesiadirasakanolehhampirsemuakalangandiIndonesiasaatinidanusiamayoritaspenggunainternetterbanyakberadadiusia18-25tahunyangmengindikasikanbahwamayoritaspenggunainternetpalingdominanadalahmahasiswa.Perkembanganinternetmembuatsemuabidangtermasukperbankanmenyediakanlayananberbasisinternetyangdinamakaninternetbanking.PenelitianinimenggunakanmodelkombinasiTAM(TechnologyAcceptanceModel).VariabelindependenpadapenelitianiniyaituPersepsiKegunaanPersepsiKemudahanPenggunaanNormasubyektifdanPengalaman.SedangkanvariabeldependennyaadalahMinatMahasiswaMenggunakanInternetBanking.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuivariabelmanayangpalingberpengaruhterhadapMinatMahasiswaMenggunakanInternetBanking.PenelitianinidilakukandiJurusanEkonomiPembangunanUniversitasNegeriMalangTahunAngkatan2013denganmenggunakanmetodesurvei.Penelitianinimemperolehresponsebanyak96orangmahasiswayangmemilikirekeningaktifdibankdanminimalpernahmenggunakaninternetbanking.Ujiinstrumenpadapenelitianinimenggunakan30respondendalamsampeldenganmenggunakanujivaliditasdanreliabilitas.DatapadapenelitianinidianalisismenggunakanSPSSversi16forwindows.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahregresilinearberganda.Hasilpadapenelitianinimenunjukkanbahwa(1)Persepsikemudahanpenggunaandanpengalamanberpengaruhpositifdansignifikanterhadapminatmahasiswamenggunakaninternetbanking.Halinidisebabkanolehnilaisignifikansidaripersepikemudahanpenggunaansebesar0003danpengalamansebesar0000.Iniberartinilaisignifikansikeduavariabeltersebutlebihkecillebihkecildari005(levelofsignificant).(2)Persepsikegunaandannormasubyektifberpengaruhpositifnamuntidaksignifikanterhadapminatmahasiswamenggunakaninternetbanking.Halinidisebabkannilaisignifikansidaripersepsikegunaansebesar0089dannormasubyektifsebesar0172.Iniberartinilaisignifikansikeduavariabeltersebutlebihbesardari005(levelofsignificant).Haliniberartibahwakemudahanpenggunaanyangditawarkanolehlayananinternetbankingdanpengalamanmahasiswaakanmembentukminatmahasiswadalammenggunakaninternetbanking.Kesimpulandaripenelitianinidiharapkanmembuatsektorperbankanuntukmemperhatikanfaktor-faktoryangmempengaruhiminatmenggunakaninternetbankingterutamadikalanganmahasiswamelaluisosialisasisecaralangsungdaniklanmelaluimediasosial.