Pengaruh persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, norma subyektif, dan pengalaman terhadap minat mahasiswa menggunakan internet banking / Kevin Danurdoro
Main Author: | Danurdoro, Kevin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/41982/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKDanurdoroKevin.2015.PengaruhPersepsiKegunaanKemudahanPenggunaanNormaSubyektifdanPengalamanTerhadapMinatMahasiswaMenggunakanInternetBanking.Skripsi.JurusanEkonomiPembangunan.FakultasEkonomi.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.DwiWulandariS.E.M.M(II)ThomasSosecoS.E.M.ScKataKunciPersepsiKegunaanPersepsiKemudahanPenggunaanNormaSubyektifPengalamanMinatMenggunakanInternetBankingPerkembanganinternetdiIndonesiadirasakanolehhampirsemuakalangandiIndonesiasaatinidanusiamayoritaspenggunainternetterbanyakberadadiusia18-25tahunyangmengindikasikanbahwamayoritaspenggunainternetpalingdominanadalahmahasiswa.Perkembanganinternetmembuatsemuabidangtermasukperbankanmenyediakanlayananberbasisinternetyangdinamakaninternetbanking.PenelitianinimenggunakanmodelkombinasiTAM(TechnologyAcceptanceModel).VariabelindependenpadapenelitianiniyaituPersepsiKegunaanPersepsiKemudahanPenggunaanNormasubyektifdanPengalaman.SedangkanvariabeldependennyaadalahMinatMahasiswaMenggunakanInternetBanking.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuivariabelmanayangpalingberpengaruhterhadapMinatMahasiswaMenggunakanInternetBanking.PenelitianinidilakukandiJurusanEkonomiPembangunanUniversitasNegeriMalangTahunAngkatan2013denganmenggunakanmetodesurvei.Penelitianinimemperolehresponsebanyak96orangmahasiswayangmemilikirekeningaktifdibankdanminimalpernahmenggunakaninternetbanking.Ujiinstrumenpadapenelitianinimenggunakan30respondendalamsampeldenganmenggunakanujivaliditasdanreliabilitas.DatapadapenelitianinidianalisismenggunakanSPSSversi16forwindows.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahregresilinearberganda.Hasilpadapenelitianinimenunjukkanbahwa(1)Persepsikemudahanpenggunaandanpengalamanberpengaruhpositifdansignifikanterhadapminatmahasiswamenggunakaninternetbanking.Halinidisebabkanolehnilaisignifikansidaripersepikemudahanpenggunaansebesar0003danpengalamansebesar0000.Iniberartinilaisignifikansikeduavariabeltersebutlebihkecillebihkecildari005(levelofsignificant).(2)Persepsikegunaandannormasubyektifberpengaruhpositifnamuntidaksignifikanterhadapminatmahasiswamenggunakaninternetbanking.Halinidisebabkannilaisignifikansidaripersepsikegunaansebesar0089dannormasubyektifsebesar0172.Iniberartinilaisignifikansikeduavariabeltersebutlebihbesardari005(levelofsignificant).Haliniberartibahwakemudahanpenggunaanyangditawarkanolehlayananinternetbankingdanpengalamanmahasiswaakanmembentukminatmahasiswadalammenggunakaninternetbanking.Kesimpulandaripenelitianinidiharapkanmembuatsektorperbankanuntukmemperhatikanfaktor-faktoryangmempengaruhiminatmenggunakaninternetbankingterutamadikalanganmahasiswamelaluisosialisasisecaralangsungdaniklanmelaluimediasosial.