Penerapan perpaduan model pembelajaran kooperatif piture dan picture dengan make a match untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS Ekonomi siswa kelas VIII D SMP Negeri 10 Malang / Yaumi Rahmalita Zain
Main Author: | Zain, Yaumi Rahmalita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/41897/ |
Daftar Isi:
- ZainYaumiRahmalita.2013.PenerapanPerpaduanModelPembelajaranKooperatifPictureandpictureDenganMakeamatchUntukMeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarIPSEkonomiSiswaKelasVIIIDSMPNegeri10Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanEkonomiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SapirS.SosM.Si(II)Dr.ImamMukhlisSEM.Si.Katakuncipembelajarankooperatifpictureandpicturemakeamatchkeaktifandanhasilbelajar.Observasiawaldalampenelitianinidilakukanpenelitipadasaatawalmasuksemestergenaptahunajaran2012/2013diketahuipembelajaranIPSEkonomidiSMPNegeri10Malangbelumsepenuhnyamenggunakanmetodekooperatifyangmelibatkansiswasecaraaktif.Metodepembelajaranyangdigunakanmasihkonvensional.Berdasarkanobservasiyangtelahdilakukanguruhanyamemberikanbeberapasoalyangharusdidiskusikanantartemansehinggasiswaseringmerasabosankarenatidakadapembaharuandalampelaksanaandiskusi.Gurumembiarkansiswapasifsehinggasiswasulitmengembangkankecakapanberpikirkecakapaninterpersonalkecakapanberadaptasidenganbaik.Untukmengatasihalinidiperlukansuatupembelajaranyangtepatmenarikdanmenyenangkanyaitupembelajarandenganmenggunakanperpaduanmodelpictureandpicturedenganmakeamatchyangdiharapkandapatmembantusiswauntukmeningkatkankeaktifansiswadanmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(Classroomactionresearch)denganpendekatankualitatifyangbertujuanuntukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswa.Penelitianinidilaksanakandalam2siklus.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVIIIDSMPNegeri10Malangdenganjumlah35siswayangterdiriatas17siswalaki-lakidan18siswaperempuantahunajaran2012/2013.Dalampenelitianinidatayangdiperolehberupakeaktifandanhasilbelajardariranahkognitifdanafektifyangdiambildaripembelajaranmenggunakanpenerapanperpaduanmodelpictureandpicturedenganmakeamatch.Instrumenyangdigunakanyaitulembarobservasilembarteslembarcatatanlapanganpedomanwawancaradandokumentasi.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwaterjadipeningkatankeaktifansiswadanhasilbelajarsiswakelasVIIID.Haliniditunjukkandenganadanyapersentasekeaktifansiswayangmeningkatsebesar1163%darisiklusIsebesar75%danpadasiklusIIsebesar8372%.Ketuntasanhasilbelajaraspekkognitifjugamengalamipeningkatansebesar25%darisiklusIsebesar7429%danpadasiklusIIsebesar9286%sedangkanhasilbelajarranahafektifsiswameningkatsebesar837%darisiklusIsebesar75%meningkatpadasiklusIIsebesar8128%.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwaPenerapanPerpaduanModelPembelajaranKooperatifPictureandpicturedenganMakeamatchdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswakelasVIIIDSMPNegeri10Malang.OlehkarenaitugurumatapelajaranIPSdisarankanmenerapkanPenerapanPerpaduanModelPembelajaranKooperatifPictureandpicturedenganMakeamatchsebagaimodelpembelajaranalternatifuntukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswa.