Hubungan antara fasilitas belajar di sekolah dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP negeri 5 Malang pada mata pelajaran IPS-Terpadu / Caca Laras Wati
Main Author: | Wati, Caca Laras |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/41894/ |
Daftar Isi:
- KataKunciFasilitasBelajarKebiasaanBelajarPrestasiBelajarFasilitasbelajardisekolahdankebiasaanbelajarsiswamerupakanfaktoryangmempengaruhiprestasibelajarsiswa.Fasilitasbelajardisekolahyangtidakmemadaidapatmenghambatprosesbelajardanpembelajarandisekolah.Kebiasaanbelajaryangbaikdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswasemakinbaikprestasibelajarnyamakasemakinbaikjugaprestasibelajarnya.PenelitianinidilakukandengantujuanuntukmendeskripsikanbeberapahalyaitufasilitasbelajardisekolahSMPNegeri5MalangkebiasaanbelajarsiswaSMPNegeri5MalangkelasVIIdanprestasibelajarsiswakelasVIISMPNegeri5Malang.PenelitianinijugabertujuanuntukmengetahuihubunganantarafasilitasbelajardisekolahkebiasaanbelajardanprestasibelajarsiswakelasVIISMPNegeri5Malang.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkorelasional.Datadalampenelitianiniberupadataprimerdansekunderdataprimerberupainstrumenpenelitianyangdidapatkanmelaluikuesioneruntukmemperolehdatatentangfasilitasbelajardankebiasaanbelajarmakasumberdatadalampenelitianiniadalahresponden(siswakelasVIIyangakandijadikansampel).SedangkanprestasibelajarsiswamenggunakandatasekunderberupadokumentasinilaiUlanganTengahSemester(UTS).Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakankuesionerdanobservasi.InstrumenpenelitianberupaangketyangakandibagikankepadasiswakelasVIIsecarapropotionalrandomsampling.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehtigakesimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.PertamaterdapathubunganyangpositifdansignifikanantarafasilitasbelajardisekolahdenganprestasibelajarsiswakelasVIISMPNegeri5Malang.KeduaterdapathubunganyangpositifdansignifikanantarakebiasaanbelajarsiswadenganprestasibelajarsiswakelasVIISMPNegeri5Malang.KetigaterdapathubunganyangpositifdansignifikanantarafasilitasbelajardisekolahdankebiasaanbelajardenganprestasibelajarsiswakelasVIISMPNegeri5Malang.