Hubungan antara fasilitas belajar di sekolah dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP negeri 5 Malang pada mata pelajaran IPS-Terpadu / Caca Laras Wati

Main Author: Wati, Caca Laras
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/41894/
Daftar Isi:
  • KataKunciFasilitasBelajarKebiasaanBelajarPrestasiBelajarFasilitasbelajardisekolahdankebiasaanbelajarsiswamerupakanfaktoryangmempengaruhiprestasibelajarsiswa.Fasilitasbelajardisekolahyangtidakmemadaidapatmenghambatprosesbelajardanpembelajarandisekolah.Kebiasaanbelajaryangbaikdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswasemakinbaikprestasibelajarnyamakasemakinbaikjugaprestasibelajarnya.PenelitianinidilakukandengantujuanuntukmendeskripsikanbeberapahalyaitufasilitasbelajardisekolahSMPNegeri5MalangkebiasaanbelajarsiswaSMPNegeri5MalangkelasVIIdanprestasibelajarsiswakelasVIISMPNegeri5Malang.PenelitianinijugabertujuanuntukmengetahuihubunganantarafasilitasbelajardisekolahkebiasaanbelajardanprestasibelajarsiswakelasVIISMPNegeri5Malang.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkorelasional.Datadalampenelitianiniberupadataprimerdansekunderdataprimerberupainstrumenpenelitianyangdidapatkanmelaluikuesioneruntukmemperolehdatatentangfasilitasbelajardankebiasaanbelajarmakasumberdatadalampenelitianiniadalahresponden(siswakelasVIIyangakandijadikansampel).SedangkanprestasibelajarsiswamenggunakandatasekunderberupadokumentasinilaiUlanganTengahSemester(UTS).Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakankuesionerdanobservasi.InstrumenpenelitianberupaangketyangakandibagikankepadasiswakelasVIIsecarapropotionalrandomsampling.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehtigakesimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.PertamaterdapathubunganyangpositifdansignifikanantarafasilitasbelajardisekolahdenganprestasibelajarsiswakelasVIISMPNegeri5Malang.KeduaterdapathubunganyangpositifdansignifikanantarakebiasaanbelajarsiswadenganprestasibelajarsiswakelasVIISMPNegeri5Malang.KetigaterdapathubunganyangpositifdansignifikanantarafasilitasbelajardisekolahdankebiasaanbelajardenganprestasibelajarsiswakelasVIISMPNegeri5Malang.