Penerapan metode pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malang pada mata pelajaran IPS-Ekonomi / Dyah Puspita Hermytasari
Main Author: | Hermytasari, Dyah Puspita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/41893/ |
Daftar Isi:
- HermytasariDyahPuspita.2013.PenerapanMetodePembelajaranKooperatifNumberedHeadsTogether(NHT)dalamMeningkatkanAktivitasDanHasilBelajarSiswakelasVIIISMPNegeri3MalangPadaMataPelajaranIPSEkonomi.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.PrihHardintoM.Si(II)Drs.H.Ach.AliWafaM.Pd.KataKunciNumberedHeadsTogether(NHT)aktivitasbelajarhasilbelajarBerdasarkanobservasiawalyangdilakukandiSMPNegeri3MalangdiketahuibahwasebagianguruIPSEkonomimasihsedikityangmenerapkanmodelpembelajaranberkelompokgurucenderungmelakukanpembelajarankonvensionaldansebatasmemberitugas.Permasalahanyangseringterjadiadalahsiswakurangaktifdalamprosespembelajaran.Selainitusebagiansiswaberanggapanbahwamatapelajaranekonomimerupakanmatapelajaranyangsulit.HasilbelajarsiswacenderungrendahdanberadadibawahSKMyangditentukanyaitu80yangdilihatdarinilaiulanganmaupunujiansekolah.UntukmengatasihaltersebutdiperlukanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswayaitudenganmenggunakanmetodepembelajarankooperatifNumberedHeadstogether(NHT).PenelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdenganjenisPenelitianTindakankelas(PTK).PenelitianiniberlangsungselamaduasiklusdenganpokokbahasanSistemekonomidanPerpajakan.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIII-4SMPNegeri3Malangyangberjumlah36siswa.Pengumpulandatamenggunakanteknikobservasiberisilembarobservasiaktivitasgurudansiswatesberupapretestdanposttestangketresponsiswacacatanlapanganwawancaradandokumentasi.PadaaspekhasilbelajarpenulismelihatpeningkatanhasilnilaitessiklusIdansiklusII.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaPertamapersentaseaktivitaspembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)yangdilakukanolehgurupadasiklusIsebesar67%danpadasiklusIIsebesar94%.Keduauntukvariabelaktivitassiswadilihatdaritigaaspekyangdinilaiyaituaspekkeaktifansiswapartisipasisiswadanaspekkepatuhansiswadalammengerjakansoal.PadasiklusIrata-ratanilainyasebesar52%danmeningkatmenjadi777%padasiklusII.KetigahasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusII.PadasiklusIpersentaseketuntasanbelajarklasikalsebesar50%denganjumlahsiswayangtuntassebanyak18siswadanyangtidaktuntassebanyak18siswa.PadasiklusIIpersentaseketuntasanbelajarklasikalsebesar75%denganjumlahsiswayangtuntassebesar27siswadanyangtidaktuntassebanyak9siswa.KeempatberdasarkanangketresponsiswaterhadappenerapanNumberedHeadsTogether(NHT)adalahpositifsiswasetujujikaditerapkanmodeltersebutpadaiimatapelajaranIPS-Ekonomi.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwamodelpembelajarankooperatifNumberedHeadsTogether(NHT)dapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasVIII-4SMPNegeri3Malang.