Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan Number Head Together (NHT) untuk menibngkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII-1 SMP Negeri 21 Malang / Rakhma Soka Saraswati
Main Author: | Saraswati, Rakhma Soka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/41891/ |
Daftar Isi:
- SaraswatiRakhmaSoka.2013.PenerapanModelPembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)danNumberHeadTogether(NHT)untukMeningkatkanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranIPSTerpaduKelasVII-1SMPNegeri21Malang.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.AchmadAliWafaM.Pd(II)AgusSumantoS.EM.SiKataKunciTwoStayTwoStray(TSTS)NumberHeadTogether(NHT)hasilbelajar12288122881228812288BerdasarkanobservasiyangdilakukanpenelitidiSMPNegeri21Malangkegiatanpembelajaranyangdilakukancukupbervariasinamunguruseringmenggunakanmetodeceramahtanyajawabdanmembahaslatihansoalkebanyakankegiatanpembelajaranmasihterpusatpadagurusiswakurangdiberikesempatanuntukmengembangkankreativitasnyadanbelumterlibatdalampembelajaranseutuhnya.Sehinggasiswamerasabosandanmengantukdikelashaltersebutberdampakterhadaprendahnyahasilbelajarsiswa.12288122881228812288UntukmengatasihalinipenelitimenggunakankolaborasimodelTwoStayTwoStray(TSTS)danNumberHeadTogether(NHT).ModelpembelajaranTSTSmemacusiswalebihbisaberdiskusidenganbaikdengansiswadalamkelompoknyamaupundariluarkelompoknya.ModelpembelajaranNHTmelatihseluruhsiswauntukbisamemahamimateriyangdidiskusikankarenasiswayangmenjawabpertanyaanditunjukberdasarkannomoryangdiambilsecaraacak.12288122881228812288PendekatanyangdilakukanadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitianPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridari2siklus.Padapenelitiantindakankelasinikegiatanpembelajaranakandimulaidari(a)menyusunrancangantindakanatauplanning(b)melaksanakantindakanatauaction(c)pengamatantindakanatauobservation(d)melakukanrefleksiataureflection.Teknikpengumpulandatayangdigunakanmeliputitesobservasiwawancaradandokumentasi.12288122881228812288HasilbelajarsiswadarisiklusIkesiklusIIberdasarkannilaipretestmengalamikenaikandarirata-rata69menjadi72siswayangtuntassebanyak27menjadi30siswa.Sedangkanberdasarkannilaiposttestmengalamikenaikandarirata-rata78menjadi82siswayangtuntassebanyak35siswamenjadi42siswa.PadasiklusIIterjadipeningkatanhasilbelajardansudahmemenuhiketuntasanklasikalyangdiharapkan.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenerapankolaborasimodelpembelajaranTSTSdanNHTdapatmeningkatkanhasilbelajarpadamatapelajaranIPSTerpadusiswakelasVII-1SMPNegeri21Malang.12288122881228812288GuruIPSTerpadudisarankanmenerapkankolaborasipenerapanmodelpembelajaranTSTSdanNHTdalammengembangkanstrategipembelajaranalternatifdikelasuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Penerapanmodeliniperludisesuaikandenganmateridanwaktupembelajaran.