Gaya hidup dan perilaku konsumtif mahasiswa dalam perspektif status sosial ekonomi orang tua / Evika Febriana Pratiwi
Main Author: | Pratiwi, Evika Febriana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/41884/ |
Daftar Isi:
- KataKuncigayahidupperilakukonsumtifstatussosialekonomiorangtuaDalammemenuhikebutuhannyakonsumenseringkalididorongolehmotiftertentuuntukmendapatkanprduk/jasayangdibutuhkannya.Motifkonsumsiyangberkembangpadamasyarakatmodernsaatiniadalahlebihbanyakberdasarkanemosionalmotifdaripadarasionalmotif.Fenomenayangdihadapimasyarakatmoderndalamkehidupansehari-hariadalahdiwarnaidenganmaraknyakegiatankonsumsi.Konsumsiterhadapsuatubarangmerupakangayahiduptertentudarikelompokstatustertentu.Konsumsiterhadapbarangmerupakangayahiduptertentu.Konsumsiterhadapbarangmerupakanlandasanbagipenjejangandarikelompokstatus.Seseorangyangberadadalamkelasatascenderungmempunyaigayahidupyangberbedadengankelasbawah.Secaraotomatisseseorangyangberadadikelasatascenderunguntukberkonsumsilebihbanyakdibandingkanseseorangyangberadadikelasbawah.Haliniterjadikarenadengansumberdayayangmelimpahakanmembuatseseorangmudahdalammembelanjakannyadanapabilapenggunaantersebutdilakukantanpalandasanrasionalmakaakanmengarahpadaperilakukonsumtif.MahasiswamerupakanpelajaryangbelajardiPerguruanTinggijenjangpendidikansetelahmasaSekolahMenengahAtas.Dilihatdarisudutusiamahasiswaekonomipembangunanangkatan2011yangberkisarantaraumur19tahunmerupakantahapgolonganremajaakhir(masadewasadini).Gayahidupmahasiswainitakjauhberbedapuladenganpelajarsekolahmenengahmerekamasihcenderungberubah-ubahkarakternyauntukmenacapaitujuanmenemukanjatidiri.Mahasiswaseringberkumpulmenghabiskanwaktuluangmerekauntukberbagiinformasidanpengalaman.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikandanmenganalisis(1)Perbedaangayahidupmahasiswadalampersepektifstatussosialekonomiorangtua(2)Perbedaanperilakukonsumtifmahasiswadalampersepektifstatussosialekonomiorangtua(3)Perbedaangayahidupdanperilakukonsumtifmahasiswadalampersepektifstatussosialekonomiorangtua.Sampeldalampenelitianiniadalahmahasiswajurusanekonomipembangunanyangberjumlah159mahasiswa.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahmetodekuantitatif.DatadianalisisdenganteknikprosentasekorelasidanregresidenganbantuankomputerprogramSPSS16.0forWindows.Berdasarkananalisisdatadiketahuibahwaterdapatperbedaangayahidupmahasiswadalampersepektifstatussosialekonomiorangtua.Terdapatjugaperbedaanperilakukonsumtifmahasiswadalampersepektifstatussosialekonomiorangtua.Olehkarenaitudiharapkanmahasiswadapatbersikaphati-hatidalamberinteraksidenganlingkungansosialdanmempertahankankepribadiannyasehinggamerekadapatmandiridalamkeputusanpembeliannyadantidakmudahterpengaruholehoranglaindalammelakukanpembeliandengandemikianmakamahasiswaakanmempunyaikepribadianyangkuatmandiricerdasdanefisiendalamberkonsumsi.Berdasarkanhasilanalisisdapatdisimpulkanbahwa(1)Adapengaruhpositifgayahidupmahasiswaterhadapstatussosialekonomiorangtuadengandemikianhalinimenunjukkanbahwaterdapatperbedaanantaragayahidupmahasiswadalampersepektifstatussosialekonomiorangtua.(2)Adapengaruhpositifperilakukonsumtifmahasiswaterhadapstatussosialekonomiorangtuadengandemikianhalinimenunjukkanbahwaterdapatperebedaanantaraperilakukonsumtifmahasiswadalampersepektifstatussosialekonomiorangtua.(3)Adapengaruhpositifgayahidup(X1)danperilakukonsumtif(X2)terhadapstatussosialekonomiorangtua(Y)variabel-variabeltersebutsecarabersama-samamempengaruhistatussosialsosialekonomiorangtuadengandemikianhalinimenunjukkanbahwaterdapatperbedaangayahidupdanperilakukonsumtifdalampersepektifstatussosialekonomiorangtua.Berdasarkansaranyangtelahdilakukanmakasaranyangdiberikanadalah(1)bagimahasiswadiharapkanmahasiswadapatmengendalikankecenderungandalamberperilakukonsumtif.Mahasiswahendaknyamenerapkanpembelajaranekonomitentangperilakukonsumenyangtelahdiajarkandikelasterkhususdalamberperilakurasionaldalamberkonsumsi.(2)bagipenelitilainhendaknyamenelitivariabellainyangmempengaruhiperilakukonsumtifdiluarvariabelstatussosialekonomiorangtuadantentanggayahidupindividu.Selainituhasilpenelitianinidapatdijadikandasarpenelitianselanjutnyadengancaramenambahsubvariabeldanindikatordalammelakukanpenelitianditempatlainyangsejenis.(3)bagiuniversitasnegerimalanghendaknyalebihmengembangkanpendidikankaraktermahasiswaagarlulusanuniversitastidakhanyapahamilmuekonomitetapijugadidukungrasionalitasdanmoralitasekonomiyangbaikdalamprakteknya.(4)bagiorangtuasebagaipihakpertamayangmemberikandukungankepadaputra-putrinyaselamadirumah.Orangtuaharusselalumemberikanarahandandorongankepadaputra-putrinyabahwastatussosialekonomiorangtuatidakselalumenjadijaminanbahwamahasiswatersebutharusmemilikigayahidupberekonomiyangbaik.