Pengaruh gaya belajar (Learning style) dan fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Islam Kepanjen / Yoga Pramono Putro
Main Author: | Putro, Yoga Pramono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/41881/ |
Daftar Isi:
- KataKuncigayabelajar(learningstyle)fasilitasbelajarsiswadanprestasibelajar.Gayabelajar(learningstyle)merupakankombinasibagaimanaseorangsiswamenyerapmenerimamengaturdanmengolahinformasi(pesanpembelajaran)yangditerimanya.GayabelajarmenurutmodalitasnyaterdiridarigayabelajarvisualauditorialdankinestetiksetiapsiswamampubelajarsecaracukupefektifdengancaravisualauditorialdankinestetiksehinggatidakmembutuhkanperhatiankhususdalambelajardanadaPulabeberapasiswalebihmenonjolmenggunakansalahsatugayabelajardaritigatipegayabelajarsehinggamembutuhkanperhatiankhususdalambelajar.Siswayangmengetahuigayabelajarnyamakaakanmempermudahsiswatersebutdalammenyerapmenerimamengaturdanmengolahinformasi(pesanpembelajaran)sehinggaakanmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Fasilitasbelajaryangmemadaiakandapatmenumbuhkandayaimajinasisiswauntukberkreasidanmembuatprosespembelajarnakanberjalandenganlancerteraturdannyamansertadapatmenghadapiperkembanganteknologi.Denganadanyafasilitasbelajaryangmemadaidansesuaidengankebutuhandanperkembangansiswamakadapatmencarikonsepmemunbuhkandanmeningkatkankemampuannyasertakecakapanhidup.Tentunyasiswaharusmemanfaatkanfasilitasbelajaryangadadirumahsekolahdanmasyarakatdenganbaikagardapatmembantumeningkatkanhasilbelajarnya.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkorelasional.PopulasinyaadalahsiswakelasXIIPSSMAIslamKepanjenyangberjumlah114dalampenelitianinidiambilsampelsebanyak53siswatehnikpengambilansampeladalahproportionalrandomsampling.Instrumenyangdipakaidalampenelitianiniadalahangket/kuesioner.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisisstatistikdeskriptifdananalisisstatistikinferensial.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdiketahuibahwagayabelajarmempunyaipengaruhyangpositifterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomidiSMAIslamKepanjensebesar219%.Halinidapatdilihatdarithitung2138lebihbesardarittabel2000.FasilitasbelajarsiswamempunyaipengaruhyangpositifterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomidiSMAIslamKepanjensebesar325%.Halinidapatdilihatdarithitung3042lebihbesardarittabel2000.Secarasimultangayabelajar(learningstyle)danfasilitasbelajarsiswaberpengaruhterhadaphasilbelajarsebesar545%dansisanyadipengaruhiolehvariabellainyangtidakditelitidalampenelitianini.HalinijugadapatdilihatdarinilaiFhitung29975lebihbesardariFtabel163.