Pengaruh gaya belajar (Learning style) dan fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Islam Kepanjen / Yoga Pramono Putro

Main Author: Putro, Yoga Pramono
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/41881/
Daftar Isi:
  • KataKuncigayabelajar(learningstyle)fasilitasbelajarsiswadanprestasibelajar.Gayabelajar(learningstyle)merupakankombinasibagaimanaseorangsiswamenyerapmenerimamengaturdanmengolahinformasi(pesanpembelajaran)yangditerimanya.GayabelajarmenurutmodalitasnyaterdiridarigayabelajarvisualauditorialdankinestetiksetiapsiswamampubelajarsecaracukupefektifdengancaravisualauditorialdankinestetiksehinggatidakmembutuhkanperhatiankhususdalambelajardanadaPulabeberapasiswalebihmenonjolmenggunakansalahsatugayabelajardaritigatipegayabelajarsehinggamembutuhkanperhatiankhususdalambelajar.Siswayangmengetahuigayabelajarnyamakaakanmempermudahsiswatersebutdalammenyerapmenerimamengaturdanmengolahinformasi(pesanpembelajaran)sehinggaakanmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Fasilitasbelajaryangmemadaiakandapatmenumbuhkandayaimajinasisiswauntukberkreasidanmembuatprosespembelajarnakanberjalandenganlancerteraturdannyamansertadapatmenghadapiperkembanganteknologi.Denganadanyafasilitasbelajaryangmemadaidansesuaidengankebutuhandanperkembangansiswamakadapatmencarikonsepmemunbuhkandanmeningkatkankemampuannyasertakecakapanhidup.Tentunyasiswaharusmemanfaatkanfasilitasbelajaryangadadirumahsekolahdanmasyarakatdenganbaikagardapatmembantumeningkatkanhasilbelajarnya.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkorelasional.PopulasinyaadalahsiswakelasXIIPSSMAIslamKepanjenyangberjumlah114dalampenelitianinidiambilsampelsebanyak53siswatehnikpengambilansampeladalahproportionalrandomsampling.Instrumenyangdipakaidalampenelitianiniadalahangket/kuesioner.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisisstatistikdeskriptifdananalisisstatistikinferensial.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdiketahuibahwagayabelajarmempunyaipengaruhyangpositifterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomidiSMAIslamKepanjensebesar219%.Halinidapatdilihatdarithitung2138lebihbesardarittabel2000.FasilitasbelajarsiswamempunyaipengaruhyangpositifterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomidiSMAIslamKepanjensebesar325%.Halinidapatdilihatdarithitung3042lebihbesardarittabel2000.Secarasimultangayabelajar(learningstyle)danfasilitasbelajarsiswaberpengaruhterhadaphasilbelajarsebesar545%dansisanyadipengaruhiolehvariabellainyangtidakditelitidalampenelitianini.HalinijugadapatdilihatdarinilaiFhitung29975lebihbesardariFtabel163.