Pengaruh hasil belajar mata pelajaran ekonomi dan status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa kelas X SMAN 5 Malang / Dewi Purnomo Wulan

Main Author: Wulan, Dewi Purnomo
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/41868/
Daftar Isi:
  • Gelombangglobalisasisedangmenerpaseluruhaspekkehidupandanpenghidupanmanusiaperkembanganpendidikankebudayaanperdaganganmaupunkegiatanperekonomiansenantiasamengalamikemajuan.Seiringdenganperkembangantersebutkebutuhanmanusiajugamengalamipeningkatanbaiksecarakualitasmaupunkuantitas.Kebutuhanyangcukupbanyakseringmembuatmanusiasulituntukmenentukanmanayangseharusnyadiprioritaskanjikamemungkinkanakanmemenuhikeinginannyapadawaktuyangbersamaan.Ekonomiadalahilmuyangberusahamenjawabpersoalanalokasisumber-sumberyanglangkagunamenghasilkankomoditasuntukmemenuhikebutuhanmasyarakat.Ilmuekonomiberusahamenerangkanbagaimanamanusiayangmempunyaikehendakbebasmampudiikatolehhukum-hukumekonomiataudengankatalaindisebutrasionaldalamekonomiyaknisuatutujuandicapaidengansaranase-efisienmungkin.Disadarisepenuhnyabahwapendidikanekonomidisekolahdilihatdarisisibahanajarnyastrategipembelajarannyamaupunevaluasipencapaiantujuannyasedikitsekaliyangmengarahpadapembentukansikapuntukmenjadikanpesertadidiksebagaipelakuekonomiyangefektifdanefisien.Meskipundemikiandenganmelihatkenyataanbahwapendidikanekonomidisekolahkurangmemberikantekananpadapembentukandanpengembangansikappositifsebagaimanusiaekonomiyangefektifdanefisien.Anggapanyangdemikiantidaksemuanyabenar.Diperlukanpengembanganpendidikanekonomidilingkungankeluargauntukmeningkatkanintensitasnya.Disadariatautidakdalamhidupkesehariandilingkungankeluargapadadasarnyaberlangsungprosespembelajarandarikepalakeluargaterhadapanak-anaknyatentangberbagaihalyangterkaitdenganaktivitaskehidupanrumahtanggatermasukaktivitasekonomi.BerdasarkanlatarbelakangpermasalahantersebutdiatasmakamasalahyangdibahasyaituBagaimanapengaruhhasilbelajarmatapelajaranekonomidanstatussosialekonomiorangtuaterhadaprasionalitasekonomisiswakelasXSMAN5MalangDalampengumpulandatapenelitianinimenggunakanmetodeangketdandokumentasiuntuknilaihariansiswa.PopulasidalampenelitianiniadalahsemuasiswakelasXdiSMAN5Malangyangberjumlah337siswa.Dalampenelitianinipenelitimengambil21%darikeseluruhanpopulasisebanyak71responden.Sedangkanpengambilansampeldalampenelitianinimenggunakanteknikpurposivesampledimanapenelitimengambilsampelkelasyangmemilikikemampuanrata-ratauntukmatapelajaranekonomi.DarihasilpenelitianditunjukkanbahwahasilbelajarmatapelajaranekonomimempengaruhiterhadaprasionalitasekonomisiswakelasXdiSMAN5sebesar3549dengantingkatsignifikansit0001