Pengaruh hasil belajar mata pelajaran ekonomi dan status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa kelas X SMAN 5 Malang / Dewi Purnomo Wulan
Main Author: | Wulan, Dewi Purnomo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/41868/ |
Daftar Isi:
- Gelombangglobalisasisedangmenerpaseluruhaspekkehidupandanpenghidupanmanusiaperkembanganpendidikankebudayaanperdaganganmaupunkegiatanperekonomiansenantiasamengalamikemajuan.Seiringdenganperkembangantersebutkebutuhanmanusiajugamengalamipeningkatanbaiksecarakualitasmaupunkuantitas.Kebutuhanyangcukupbanyakseringmembuatmanusiasulituntukmenentukanmanayangseharusnyadiprioritaskanjikamemungkinkanakanmemenuhikeinginannyapadawaktuyangbersamaan.Ekonomiadalahilmuyangberusahamenjawabpersoalanalokasisumber-sumberyanglangkagunamenghasilkankomoditasuntukmemenuhikebutuhanmasyarakat.Ilmuekonomiberusahamenerangkanbagaimanamanusiayangmempunyaikehendakbebasmampudiikatolehhukum-hukumekonomiataudengankatalaindisebutrasionaldalamekonomiyaknisuatutujuandicapaidengansaranase-efisienmungkin.Disadarisepenuhnyabahwapendidikanekonomidisekolahdilihatdarisisibahanajarnyastrategipembelajarannyamaupunevaluasipencapaiantujuannyasedikitsekaliyangmengarahpadapembentukansikapuntukmenjadikanpesertadidiksebagaipelakuekonomiyangefektifdanefisien.Meskipundemikiandenganmelihatkenyataanbahwapendidikanekonomidisekolahkurangmemberikantekananpadapembentukandanpengembangansikappositifsebagaimanusiaekonomiyangefektifdanefisien.Anggapanyangdemikiantidaksemuanyabenar.Diperlukanpengembanganpendidikanekonomidilingkungankeluargauntukmeningkatkanintensitasnya.Disadariatautidakdalamhidupkesehariandilingkungankeluargapadadasarnyaberlangsungprosespembelajarandarikepalakeluargaterhadapanak-anaknyatentangberbagaihalyangterkaitdenganaktivitaskehidupanrumahtanggatermasukaktivitasekonomi.BerdasarkanlatarbelakangpermasalahantersebutdiatasmakamasalahyangdibahasyaituBagaimanapengaruhhasilbelajarmatapelajaranekonomidanstatussosialekonomiorangtuaterhadaprasionalitasekonomisiswakelasXSMAN5MalangDalampengumpulandatapenelitianinimenggunakanmetodeangketdandokumentasiuntuknilaihariansiswa.PopulasidalampenelitianiniadalahsemuasiswakelasXdiSMAN5Malangyangberjumlah337siswa.Dalampenelitianinipenelitimengambil21%darikeseluruhanpopulasisebanyak71responden.Sedangkanpengambilansampeldalampenelitianinimenggunakanteknikpurposivesampledimanapenelitimengambilsampelkelasyangmemilikikemampuanrata-ratauntukmatapelajaranekonomi.DarihasilpenelitianditunjukkanbahwahasilbelajarmatapelajaranekonomimempengaruhiterhadaprasionalitasekonomisiswakelasXdiSMAN5sebesar3549dengantingkatsignifikansit0001