Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Ketersediaan Sumber Belajar di Rumah Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa MAN Babat Kabupaten Lamongan oleh Mochmad Ma'mun

Main Author: Ma'mun, Mochamad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/41850/
Daftar Isi:
  • ProsesbelajarmengajaarkanberjalandenganlancarapabilaseluruhkoponeynangberpengarudhidalamnyadidayagunakasnemaksimamlungkinuntukmencaptauijuanyangdiharapkanK.omponen-komponeynangmempengaruhpirosesbelajamrengajamreliputi1)siswayangmempunyapiotenskiecerdasanmotivasiminatbakatdanlain-lain2.)perangkatkurjkulum3)guruyangdidalamnyaterkandunkgemampuanpenguasaamnaterimetodologidanpendekatannya.4)saranadanprasarantaermasuldiidalamnyasumberbelajarsiswabaikdirumahmaupundisekolah5.)lingkungankeluargatermasuklingkungansosialbudayamasyaraksaettempadtanlingkungakneluargaS.eluruhkomponendiatassalingterkaitsatudenganlainnyasehinggasiswayangpandajiikatidakdidukungolehumbebrelajarmotivasidanlingkungankeluargayangmendukungkeberhasilanbelajasriswatidakakantercapasiecaramaksimal.TujuapnenelitianiniuntukengetahusiejauhmanapengaruhlingkungankeluargadanketerssdiaasnumberbelajadrirumahierhadapkeberhasilabnelajarsiswadiMANBabat.Analisadalampenelitianinidilakukansecaranonramdomsamplingsebanyak50respondeynangmemilikikeseragamaintelegtuaylangsamaatauhampirsamaberdasarkapnameterNEMinputantara3805sampa3i995D.engandemikiankeberhasilabnelajarsiswahanyaditentukanolehlingkungankeluargadanketersediaasnumberbelajardirumah.Pengumpuladnatadenganmemakaaingketuntukvariabelingkungankeluarga(X1)danketersediasnumberbelajardirumah(X)sertamemakamietodedokumentasiuntukvariabelkeberhasilabnelajar(Y).Analisisdatyangdigunakandalampembahasasnkripsimenggunakarnegresgiandaataumultipleregression.BerdasarkahnasilanalisisdataKoefisiendeterminas(RiSquarer)0.761menyatakabnesarnyapengaruhvariabelingkungankeluargadanketersediaansumberbelajardirumahterhadapkeberhasilasniswa.Artinyasebesa7r67Yokeberhasilabnelajarsiswaditentukanolehlingkungankeluargadanketersediaansumbebrelajardirumah.Sedangkasnisanyasebesa2r39%okeberhasiblaenlajarsiswaditentukaonlehvariabellain.NilaiF74774lebihbesardarinilaiFo.o(sz.rz)3.19)denganprobalita0s.000(lebihkecildaritarafnyata0.05).dengandemikiandapatdisimpulkanbahwahubunganantaravariabellingkungankeluarga(X1)danketersediaasnumberbelajardirumah(X2)terhadapkeberhasilabnelajarsiswa(Y)dalampersamaarnegresYi4.893-0.0021(Xr)0.00849(X2)bersifantyata.