Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Antara Yang Tinggal di Dalam Pondok Pesantren dan di Luar Pondon Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Kabupaten Pamekasan (Studi di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Kabupaten Pamekasan oleh Moh. Luthfi

Main Author: Luthfi, Moh.
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/41849/
Daftar Isi:
  • Dalamupayameningkatkanprestasibelajarsiswaadabebcrapafrktoryangdapatmempengaruhdianharus.diperhatikanbaikfahorinternmaupuniitoteltteFaktorprestasibelajaryangperludiperhatikanjupselainlingkungankeluargasekolatrdanmasyankatadalahlingkunganpondok-.p.ittiygmJrupakantempattinggaldantempatbelajarparasantri(siswa)ifir-uasuuntunternpattinggalparasanti(siswa)sederhan4merckatidurtanpakasursertatanpamejahusigntukbelajardandalamsatukamaxdihunibcberapasantrisehinggadibututrkankcsabarandalambelajarPanelitianinibertujuanuntuk(1)mengetatrutiingkatpresAsibelajarsiswayangtinggaldidalamPondokPesanenDarutUlumdiIVfadrasaAhliyahOaruti-ltumSayuayarKabupatenPamekasan(.2)mengeAhuitingkatprestasibelajarsiswayangtlnggaldiluarPondokPesantrenDarululumdiMadrasattAliiahDarulUtumganyuanyarKabupatenPamekasan(.3)mengerahuipertedaaprestasibelajarsiswaanarayangtinggaldidalamPondokPesantrenAaoyungtinggaldiluarPondokPesantrenDarulUlumdiMadrasahAliyahDarulUlumBanyuanyarKabupatenPamekasan.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswaMadrasahAliyaharulUlumBanyuanyarKabupatenPamekasankelasIkelasIIdankelasIIIsemesteIrtahunpelajaran20c/21200s3ebanyak783siswa.Sampelsiswayangtnggaldipondokpesantensebesar10%darijumlatrpopulasisebanyak]f3siswasedangkansiswayangtinggaldiluarpondokpesantensebanyak71siswakarenakurangdafi100(seratus)makadiambilsernua.Teknikpengumpulandatayangdilakukandalampenelitianinimenggunakandokumentasiinterviewdanobservasi.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaprestasibelajarsiswayengertempattinggatdidalampondokpesantrendarisampelyangadaterdapatnilaitenendahl15dantertinggr152dcnganr3itz-ratal3s7zprestasbielajarsiswayangbertempatingpldiluarpondokpesantrendaripopulasiyangadaterdapetnilaitenendah106dantertinggi150denganratarata13I04danterdapatperbe.daapnrestasibelajaryangsigrifikanantarasiswayangbertempattingpldidalampondokpesantrendansiswayangbertempattinggaldiluarpordokpesantrenH.alinitcrbuktidarihasilanalisisyangdipcrolehyaitunilait51289paaatarafsignifikansi5%lebihbesardibandingkandengannilaituur167.dsridatatersebumtenunjukkabnahwaprestasbietajarsiswayangbertempattinggAdlIdalampondokpesantrelnebihtinggidibandingkandgengansiswayangtinggaldIluarpondokpesantren.Berdasarkahnasilpenelitianmakadapatdikemukakaknesimpulansebagabirikut(l)prestasyiangbertempattinggaldidalampondokpesantenmemlunyaniilaitenendahI15dantertinggi152denganrata-rata13572.(2)prestasyiangbertempattingpldiluarpondokpesantremncmpunyaniilaiienenOaffOreOantertinggi150denganrata-rata13104(.3)terdapapteedaanprestasbielajarantarasiswayangdidalamdandiyangdiluarpondopesnten.karenanilaitunng2892lebihbesardibandingkadnengannilaiourf10Z.Saranyandapatdisampaikadnarihasilpenelitiurinisebapiberikut(l)anakdidiiagarteUitrgiatlagidalambelajardanberusahmaemperdalamilmupengctahuadnanmempergunakawnaktuyangadauntukkegiatankegratayanngdapatmeningkatkapnrestasbielajardenganmengikutjiam-jamtambahaynangsuaante4aAiAdisekotatUsertamenaatitatatcrtibyangberlaku_badikiykolahmaupundipondokpesanfendemikebaikanbenama(.2)pendidikaslrfgbittmemperhatikapnritibelajaranakdidikbaikyangbertempattinggaldidatampondkpesantenmarpunyaogbertempattinggaldiluarpondokpesanfiendanmemilihmetodeyangiesuaideng4nmateriyangakandiberikankepadaanakidikagarodattdipahamisertamemberikaknajianyanglebihintensifkcpadasiswayangtinggaldiluarpondokpesantenterutanamatapelajaranmuatanmU(i.UugoagarminyediakansaranadanprasaranyaangmemadadiemiketancarapnrosesbelajarmengajardanmeningkatkapnengelolaadnanpembinaaLnrhadapguru-gurudalamkegiatanprosesbelajarmengajaargarsiswamemperolephrestasyiangsemakinbaik.