Penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMPN 1 Kras Kediri / Umi Zuraida Irmawati
Main Author: | Irmawati, Umi Zuraida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/41841/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHartatikSri.2008.ImplementasiFungsiManajemendiSekolah(SuatuStudiMultiKasusdiSMKNegeriPasiriandanSMANegeriLumajang).TesisProgramStudiManajemenPendidikan.ProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.HendyatSoetopoM.Pd.(2)Prof.Dr.Salladien.KataKunciimplementasifungsimanajemenTujuannegaradalamrangkauntukmencerdaskankehidupanbangsasepertiyangtertuangdalamPembukaanUndang-UndangdasarNegera1945perluadanyapartisipasimasyarakatdalampendidikanterbuktidenganadanyakeikutsertaanmasyarakatdalampembiayaanpendidikanhalinidapatdilihatbanyakberdirisekolah-sekolahswastamulaidariTamanKanak-KanaksampaiPerguruanTinggi.SMKNegeriPasirianmerupakansekolahyangbaruberdiridiusiaempattahunSMKnegeriPasiriansudahmenunjukkanperkembanganyangsangatbagusbaikdilihatdarijumlahsiswamaupunperkembangansaranadanprasaranayangdimilikisebagaipenunjangkegiatanbelajarmengajarsedangakansekolahlainyangsebayamengalamikesulitandalamhalmendapatkansiswa.SMANegeri2Lumajangyangmerupakansekolahunggulterpadumemilikikualitaslulusanyangcukupbaikdanparalulusannyabanyakyangditerimadiperguruantingginegeri.Untukituperluditelitibagaimanakepalasekolahmengimplementasikanfungsimanajemendanmengapasekolahitubisaberkembang.Fokuspenelitianiniadalahimplementasifungsi-fungsimanajemendiSMKNegeriPasiriandanSMANegeri2Lumajangdenganrincianfokus(1)PerencanaankepalaSMKNegeriPasiriandanKepalaSMANegeri2Lumajang(2)PengorganisasiandstLokasipenelitianinidiSMKNegeriPasirianmerupakansekolahyangbaruberdiridanSMANegeri2LumajangyangmerupakansekolahunggulterpadudikabupatenLumajang.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganstudimultikasus.Teknikpengumpulandatanyadilakukandengantigacarayaitu(1)observasiperanserta(2)wawancaramendalamdan(3)studidokumentasi.Pemilihaninformanpenelitianinimenggunakantekniksnowballsampling.Datayangterkumpuldianalisissecaradiskriptifdenganalur(1)reduksidata(2)penyajiandatadan(3)penarikankesimpulan.Agarmemperolehkeabsahandatadilakukandengantigakriteria(1)kredibilitas(2)dependabilitasdan(3)konfirmabilitas.Darihasilanalisisdatadapatdiperolehtemuan-temuanhipotesissebagaiberikut(a)Perencanaanuntukpengembangansekolahperludilakukanbeberapatahap(b)untukmenstrukturproseskerjasamadisekolahperluadanyapengorganisasian(c)untukmencapaitujuanpendidikandisekolahdiperlukanpenggerakankerjasamastafdanguru(d)agarperencanaanyangdibuatdapatdilaksanakandengansebaik-baiknyaperluadanyapengawasansecaramenyeluruhdan(e)pengembangansekolahdapatdilaksanakanmelaluipengembanganfisikdanpengembangannonfisik.Berdasarkantemuanpenelitianiniagarsekolahdapatberkembangdengansebaik-baiknyamakadisarankankepadakepalasekolah(1)dalampembuatanperencanaanhendaknyatidakhanyamelibatkanstaftetapimelibatkanseluruhwargasekolahagarsemuawargasekolahdapatbelajardantahubagaimanamembuatperencanaanuntukmengembangkansekolahsehinggaadaregenerasistafdisekolahbilasewaktu-waktustafdiangkatsebagaikepalasekolahadayangmenggantikannya(2)dalampengorganisasianyangmenyangkutpenyusunanstrukturorganisasiperluadanyaperputaranjabatandaristafataupetugaslainagarsemuastafataugurudapatmemahamikeseluruhantugaspendidikandisekolah(3)dalammenggerakkanstafataugurudalamhalmemberikanpengarahanataubimbinganhendaknyadisesuaikandengankemampuanakademiknya(4)pengendalianataupengawasanhendaknyadilakukansecaraterusmenerus(5)pengembangannonfisikyangberupapeningkatansumberdayaguruperludiikutiadanyapeningkatankesejahteraan.