Manajemen integrated learning studi kasus di SMPIT Al-Hikmah Bence Garum Blitar / Eko Budi Santoso

Main Author: Eko Budi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/4146/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSantosoEkoBudi.2009.ManajemenIntegratedLearningStudiKasusdiSMPITAl-HikmahBenceGarumBlitar.SkripsiJurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BambangBudiWiyonoM.Pd(II)Drs.H.SultoniM.PdKatakuncimanajemenpembelajaranintegratedlearningPembelajaranyangberpolaintegratedlearningmerupakanmodelpembelajaranyangmemadukanintegratedcurriculumdanintegratedactivitydenganmamdukanaktivitassekolahibadahdanbelajaryangdikemasdalamkurikulumterpadu.PembelajaraninidilkukanolehSekolahMenengahPertamaIslamTerpadu(SMPIT)Al-HikmahBenceBlitardengantujuan(1)membentukwadahpendidikanintegralsehinggalahirgenerasi-generasiyangungguldarisegiintelektualmentalspiritualdanlifeskills(2)membentukkepribadianIslami(syakhsyiyahislamiyah)dalamkehidupansehari-hari(3)memilikisemangatkemampuandandayapikirdalampengembanganilmupengetahuamdanteknologiserta(4)memilikiwawasansecaraglobal.Berdasarkaninformasitersebutmakadilakukansuatupenelitianuntukmengetahuimanajemenintegratedlearningdenganfokussertatujuandiantaranyatentang(1)perencanaan(2)pengorganisasian(3)pelaksanaan(4)penilaian(5)faktor-faktorpenghambatdanupayamengatasinyadan(6)faktor-faktorpendukungbesertapemanfaatannya.Penelitianinidilakukandenganpendekatankualitatifyaitusuatuprosedurpenelitianyangmencobamemperolehgambaranyangmendalammemandangperistiwasecarakeseluruhandalamkonteksnyadanmencobamemperolehpemahamanyangholistikdenganmemahamimaknadanmemandanghasilpenelitiansebagaispekulatif.JenispenelitianiniadalahstudikasusdenganobjekSMPITAl-HikmahyangberalamatkandiJalanAsngaridesaBencekecamatanGarumkabupatenBlitar.DalampenelitianinipenelitisendiriyangberperansebagaiinstrumenkuncidengansubjekpenelitianadalahkepalasekolahwakilkepalakurikulumgurusiswadanorangtuasiswaSMPITAl-Hikmah.Sumberdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahinformasiyangdisampaikanolehsubjekpenelitianpadasaatwawancaratindakanyangdilakukanolehsubjekpenelitiandandokumenyangberkaitandenganintegratedlearning.Datayangdiperolehdianalisisselamapengumpulandatadansetelahpengumpulandata.Padasaatpengumpulandatapenelitimelakukanpengumpulandanpengorganisasiandatadansetelahpengumpulandatayangdilakukanpenelitiadalahmengklasifikasidatamenyaringdatasertamenarikkesimpulan.Datayangtelahdianalisiskemudiandicekkeabsahannyadenganmenggunakanempatkriteriayaitu(1)kredibilitasataukepercayaan(2)dependabilitasataukebergantungan(3)konfirmabilitasataukepastiandan(4)transferabilitasatauketeralihan.Dalammengecekkeabsahandatapenelitimenggunakanbeberapateknikyaitu(1)ketekunanpengamatandenganobservasi(2)triangulasidenganmencocokanhasiltemuandenganmasing-masinginforman(3)pemeriksaansejawatmelaluidiskusidenganrekan-rekanyangmempunyaipengetahuandalambidangmanajemenpendidikan(4)pengecekananggotadenganmelakukanreviewterhadapinformasiyangtelahdiperolehkepadainformandan(5)kecukupanreferensialberupamerujukteori-teoridarisumber-sumberyangterkaitdenganpennelitian.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaintegratedlearningdiSMPITAl-Hikmahmerupakanperpaduanantaraaktifitasbelajardanberibadahdisekolahyangdikemasdalamkurikulumterpadu.ManajemenintegratedlearningdiSMPITAl-Hikmahmeliputitahapan-tahapanyaituperencanaanpengorganisasianpelaksanaandanpenilaian.Perencanaanpembelajarandilakukanolehtimyangterdiriataskepalasekolahdanguru.Adapunperencanaanyangdisusunmeliputiempathalyaitu(1)menetapkantujuandantarget(2)merumuskanstrategi(3)menentukansumber-sumberdayadan(4)menetapkanstandaratauindikatorkeberhasilandalampencapaiantujuandantarget.Sedangkanpengorganisasiannyameliputitigatahapanyaitu(1)merusmuskandanmenetapkantugas(2)penataantempatalatdanmediadan(3)penempatansiswa.Kegiatanpengintegrasianaktivitasbelajardanberibadahdisekolahteletakpadatahappelaksanaanpembelajaranyangterdiridari(1)pelaksanaanaktivitaspendahuluanberupaaktivitaspenyambutansiswadankegitanshalatduhaberjamaahyangdisertaitilawahAlQuran(2)pelaksanaankegiatanintiyangmerupakanpengintegrasianaktivitasbelajardanberibadahdenganmenggunakanmetode-metodependidikanyangterdiridaripendidikanketeladananpendidikandenganpembiasaanpendidikanpembiasaannasehatpendidikanperhatiandanpendidikandenganmemberihukuman(3)pelaksanaankegiatanpenutupdisekolahberupaaktivitasshalatAsharberjamaahyangdisertaidoabersama.Sedangkantahapanprosespenilaiannyayaitu(1)mengevaluasikeberhasilandalammencapaitujuandantarget(2)mengambillangkahklasifikasidankoreksiataspenyimpanganyangmungkinterjadidan(3)melaksanakanberbagaialternatifsolusiatasberbagaimasalahyangterkaittujuandantarget.Sekolahinidalammelaksanakanpembelajaranmemilikibeberapafaktorpenghambatantaralain(1)kurangnyasaranadanprasaranasekolah(2)minimnyajumlahguru(3)tingkatkepedulianorangtuasiswaterhadappendidikananaknyayangmasihrendahdan(4)belumadanyacampurtangandaripihakpemerintahdikarenakansekolahinibelumlamaberdiridanmasihdalamtahappengembangan.Adapunfaktor-faktorpendukungnyayaitu(1)meilikikerjasamayangbaikdenganlembagapendidikanlainkhususnyalembagapendidikanyangberadadibawahnaunganLembagaIslamTerpadu(LPIT)Al-Hikmah(2)lokasisekolahberadajauhdarikeramaiandanberadadilingkunganmasyarakatyangbernuansaIslami(3)melilikifasilitastransportasisekolahsendiriberupamobilantarjemputsiswayangdapatmemudahkanpelaksanaanpembelajaransesuaiwaktuyangditentukandan(4)adanyaasramaguruyangberadadilingkungansekolahsehinggadapatmemudahkanguru-gurumenjalinkomunikasidalammengambangkanpengajaranmaupunbertukarinformasimengenaiperkembangansiswa.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanbagi(1)bagikepalasekolahagarperbaikandanpenyempurnaandalampelaksanaanintegratedlearningsebaiknyaterusdilakukanseiringdenganperkembangandanperubahandalamduniapendidikannasional(2)bagigurupengajardiharapkandapatdenganselalumeningkatkanwawasandankemampuandalampembelajaranintegratedlearning(3)bagiJurusanAdministrasidiharapkanjurusanlebihbanyaklagimengkajitentangmenajemenintegratedlearningsebagaipendalamandalamilmumanajemenpendidikandan(4)bagipenelitilaindiharapkandapatmengembangkanpenelitianinidenganmetodeyanglainsehinggadapatmenambahdanmengembangkankajianilmiahyangada.