Analisis strategi pengusaha sandal spon dalam mengembangkan usaha (studi kasus pada sentra industri sandal spon di Desa Toyomarto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang) / Lisa Kartika Sari

Main Author: Sari, Lisa Kartika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/41453/
Daftar Isi:
  • SariLisaKartika.2013.AnalisisStrategiPengusahaSandalSpondalamMengembangkanUsaha(StudiKasuspadaSentraIndustriSandalSpondiDesaToyomartoKecamatanSingosariKabupatenMalang).SkripsiJurusanEkonomiPembangunanProgramStudiEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BambangPranowoS.E.M.Pd.Ak(II)GrisviaAgustinS.E.M.Sc.KataKunciIndustriKecilStrategiPengembanganIndustrikecilmempunyaiperanyangstrategisdalampembangunanekonomiIndonesia.Industrikeciltersebutmemilikiperananyangcukupbesardalampetumbuhanekonomipenyerapantenagakerjapenyediaanbarangdanjasamurahsertapenanggulangankemiskinan.KabupatenMalangmemilikiberbagaipotensiindustriumumnyapotensiyangterdapatdiKabupatenMalangmerupakanindustrikerajinanberskalakecildanmenengah.SalahsatupotensiindustrikerajinaniniadalahIndustriSandalSpondiDesaToyomartoKecamatanSingosari.Akantetapipengusahasandaldalammengembangkanusahanyamengalamikesulitandalamhalpermodalanpemasarancuacateknologi.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdeskriptif.Dengandemikianapayangdimaksuddalampenelitianiniadalahuntukmendeskripsikandatasecaraobjektifterhadapkondisiusahakesulitanyangdialamipengusahastrategipengembanganyangdigunakanpengusahadankelemahanstrategipengembanganyangterangkumdalamrumusanmasalah.Metodekualitatifyangdimulaidengandisplaydatamelakukanreduksidatadanmembuatrangkumanintisertatahapterakhirdisajikansecaradeskriptifmengenaifakta-faktayangadadilapangandenganmelakukanverifikasidata.HasilPenelitianmenunjukkanbahwaparapengusahamengalamikesulitandalammengembangkanusahanyadalamhalpermodalanataupembiayaanproduksiadanyapenjiplakanmodelsandalolehsesamapengrajinfaktorcuacasertakendaladalammemasarkanproduknya.Disampingitupengusahamelakukanupaya-upayadalammempertahankanusahanyadenganmencipakaninovasi-inovasidesainmenjagakualitasbahanbakudanmemeliharapelanggan.Dalamhalinipengusahajugamempunyaistrategidalammengembangkanusahanyayangdibagidalamtigamodelyaknistrategipengembanganprodukstrategibertahandanstrategipemasaran.Pengusahasandalsponjugamempunyaikelemahandalammenjalankanstrategipengembangandiantarnyaadanyapersaingansesamapengrajinjaminanyangdisyaratkanbankperebutanwilayahpemasarandanpersainganhargadipasaran.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanbahwapengusahaharusmeningkatkankreatifitasdalammelakukaninovasikarenadenganhaltersebutmerekaakanmampumengembangkanusahanya.BegitupulaperanpemerintahharusmampumemberikanperhatianterhadappengembangansektorUKM.