Analisis efektivitas pajak reklame dalam meningkatkan pendapatan asli daerah Kota Malang tahun 2007-2011 / Dimas Aditya Pratama Ghozali

Main Author: Ghozali, Dimas Aditya Pratama
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/41435/
Daftar Isi:
  • GhozaliDimasAdityaPratama.2012.AnalisisRealisasiPenerimaanPajakReklamedalamPendapatanAsliDaerahKotaMalangTahun2007-2011.Skripsi.JurusanEkonomiPembangunan.ProgramStudiS1EkonomidanStudiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.ImamMukhlisS.E.M.Si(II)Dr.SugengHadiUtomoM.ecKataKunciPajakReklamePendapatanAsliDaerahPenerimaanDaerahPajakmerupakansumberpendapatanaslidaerah(PAD).SalahsatupajakyangberpotensidalammeningkatkanPendapatanadalahpajakreklame.PeranPendapatanAsliDaerah(PAD)sangatpentingsebagaisumberpembiayaanpemerintahdaerahkarenamerupakantolakukurdalampelaksanaanotonomidaerah.Upaya-upayayangdilakukanDispendakotaMalangadalahmengurangiadanyareklameillegaldanmeningkatkantargetdanrealisasipenerimaanpajakreklamesetiaptahunnya.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanaperkembanganpenerimaanpajakreklamedalampendapatanaslidaerahkotaMalangdanbagaimanaupayauntukmeningkatkanpenerimaanpajakreklamedalampendapatanaslidaerahdikotaMalang.Penelitianiniperiodetahun2007-2011.Metodepenelitianyangdigunakanadalahstudipustakadanstudilapangandenganmelakukanwawancaradandokumentasiyaitudenganmengumpulkandokumensebagaisumberinformasiyangakanditeliti.Dalamhalinidokumenyangdiperlukandalampenelitianiniadalahinformasimengenaipajakreklamedanpendapatanaslidaerah.Analisisdatadidalampenelitianiniadalahkualitatifdilakukanbersamaandenganprosespengumpulandata.Dalampenelitiankualitatifanalisisdatadilakukanselamadansetelahpengumpulandata.Pengolahandatadalampenelitianinidilakukandengan4tahapPengumpulandataReduksidataSajiandatadanKesimpulanatauverifikasidata.Hasildaripenelitianiniadalahmenunjukanbahwarealisasipenerimaanpajakreklameperiodetahun2007-2010menunjukkanmengalamikenaikantargettetapipadatahun2011mengalamipenurunandaritargetyangditetapkandikarenakanterbitnyaPerda16Tahun2010UU28tahun2009.TetapidilihatdarianggaranpendapatanaslidaerahkotaMalangperiodetahun2007-2011diketahuibahwasetiaptahunnyarealisasimeningkatdarijumlahyangditargetkandikarenakanPajakReklamebukanpajakunggulandiKotaMalangsehinggasamasekalitidakterlaluberpengaruhdenganPendapatanAsliDaerahkarenamasihbisaditutupidenganpemasukandarisektorpajaklainnya.iiBerdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankanBagiPemerintahyaituPemerintahDaerahKotaMalangSebaiknyalebihmempermudahpengurusanijinpendaftaranreklamesehinggaparawajibpajakbisalebihmudahmelaksanakankewajibannyayaitumembayarpajakreklamedansebaiknyapemerintahkotaMalangmeminimalisirreklameilegalagartidakmengurangikeindahankotaMalangBagiparawajibpajakyaituDiharapkanlebihpatuhlagipadaperaturansehinggatidakmengurangikeindahankotadanlebihmeningkatkankesadaranakanmembayarpajaksehinggatidakmengurangipendapatanpemerintahdaerah.BagiMasyarakatyaituDiharapkanlebihaktiflagidalammenyikapireklameyangmenyalahiijinsehinggadapatmelaporkankepadadinasterkaitagarditindaklanjutisehinggatidakmengurangipendapatanPemerintahDaerahdanjugaagarlebihmemberikanwacanatentangPajakReklamediKotaMalang.