Analisis strategi pengusaha tempe Sanan dalam mengembangkan usaha (Studi kasus pada pengrajin tempe di Sanan Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing, Kota Malang) / Bobby Krisna Dwicahyo

Main Author: Dwicahyo, Bobby Krisna
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/41385/
Daftar Isi:
  • KataKunciKondisiUsahaStrategiPengusahaDalammengatasimasalahkemiskinandanpengangguranUKMdankoperasimampumemberikankontribusiyangbesarbagiKotaMalangmaupunIndonesiapadaumumnyasalahsatunyaadalahmelaluiSentraUKMtempedankeripiktempe.Permasalahansaatiniadalahadanyamonopoliperdaganganyangdilakukanolehprodusenhilir(produsenyanghanyamenjualprodukkeripiksaja)terhadapprodusenhulu(produsenyangmelakukanprosesproduksidariawalhinggaakhir).Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdeskriptif.Dengandemikianpenelitianiniuntukmendeskripsikandatasecaraobjektifterhadapkondisiusahapotensisentrausahadanstrategipengusahadalammengembangkanindustrikeripiktempe.Penelitianinimenggunakan7informanyaituPakAzhariIbuRokhanaPakSentotPakMuhammadAliPakRudyPakNasikanIbuHalimah.Metodepengumpulandatamenggunakanobservasiwawancaradandokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapengusahakecilsentrausahakeripiktempediKelurahanPurwantoromengalamikesulitanpadakurangnyaketerampilandalampembukuanpemasarandanmodal.Disampingitupengusahamelakukanupaya-upayadalammempertahankanusahanyadenganmenciptakaninovasiprodukmenawarkanmutuyanglebihbaikdanmemeliharapelanggansertameningkatkanpelayanan.Strategipengusahadiklasifikasikanmenjaditigamodelyaknistrategipengembanganprodukstrategibertahandanstrategipemasaran.Untukmendukungdarisemuaupaya-upayamempertahankandanmengembangkanusahapengusahadianjurkanuntukmeningkatkankerjasamadiantarapengusahalainnya.Begitupulaperanpemerintahsangatdibutuhkanparapengusahadalamrangkamengembangkanusaha.Danhasilskripsiinibisadigunakansebagaiinformasidalamupayauntukmengembangkanusaha.