Pengaruh prestasi akademik mahasiswa program studi pendidikan ekonomi terhadap kemampuan mengajar dalam praktik pengalaman lapangan (PPL) di Sekolah Menengah Atas Negeri se-kota Malang / Gungsu Anika

Main Author: Anika, Gungsu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/41379/
Daftar Isi:
  • KataKunciprestasiakademikkemampuanmengajarPPLTujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhprestasiakademikmahasiswaProgramStudiPendidikanEkonomiterhadapkemampuanmengajardalamPraktikPengalamanLapangan(PPL).PenelitianinimenggunakanmetodepenelitiankuantitatifdanrancanganpenelitianiniberupaEksplanatoryResearch.Variabelbebasdalampenelitianiniadalahprestasiakademikmahasiswaprogramstudipendidikanekonomisedangkanvariabelterikatnyaadalahkemampuanmengajar.Instrumendalampenelitianiniadalahclosedquestionaredanmenggunakanskalalikertdenganlimaalternatifjawaban.Penelitianinimerupakanpenelitianpopulasiyangmengambil27respondendenganteknikanalisisregresiberganda.Hasilpenelitianiniadalah(1)TerdapatpengaruhyangsignifikanantaravariabelprestasiakademikMKK(X1)terhadapkemampuanmengajar.DilihatdarisignifikansivariabelX1sebesar0.0160.05(2)TerdapatpengaruhyangsignifikanantaravariabelprestasiakademikMPK(X2)terhadapkemampuanmengajar.DilihatdarisignifikansivariabelX1sebesar0.0060.05(3).TerdapatpengaruhyangsignifikanantaravariabelprestasiakademikMKB(X3)terhadapkemampuanmengajar.DilihatdarisignifikansivariabelX1sebesar0.0000.05(4)HasilujiregresigandaantaraprestasiakademikMPKprestasiakademikMKKdanprestasiakademikMKBmahasiswapendidikanekonomisecarasimultanterhadapkemampuanmengajardalamPPLdiketahuinilaikorelasiMPK0.525nilaikorelasiMKK0.406dannilaikorelasiMKB0.980nilaisigF0.0000.05.makadapatdisimpulkanbahwaHodalampenelitianinitidakditerimadanHaditerima.DengandemikianperubahanvariabelX1(prestasiakademikMPK)X2(prestasiakademikMKK)X3(prestasiakademikMKB)secarasimultanberpengaruhterhadapperubahanY(KemampuanMengajar).Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwa(1)TerdapatpengaruhyangpalingrendahantaraprestasiakademikMPKmahasiswapendidikanekonomiterhadapkemampuanmengajardalamPPL(2)TerdapatpengaruhyangsignifikanantaraprestasiakademikMKKmahasiswapendidikanekonomiterhadapkemampuanmengajardalamPPL(3)TerdapatpengaruhantaraprestasiakademikMKBmahasiswapendidikanekonomiterhadapkemampuanmengajardalamPPL(4)PrestasiakademikMPKprestasiakademikMKKdanprestasiakademikMKBmahasiswapendidikanekonomisecarasimultanmemilikipengaruhyangsignifikanterhadapkemampuanmengajarmahasiswadalamPPL.Adapunsaranyangdapatdisampaikanpenulisadalahsebagaiberikut(1)BagipihakyangakanmengadakanpenelitiansejenisdisarankanagarmenambahkaninstrumentuntukvaribelMPK.MengingatMPKdalampenelitianinimemilikipengaruhyangpalingrendahdibandingkanvariabellain(2)MahasiswapendidikanekonomidiharapkandapatmempersiapkandiridalampelaksanaanPPLdisekolahdengancaralebihmengoptimalkanpemahamantentangmateriMKKdankegiatanPPLI(dikampus)sebagaipersiapanPPLIIdisekolah(3)DiharapkanmemberipembekalanyanglebihmatangkepadasemuamahasiswayangakanmelaksanakanPPL.PembekalaninidapatberupapemberianmatakuliahyangmenyiapkantenagagurumenjadiguruprofesionalsepertipemberianMKBdan(4)BagiUnitPelaksanaTeknis(UPTPPL)diharapkanagarkegiatanPPLbaikPPLImaupunPPLIIdiperketatpelaksanaannya.Agarlebihmatangdalammempraktikkankemampuanmengajar.