Analisis strategi pengusaha rotan dalam mengembangkan usaha: studi kasus pada industri rotan di Kelurahan Balearjosari Kecamatan Blimbing Kota Malang / David Nugroho
Main Author: | Nugroho, David |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/41307/ |
Daftar Isi:
- KatakunciKondisiUsahaStrategiPengusahaBerdasarkandatayangterdapatdiDisperindagkopKotamalang.Jumlahpengrajinrotansecarakeseluruhanpadatahun2000diwilayahKotaMalangsebanyak300pengusahasedangkansaatinihanyatersisakurangdariseperempatnyasajasekitar35pengusaha.Banyaksekaliyangmenjadifaktorpenghambatindustrirotaniniberkembang.Salahsatunyaadalahperistiwabombalipadatahun2002yangmenghilangkanpotensipembelidariluarnegeriyangbiasanyamemesanhasilkerajinanrotanmelaluiBali.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdeskriptif.Dengandemikianapayangdimaksuddalampenelitianiniadalahuntukmendeskripsikandatasecaraobjektifterhadapkondisiusahapotensisentrausahadanstrategipengusahadalammengembangkanindustrikerajinanrotanyangsemuanyaterangkumdalamfokuspenelitianyaitukondisikeberlangsunganusahadanstrategipengusahadalammengembangkanusahanyametodekualitatifyangdimulaidengandisplaydatamelakukanreduksidatadanmembuatrangkumanintisertatahapterakhirdisajikansecaradeskriptifmengenaifakta-faktayangadadilapangandenganmelakukanverifikasidata.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakeadaankondisisentrausahakerajinanrotandiKelurahanBalearjosarisetelahterjadinyabomBali1dan2mengalamikemerosotanjumlahpengusahakerajinanrotanjugaterdapatpotensiyangcukupbesardalamindustrikecilpengusaharotandiKelurahanBalearjosarihaliniyangmenjadikansalahsatulatarbelakangpengusahauntukmempetahankanusahanya.Disampingitupengusahamelakukanupaya-upayadalammempertahankanusahanyadenganmencipakaninovasi-inovasidesainmenawarkanmuturotanyanglebihbaikdanjugadenganmenggunakanbantuanlembagabankdalampendukungmodal.Dalamhalinipengusahajugamempunyaistrategidalammengembangkanusahanyayangdibagidalamtigaskalayakniskalakecilmenengahdanbesar.Strategipengusahadiklasifikasikanmenjaditigamodelyaknistrategipengembanganprodukstrategibertahanstrategipemasaran.Untukmendukungdarisemuaupaya-upayamempertahankandanmengembangkanusahapengusahadianjurkanuntukmeningkatkankerjasamadiantaraparapengusahalainnya.Begitupulaperanpemerintahsangatdibutuhkanparapengusahadalarangkamengembangkanusaha.Danhasildariskripsiinibisadigunakansebagaibahanpertimbangandalamupayauntukmengembangkanusaha.