Analisis strategi pengusaha rotan dalam mengembangkan usaha: studi kasus pada industri rotan di Kelurahan Balearjosari Kecamatan Blimbing Kota Malang / David Nugroho

Main Author: Nugroho, David
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/41307/
Daftar Isi:
  • KatakunciKondisiUsahaStrategiPengusahaBerdasarkandatayangterdapatdiDisperindagkopKotamalang.Jumlahpengrajinrotansecarakeseluruhanpadatahun2000diwilayahKotaMalangsebanyak300pengusahasedangkansaatinihanyatersisakurangdariseperempatnyasajasekitar35pengusaha.Banyaksekaliyangmenjadifaktorpenghambatindustrirotaniniberkembang.Salahsatunyaadalahperistiwabombalipadatahun2002yangmenghilangkanpotensipembelidariluarnegeriyangbiasanyamemesanhasilkerajinanrotanmelaluiBali.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdeskriptif.Dengandemikianapayangdimaksuddalampenelitianiniadalahuntukmendeskripsikandatasecaraobjektifterhadapkondisiusahapotensisentrausahadanstrategipengusahadalammengembangkanindustrikerajinanrotanyangsemuanyaterangkumdalamfokuspenelitianyaitukondisikeberlangsunganusahadanstrategipengusahadalammengembangkanusahanyametodekualitatifyangdimulaidengandisplaydatamelakukanreduksidatadanmembuatrangkumanintisertatahapterakhirdisajikansecaradeskriptifmengenaifakta-faktayangadadilapangandenganmelakukanverifikasidata.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakeadaankondisisentrausahakerajinanrotandiKelurahanBalearjosarisetelahterjadinyabomBali1dan2mengalamikemerosotanjumlahpengusahakerajinanrotanjugaterdapatpotensiyangcukupbesardalamindustrikecilpengusaharotandiKelurahanBalearjosarihaliniyangmenjadikansalahsatulatarbelakangpengusahauntukmempetahankanusahanya.Disampingitupengusahamelakukanupaya-upayadalammempertahankanusahanyadenganmencipakaninovasi-inovasidesainmenawarkanmuturotanyanglebihbaikdanjugadenganmenggunakanbantuanlembagabankdalampendukungmodal.Dalamhalinipengusahajugamempunyaistrategidalammengembangkanusahanyayangdibagidalamtigaskalayakniskalakecilmenengahdanbesar.Strategipengusahadiklasifikasikanmenjaditigamodelyaknistrategipengembanganprodukstrategibertahanstrategipemasaran.Untukmendukungdarisemuaupaya-upayamempertahankandanmengembangkanusahapengusahadianjurkanuntukmeningkatkankerjasamadiantaraparapengusahalainnya.Begitupulaperanpemerintahsangatdibutuhkanparapengusahadalarangkamengembangkanusaha.Danhasildariskripsiinibisadigunakansebagaibahanpertimbangandalamupayauntukmengembangkanusaha.