Pengaruh gaya belajar siswa dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS SMA Negeri 8 Malang / Diah Agustina Risniati

Main Author: Diah Agustina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/40516/
Daftar Isi:
  • KataKunciGayaBelajarSiswaPemanfaatanTeknologiInformasiPrestasiBelajarSiswa.Siswasebagaipesertadidikyangdituntutaktifharusmampumenangkapdanmemahamisuatupelajarandengancarayangpalingefektifagarprestasibelajaryangdiperolehmemuaskan.Berkaitandenganpemahamandalamprosespembelajaransetiapsiswamemilikicarayangberbeda-bedayaknigayabelajarsiswayangdidukungdenganadanyamovingclass.SelainituadanyasignalwifidilingkunganSMANegeri8Malangmembuatsiswabisamendapatkaninformasidariberbagaisumbersalahsatunyaadalahmelaluiteknologiinformasi.Gayabelajarsiswadanpemanfaatanteknologiinformasitersebutdapatmempengaruhiprestasibelajarsiswa.Permasalahandalampenelitianiniadalahapakahgayabelajarsiswadanpemanfaatanteknologiinformasiberpengaruhterhadapprestasibelajarsiswabaiksecaraparsialmaupunsecarasimultan.PenelitianinidilakukandiSMANegeri8MalangpadabulanOktobersampaidenganNovember2010dengansubjekpenelitiansiswakelasXIIPSsejumlah103siswa.Jenispenelitianiniadalahpenelitiandeskriptifkuantitatifdaninstrumenyangdigunakanberupakuesionerdandokumentasi.Teknikanalisisdatamenggunakananalisisdatadeskriptifdaninferensial.Berdasarkanhasilanalisisdatadeskriptifdenganinstrumenyangtelahlulusujiprasyarat(validitasdanreliabilitas)diketahuibahwagayabelajarsiswakelasXIIPSdiSMANegeri8Malangtahunpelajaran2010/2011memilikigayabelajarvisualyangcukupbaikgayabelajarauditorialyangcukupbaikgayabelajarkinestetikyangcukupbaik.ArtinyasiswakelasXIIPSdiSMANegeri8Malangtahunajaran2010/2011memilikikombinasidariketigasubvariabelgayabelajarsiswayangtergolongcukupbaik.Sedangkantingkatpengenalanteknologiinformasibaikdantingkatpenerapanteknologiinformasibaik.ArtinyasiswakelasXIIPSdiSMANegeri8Malangtahunajaran2010/2011memilikikombinasidarikeduasubvariabelpemanfaatanteknologiinformasiyangtergolongbaik.Berdasarkanhasilanalisisdatainferensialyangtelahlulusujiasumsiklasik(dataterdistribusinormaldanbebasdarimultikolinearitasdanheteroskedastisitas)diketahuibahwagayabelajarsiswamemilikipengaruhyangpositifdansignifikanterhadapprestasibelajarsiswasebesar(0460)2atau02116(2116%).Terbuktidarihasilanalisisdiperolehnilaitsebesar4706dengansignifikansi0000.Pemanfaatanteknologiinformasijugamemilikipengaruhyangpositifdansignifikanterhadapprestasibelajarsiswasebesar(0328)2atau01076(1076%).Terbuktidarihasilanalisisdiperolehnilaitsebesar2.823dengansignifikansi0006.Selainitudiketahuisecarasimultanbahwagayabelajarsiswadanpemanfaatanteknologiinformasimemilikipengaruhpositifdansignifikanterhadapprestasibelajarsiswasebesar(0519)2atau0269(269%).TerbuktidarihasilanalisisdiperolehnilaiFsebesar18432dengansignifikansi0000.DarihasilanalisisdapatdisimpulkanbahwagayabelajarsiswadanpemanfaatanteknologiinformasiberpengaruhsecaraparsialdansimultanterhadapprestasibelajarsiswakelasXIIPSdiSMANegeri8Malang.Saranyangdiajukandarihasilpenelitianadalah(1)bagiUniversitasNegeriMalanghendaknyadapatmemanfaatkanhasilpenelitianinisebagaiarsipdanbahanpustakayangdapatdibacaolehmahasiswaUMbaikuntukkeperluanpenelitianatautugaskuliah(2)bagiSMANegeri8Malanghendaknyalebihmeningkatkanberbagaisaranadanmediapembelajaranyanglebihmemberikanpeluangsiswamengoptimalkangayabelajardanpemanfaatanteknologiinformasi(3)bagiguruhendaknyadalamprosespembelajaranmemperhatikangayabelajaryangdimilikisiswasebelummenerapkanmetodedanmodelpembelajaranyangefektifdanpemanfaatanteknologiinformasi(4)bagisiswahendaknyamemperhatikangayabelajaryangpalingdominandimilikinyaagardapatmengoptimalkangayabelajarnyasehinggameningkatkanprestasibelajardandibarengidenganpemanfaatanteknologiinformasiyangoptimajuga(5)bagipenelitiselanjutnyaapabilamelakukanpenelitianserupahendaknyamenggunakanvariabelindependendiluargayabelajarsiswadanpemanfaatanteknologiinformasikarenamasihadafaktorlainyanglebihmempengaruhiprestasibelajarsiswa.