Analisis efektivitas hasil belajar siswa dari penggunaan metode silih tanya dibandingkan dengan media teka-teki silang pada mata pelajaran IPS ekonomi di SMP Negeri 2 Singosari / Defi Afridah

Main Author: Defi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/40501/
Daftar Isi:
  • KatakunciEfektivitasMetodeSilihTanyaMediaTeka-tekiSilangPendidikanmemegangperananpentingdalamkehidupansuatubangsa.Pendidikanyangberkualitasbaikakanmencetakgenerasipenerusbangsayangberkualitaspula.Olehkarenaitukualitaspendidikansenantiasaharusditingkatkan.Untukmeningkatkankualitaspendidikanperluadanyapembaharuandalambidangpendidikanyangmeliputipembaharuankurikulumpeningkatankualitaspembelajarandanefektivitasmetodepembelajaran.Salahsatuupayauntukmeningkatkankualitaspendidikanadalahmetodepembelajarandikelas.Guruharusmemilihdanmenentukanmetodepembelajaranmanayangsesuaidenganmateriyangakandiajarkankepadasiswa.Kesesuaianantarametodepembelajarandenganmateriyangditerapkandiharapkandapatmembantusiswadalammemahamimateri-materitertentuagardapatmeningkatkanperanaktifsiswasehinggasiswadapattermotivasiuntukbelajardanmendapatkanhasilbelajaryangmemuaskanAdabeberapametodepembelajaranyangdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswayaitumetodesilihtanyadanmediateka-tekisilang.Dalammetodesilihtanyamengarahkansiswalebihkreatifkompetitifdankooperatifkarenadalammetodesilihtanyaterdapattugaspengajuansoalterdapatkompetisiyangbaikdanterdapatsikapsalingmembantuataukerjasama.Metodeinijugamenekankanpadapembelajaranyangmenyenangkankarenaterdapatunsurpermainandalamprosespembelajaran.Sedangkanpembelajaranmenggunakanmediateka-tekisilangmengarahkansiswalebihaktifdimanasiswadapatmenganalisismenemukanmengasahsendiripemahamannyaterhadapmateri.Siswajugadapatbekerjasamadengantemansejawatnyaapabilamengalamikesulitandalammemahamimateri.Pembelajaranmenggunakanmediateka-tekisilangdapatjugamenghilangkankebosanansiswadalambelajarselainitudapatjugasebagaiajangrefreshingsiswadalambelajar.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mengetahuihasilpembelajaranIPSekonomidenganmenggunakanmetodesilihtanyayangdilaksanakandiSMPNegeri2Singosari(2)mengetahuihasilpembelajaranIPSekonomidenganmenggunakanmediateka-tekisilangyangdilaksanakandiSMPNegeri2Singosari(3)mengetahuikeefektifanhasilpenggunaanmetodesilihtanyabiladibandingkandenganmediateka-tekisilangpadamatapelajaranIPSekonomiyangdilaksanakandiSMPNegeri2Singosari.Penelitianinimerupakanjenispenelitianeksperimensemudandeskriptif.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswaSMPNegeri2SingosarikelasVIIsemester2tahunajaran2009/2010.Sampelpenelitianterdiridari2kelompokyaitukelasVIIAsebanyak41siswadankelasVIIBsebanyak43siswa.Tiapkelasiiidibagimenjadi2kelompokyaitukelompokeksperimen1dankelompokeksperimen2.Padakelompokeksperimen1dilakukanpembelajarandenganmenggunakanmetodesilihtanya.Sedangkanpadakelompokeksperimen2dilakukanpembelajarandenganmenggunakanmediateka-tekisilang.Instrumenyangdigunakanberupateskognitif(terdiridaripretestdanpostest)lembarobservasi.Dariujicoba20soalteshasilbelajardiperolehsemuabutirsoalvalidyangdigunakandengannilaireliabilitassebesar0735.Keefektifanhasilpenggunaanmetodesilihtanyabiladibandingkandenganmediateka-tekisilangpadamatapelajaranIPSekonomidilihatdarihasilbelajarsiswadandianalisisberdasarkanstatistikuji-tduapihakdenganprobabilitas005.KeterlaksanaanpengajaranIPSekonomidenganmetodepembelajaransilihtanyadanmediateka-tekisilangdideskripsikansecarakualitatif.Hasilpenelitianyangdiperolehadalah(1)HasilpembelajaranIPSekonomidenganmenggunakanmetodesilihtanyayangdilaksanakandiSMPNegeri2Singosarimengalamipeningkatandilihatdarirata-ratahasilbelajarsebesar5643menjadi7500dandapatdilihatdariketuntasanbelajarsebelumdiberiperlakuansiswayangtidaktuntassebanyak28siswasetelahdiberiperlakuansiswayangtidaktuntashanya4siswa(2)HasilpembelajaranIPSekonomidenganmenggunakanmediateka-tekisilangyangdilaksanakandiSMPNegeri2Singosarimengalamipeningkatandilihatdarirata-ratahasilbelajarsebesar5679menjadi7155dandapatdilihatdariketuntasanbelajarsebelumdiberiperlakuansiswayangtidaktuntassebanyak30siswasetelahdiberiperlakuansiswayangtidaktuntashanya5siswa(3)Adaperbedaanhasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanmetodesilihtanyadenganhasilbelajaryangdiajarmenggunakanmediateka-tekisilang.Hasiluji-tdiperolehnilaithitungsebesar2.095sedangkanuntukttabeldengantarafsignifikansi5%sertadf82diperolehttabelsebesar1.989.Jadithitungttabel.