Pengaruh Metode Belajar Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Tegalombo Kabupaten Pacitan (Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas II Tahun Pelajaran 2002-2003) Oleh Sri Puji Lestari
Main Author: | Sri Puji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/40446/ |
Daftar Isi:
- PendidikanmempunyaiperananyangpentingdalampembangunnsuatubangsqdanupayameningkatkanmutupendidikanmerupakantanggungjawabbersamaS.alahsatuupayadalammeningkatkankualitasbelajaradalahsalahsatucarayangditempuhdenganmengupayakanpenerapanmetodeyangsesuaidengantuntutanyangberlakuagardapatmenumbuhkankeaktifansiswadalamprosesbelajarmengajagrunamencapaiprestasibelajaryangmemuaskanS.eorangguruharusdapatmemilihmetodepengajaranyangtepatagarmateripelajarandapatdenganmudahdipahamsiiswasehinggadapatmencapapirestasbielajaryangbaik.PenelitianinibertujuanuntukmengetahupirestasbielajarsiswaMadrasahAliyahMuhammadiyahTegalombodalammatapelajaranEkonomisertaperbedaanprestasbielajaryangdiperolehsiswaantarakelasyangdiajardenganmenggunakanmetodebelajarkelompokdankelasyangdiajarsecaraklasikal.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswaMadrasahAliyahMuhammadiyaThegalombotahunpelajaran2002/2003S.ampeplenelitianditetapkandenganmenggunakatneknikpurposivedenganmengambidlatasiswakelasIIAberjumlah40siswauntukkelaseksperimendankelasIIBberjumlah42siswasebagakielaskontrol.MetodepenelitianyangdigunakanadalahpenelitianeksperimentaPl.engumpulandatadenganmenggunakantestkemampuanawaldantestprestasibelajar.HasilpenelitiandianalisisdenganteknikstatistikujitdenganprogrambantuanSPSS10.0forWindows.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehkesimpulanbahwakeduakelompoksampemlemilikikemampuanawalyangtidaksama.Perbedaanprestasibelajarantarakelompokeksperimendankelompokkontrolditunjukkandenganstatistikujitdimanaujitersebutmenunjukkanbahwahasilprestasibelajarkemampuanawaldankemampuanakhiradaperbedaandenganselisihhasilsebesa0r125sehinggahasilnyasignifikanmenerimaHayangberartiadapengaruhmetodebelajarkelompokterhadapprestasibelajarsiswa.Berdasahrasilpenelitiantersebudtlsarankanbagiguru-gurupengajarmatapelajaraenkonomuigain.nggunakamnetodebelajarkelompokdalamkegiatanfeUjarmengaiu.rriden[inmateriyangdiajarkan.Metodebelajarkelompokmempunyai-karakterisytiakngrelevandenganmatapelajaranekolomlyaknilebihbanyakmelakukanlatihandanketerampilandalampembelajaranB.agiyangberminatmengadakpaennelitiansejenisagarmenambahjumlahpopulasyiangdigunakanuntukpenelitiansehinggamemperolehhasilyanglebihbaik