Pengaruh Metode Belajar Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Tegalombo Kabupaten Pacitan (Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas II Tahun Pelajaran 2002-2003) Oleh Sri Puji Lestari

Main Author: Sri Puji
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/40446/
Daftar Isi:
  • PendidikanmempunyaiperananyangpentingdalampembangunnsuatubangsqdanupayameningkatkanmutupendidikanmerupakantanggungjawabbersamaS.alahsatuupayadalammeningkatkankualitasbelajaradalahsalahsatucarayangditempuhdenganmengupayakanpenerapanmetodeyangsesuaidengantuntutanyangberlakuagardapatmenumbuhkankeaktifansiswadalamprosesbelajarmengajagrunamencapaiprestasibelajaryangmemuaskanS.eorangguruharusdapatmemilihmetodepengajaranyangtepatagarmateripelajarandapatdenganmudahdipahamsiiswasehinggadapatmencapapirestasbielajaryangbaik.PenelitianinibertujuanuntukmengetahupirestasbielajarsiswaMadrasahAliyahMuhammadiyahTegalombodalammatapelajaranEkonomisertaperbedaanprestasbielajaryangdiperolehsiswaantarakelasyangdiajardenganmenggunakanmetodebelajarkelompokdankelasyangdiajarsecaraklasikal.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswaMadrasahAliyahMuhammadiyaThegalombotahunpelajaran2002/2003S.ampeplenelitianditetapkandenganmenggunakatneknikpurposivedenganmengambidlatasiswakelasIIAberjumlah40siswauntukkelaseksperimendankelasIIBberjumlah42siswasebagakielaskontrol.MetodepenelitianyangdigunakanadalahpenelitianeksperimentaPl.engumpulandatadenganmenggunakantestkemampuanawaldantestprestasibelajar.HasilpenelitiandianalisisdenganteknikstatistikujitdenganprogrambantuanSPSS10.0forWindows.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehkesimpulanbahwakeduakelompoksampemlemilikikemampuanawalyangtidaksama.Perbedaanprestasibelajarantarakelompokeksperimendankelompokkontrolditunjukkandenganstatistikujitdimanaujitersebutmenunjukkanbahwahasilprestasibelajarkemampuanawaldankemampuanakhiradaperbedaandenganselisihhasilsebesa0r125sehinggahasilnyasignifikanmenerimaHayangberartiadapengaruhmetodebelajarkelompokterhadapprestasibelajarsiswa.Berdasahrasilpenelitiantersebudtlsarankanbagiguru-gurupengajarmatapelajaraenkonomuigain.nggunakamnetodebelajarkelompokdalamkegiatanfeUjarmengaiu.rriden[inmateriyangdiajarkan.Metodebelajarkelompokmempunyai-karakterisytiakngrelevandenganmatapelajaranekolomlyaknilebihbanyakmelakukanlatihandanketerampilandalampembelajaranB.agiyangberminatmengadakpaennelitiansejenisagarmenambahjumlahpopulasyiangdigunakanuntukpenelitiansehinggamemperolehhasilyanglebihbaik