Penerapan pendekatan salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi, masyarakat) melalui model kooperatif number heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-B SMA Tamansiswa (Taman madya) kota Malang / Andi Yustira Lestari Wahab

Main Author: Andi Yustira Lestari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/40401/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAndiYustiraLestariWahab.2010.PenerapanPendekatanSALINGTEMAS(SainsLingkunganTeknologiMasyarakat)MelaluiModelKooperatifNumberHeadsTogether(NHT)untukMeningkatkanMotifasidanHasilBelajarEkonomiSiswaKelasX-BSMATAMANSISWA(TAMANMADYA)MALANG.Pembimbing(I)Drs.Moch.IchsanSE.M.Pd.(II)FaridaRahmawatiSE.ME.Kata-katakunciSALINGTEMASNHTMotivasiBelajarHasilBelajarPadasaatiniIndonesiamenggunakankurikulumKTSPyangprinsipnyaantaralainberpusatpadapotensiperkembangankebutuhandankepentinganpesertadidikdanlingkunganberagamdanterpadutanggapterhadapperkembanganilmupengetahuanteknologidanseni.PadakenyataannyapelaksanaanpembelajaranbelumsesuaidenganKTSP.PembelajaranSALINGTEMASmerupakansuatupendekatanyangdapatmengajaksiswauntukmaudanmampumenerpkanprinsipsainsdanmenghasilkansuatuteknologiuntukmemecahkanmasalahdimasyarakat.ModelNHTmerupakanstrukturyangmelibatkansiswadalammenelaahmateridanmemeriksapemahamanterhadapisupelajaran.PembelajaranekonomidikelasX-BSMATAMANSISWA(TAMANMADYA)MALANGberpusatpadaguru(Teachercentered).Metodeyangdigunakandalampembelajaranberupametodeceramah.Worksheetyangmerupakaninstrumenpembelajarantidakdigunakansecaratepat.Dalammelakukanpenilaiansoaltesyangdigunakankebanyakanberupasoaltingkatkognitifmengingat(CI)saja.Haltersebutmenyebabkanmotivasidanhasilbelajarsiswarendahsiswaselalupasifdanhanyamendengarkantanpamenunjukkansikapgembiramaupunsikapingintahu.Nilaiketuntasanbelajarsecaraklasikalrendah.PendekatansalingtemasdenganmodelNHTdidugadapatdigunakanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarekonomisiswaSMATAMANSISWA(TAMANMADYA)MALANGkelasX-B.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangdilaksanakanduasiklus.Padatiapsiklusterdiridaritigakalipertemuan.Penelitianinidilaksanakanpadabulannovember2010.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasX-BSMATAMANSISWA(TAMANMADYA)MALANG.Dengan10siswalaki-lakidan10siswaperempuan.Datapenelitianberupamotivasibelajarsiswadiperolehdenganmelakukanobservasimenggunakanlembarobservasimotivasibelajarselamapembelajaran.SedangkandatahasilbelajarsiswapadaranahkognitifCI-C4diukurberdasarkanketuntasanbelajarsecaraklasikaldanrata-ratatingkatkognitifyangdiperolehmelaluitespadasetiapakhirsiklus.Instrumenpenelitianyangdigunakanyaitusoalteslembarobservasimotivasilembarobservasitindakangurudancatatanlapangan.BerdasarkanhasilpenelitianterjadipeningkatanpadakeempataspekmotivasibelajarolehkarenaitudisarankanbahwagurudapatmenggunakanpendekatanSalingtemasdenganmodelkooperatifNHTuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarekonomisiswa.