Penerapan model pembelajaran problem based learning (pembelajaran berbasis masalah) untuk meningkatkan life skills (kecakapan hidup) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas VIII C SMP Negeri 20 Malang / Lia Permanasari

Main Author: Lia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/40352/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPermanasariLia2009.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearning(PembelajaranBerbasisMasalah)untukMeningkatkanLifeSkills(KecakapanHidup)danHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranEkonomidiKelasVIIICSMPNegeri20Malang.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanProgramStudiPendidikanEkonomiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SapirM.Sos.M.Si(II)Drs.MardonoM.Si.KataKunciProblemBasedLearningKecakapanHidupHasilBelajarPendidikanmerupakanpilarutamadalampembangunansuatubangsaolehkarenanyapemerintahterusmengupayakanpeningkatanmutupendidikandiIndonesiasalahsatunyaadalahdenganpenyempurnaankurikulum.KurikulumTingkatSatuanPendidikanatauKTSPmerupakanstrategipengembangankurikulumuntukmewujudkansekolahyangefektifproduktifdanberprestasi.Pelajaranakanmenjadibermaknabiladikaitkandengankontekskehidupannyatasiswadengancaramengaitkankontendengankontekssalahsatunyaadalahdenganmenggunakanmodelpembelajaraninovatifyangdapatmemberikankondisibelajaraktifpadasiswa.Problembasedlearningadalahsuatumodelpembelajaranyangmelibatkansiswauntukmemecahkansuatumasalahmelaluitahaptahapmetodeilmiahsehinggasiswadapatmempelajaripengetahuanyangberhubungandenganmasalahtersebutdansekaligusmemilikiketrampilanuntukmemecahkanmasalah.Penelitianinibertujuanuntukmenjawabpertanyaan(1)BagaimanakahpenerapanmodelpembelajaranproblembasedlearningpadamatapelajaranekonomidikelasVIIICSMPNegeri20Malang(2)ApakahpenerapanmodelpembelajaranproblembasedlearningdapatmeningkatkankecakapanhidupsiswapadamatapelajaranekonomidikelasVIIICSMPNegeri20Malang(3)ApakahpenerapanmodelpembelajaranproblembasedlearningdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomidikelasVIIICSMPNegeri20MalangPenelitianinimenggunakanmetodepenelitiankualitatif.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasyangterdiridari2siklusdanmasingmasingsiklusmemiliki4tahapyaituperencanaantindakanpengamatandanrefleksi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIICSMPNegeri20Malang.Teknikanalisisdatayangdigunakanuntukmengetahuipenerapanmodelpembelajaranproblembasedlearningolehguruadalahdenganmembandingkanpersentaseketercapaiantindakangurupadatiappertemuan.SedangkanuntukkecakapanhidupanalisisdatadilakukandenganmembandingkanpersentaseratarataseluruhaspekpadapengamatansiklusIdansiklusII.UntukhasilbelajarkognitifdiperolehdarihasilposttestpadasiklusIdanIIsedangkanhasilbelajarafektifClicktobuyNOWPDFXCHANGEwww.docutrack.comClicktobuyNOWPDFXCHANGEwww.docutrack.comiidanpsikomotoranalisisdatadilakukandenganmembandingkanpersentaseratarataseluruhaspekpadapengamatansiklusIdansiklusII.Darihasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajaranproblembasedlearningdapatmeningkatkankecakapanhidupdanhasilbelajarsiswa.Peningkatankecakapanhidupditunjukanolehpeningkatanpersentaserataratadarijumlahpersentaseseluruhaspekyangdiamatidalamkecakapanhidupyaitusebesar48.60%padasiklusImenjadisebesar73.76%padasiklusII.Sedangkanpeningkatanhasilbelajarkognitifsiswayangditunjukkandenganmeningkatnyajumlahsiswayangnilainyamemenuhistandarketuntasanminimum(562565646970)padasiklusIyaitu23siswaatau60.53%padasiklusIIsiswayangmemenuhistandarketuntasanminimumyaitusebanyak36siswaatau92.31%darijumlahtotalsiswa.Adapunbeberapasaranyangdiberikanyaitu.1)BagigurumatapelajaranIPSTerpadu(ekonomi)disarankanuntukmenggunakanmodelpembelajaranproblembasedlearninguntukmeningkatkankecakapanhidupdanhasilbelajarsiswa.2)Padasaatmenerapkanmodelpembelajaranproblembasedlearninghendaknyadisesuaikandenganmateriyangakandiajarkanpadasiswadanlingkunganbelajarsiswasertaketersediaanwaktuyangcukupsehinggamodelpembelajaranproblembasedlearningdapatditerapkansecaraoptimal.