Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Numbered Heads Together (NHT) dikolaborasikan dengan make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS 4 semester gasal tahun ajaran 2017/2018 SMA Negeri 2 Malang
Main Author: | Ilmiah, Fatatiq Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39946/ |
Daftar Isi:
- iRINGKASANIlmiahFatatiqNur.2018.PenerapanMetodePembelajaranKooperatifTeknikNumberedHeadsTogether(NHT)DikolaborasikandenganMakeAMatchuntukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranEkonomiKelasXIIPS4SemesterGasalTahunAjaran2017/2018SMANegeri2Malang.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.SapirS.Sos.M.Si.KataKunciNumberedHeadsTogetherMakeAMatchaktivitasbelajarhasilbelajarBerdasarkanobservasiyangtelahdilakukanolehpenelititerdapatbeberapapermasalahanbelajaryangterdapatdikelasXIIPS4SMAN2Malang.Padasaatprosespembelajaranbanyaksiswayangmelakukankegiatandiluarkegiatanbelajarsepertibermainhandphonemengganggutemanlainberbicaradengantemandiluarkontekspembelajarandantidurdikelas.Selainitusiswakurangmemperhatikanpadasaatgurumenjelaskantidakmencatatmateribelumaktifdalambertanyamengemukakanpendapatdanmeresponjawabanteman.Haltersebutmembuatsiswakurangmemahamimateripembelajaranyangpadaakhirnyahasilbelajarsiswarendah.OlehkarenaitudenganpenerapanmetodepembelajarankooperatifteknikNumberedHeadsTogetherdikolaborasikandenganMakeAMatchakanmemudahkansiswadalammemahamimaterikarenasiswadidoronguntukmelakukankegiatandiskusiyangbertujuanagarsiswasalingbekerjasamadanbertukarpikiran.Teknikpembelajarantersebutjugamembuatsiswaantusiasdanlebihaktifdalamprosespembelajarankarenasiswadiberikankesempatanuntukmelakukanaktivitasbelajarsendiridanterdapatunsurpermainandalamteknikpembelajarantersebut.Penelitianinibertujuan(1)untukmengetahuipenerapanmetodepembelajarankooperatifteknikNHTdikolaborasikandenganMakeAMatchpadamatapelajaranekonomisiswakelasXIIPS4semestergasaltahunajaran2017/2018SMAN2Malang(2)untukmengetahuiapakahpenerapanmetodepembelajarankooperatifteknikNHTdikolaborasikandenganMakeAMatchdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswapadamatapelajaranEkonomikelasXIIPS4semestergasaltahunajaran2017/2018SMAN2Malang(3)untukmengetahuiapakahpenerapanmetodepembelajarankooperatifteknikNHTdikolaborasikandenganMakeAMatchdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranEkonomikelasXIIPS4semestergasaltahunajaran2017/2018SMAN2Malang.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelasdenganpendekatankualitatif.Penelitianiniterdiri2siklusyangmasing-masingsiklusterdiridari4tahapanyaitutahapperencanaanpelaksanaantindakanpengamatandanrefleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXIIPS4semestergasaltahunajaran2017/2018SMAN2Malangyangberjumlah33siswa.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakantekniktespengamatan/observasidandokumentasi.Hasilpenelitianinimenunjukkanadanyapeningkatanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.PadasiklusIpresentaseketuntasanaktivitasbelajarsiswasebesarsebesar56.72%kemudianpadasiklusIIpresentasetersebutmeningkatsebesarii22.06%sehinggamenjadi78.78%.PadahasilbelajarafektifsiklusIpresentaseketuntasannyasebesar59.82%kemudianmeningkatsebesar20.98%sehinggamenjadi80.80%.Padahasilpre-testsiklusIjumlahsiswayangtuntassebanyak1orang(3.03%)sedangkanhasilpre-testsiklusIImeningkatsebesar6.06%jumlahsiswayangtuntassebanyak3siswa(9.09%).Padahasilpost-testsiklusIjumlahsiswayangtuntassebanyak22siswa(66.66%)sedangkanhasilpost-testsiklusIImeningkatsebesar21.21%jumlahsiswayangtuntassebanyak29siswa(87.87%).