Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dipadu Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas IPS 2 angkatan 2016 SMA Negeri 6 Malang semester genap tahun 2017/2018 / Adhitya Putri Utami

Main Author: Utami, Adhitya Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/39932/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKUtamiAdhityaPutri.2018.PenerapanMetodePembelajaranKooperatifTeknikJigsawdipaduProblemBasedLearning(PBL)untukMeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranEkonomiKelasIPS2Angkatan2016SMANegeri6MalangSemesterGenapTahun2017/2018.SkripsiJurusanEkonomiPembangunan.FakultasEkonomi.UniversitasNegeriMalangPembimbingDrs.H.SapirS.SosM.SiKataKunciMetodekooperatifJigsawProblemBasedLearningKeaktifanHasilbelajar.Prosespembelajarandidalamkelasdapatberlangsungbaikapabilasemuasiswadapatmengikutidanberpartisipasiaktifdalampembelajarantersebut.Siswatidakhanyamendengarkandanmemperhatikanceramahdarigurusajamelainkanikutaktifdalamprosespembelajaran.BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpadasiswakelasIPS2angkatan2016diSMANegeri6MalangselamaKPLkeaktifanbelajarsiswadalamprosespembelajaranmasihcukuprendah.Siswalebihbanyakberbicaradiluartopikpembelajarandengantemansebangku.Beberapadarisiswasesekalimembukahandphoneselamakegiatanberlangsungbukanuntukkepentinganpembelajaran.Siswaterkesanbosandantidakadasemangatuntukmengikutikegiatanpembelajaranekonomi.Rendahnyasemangatbelajarsiswaterlihatbahwasiswaseringmengantuksaatpembelajaranekonomi.HaltersebuttentuakanmenganggukeaktifandanhasilbelajarsiswayangkurangdariKKM.TujuandaripenelitianiniuntukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswasetelahditerapkanmetodekooperatifteknikjigsawdipadudenganProblemBasedLearning(PBL)padamatapelajaranekonomi.Pendekatandalampenelitianiniyaitupendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas(PTK).Instrumenyangdigunakanyaitulembarobservasiangketsoalpre-testdanpost-test.Penelitianiniberjalanselama2siklus.SubjekpadapenelitianiniyaitusiswakelasIPS2angkatan2016yangberjumlah27siswa.Berdasarkanhasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpeningkatankeaktifansiswapadasiklus1(6635%)kesiklus2(8748%)denganpeningkatansebesar2135%.Sedangkanuntukhasilbelajarterjadipeningkatandari5891padasiklus1danmeningkatmenjadi6812padasiklus2denganpeningkatanpresentaseketuntasan375%.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmetodepembelajarankooperatifteknikjigsawdipadudenganProblemBasedLearningberjalandenganbaikpembelajaranjugadapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswakelasIPS2angkatan2016SMANegeri6MalangSemesterGenapTahun2018.DisarankanbagiguruekonomimenerapkanmetodekooperatifteknikjigsawdipadudenganProblemBasedLearning(PBL)untukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarkognitifsiswatetapiguruperlumenyesuaikandenganmaterialokasiwaktudankeadaandilingkungankelas.Disarankanbagipenelitiselanjutnyaagarmenggunakanpopulasidansampelpenelitianyanglebihluasdenganmateripembelajaranlainagarhasilyangdidapatkanlebihbaiklagi.