Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan make a match untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 9 Malang tahun ajaran 2017/2018 semester genap / Ryanesti Ratri Dewitasari

Main Author: Dewitasari, Ryanesti Ratri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/39897/
Daftar Isi:
  • iRINGKASANDewitasariRyanestiRatri.2018.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)DanMakeAMatchUntukMeningkatkanKeaktifanSiswaDanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranEkonomiKelasXIPS1DiSMAN9MalangTahunAjaran2017/2018SemesterGenap.Skripsi.JurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Dr.Hj.SriUmiMintartiW.S.E.M.P.Ak.KataKunciProblemBasedLearning(PBL)danMakeAMatchKeaktifansiswadanHasilBelajarSiswaProsespembelajaranmerupakansalahsatufaktoryangpalingpentingdalammeningkatkankualitasbelajarsiswa.DalamprosespembelajaransalahsatunyapadamatapelajaranEkonomidibutuhkanmetodepembelajaranyangbisaditerapkanolehgurudalamupayameningkatkankeaktifanminatmotivasidanhasilbelajarsiswadalammengikutipelajarantersebut.Namunpadakenyataannyapembelajaransaatinidirasakurangmenarikbagisiswadanguru.Padakurikulum2013jugamenganjurkanmenggunakanmodelpembelajaranyangmemaksimalkankeaktifandankreativitassiswa.DenganmenerapkanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)danMakeAMatchdapatmembantusiswadalambelajarsehinggakeaktifandanhasilbelajarsiswameningkat.Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch)denganpendekatankualitatif.TujuandaripenelitianiniuntukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswakhususnyapadamatapelajaranekonomikelasXIPS1SMAN9Malang.Penelitianinidilaksanakandalam2siklusmasing-masingsiklusterdiridari3kalipertemuan.SubjekpenelitianadalahsiswakelasXIPS1SMAN9Malangdenganjumlah36siswayangterdiridari19siswalaki-lakidan17siswaperempuantahunajaran2017/2018.DalampenelitianinidatayangdiperolehberupakeaktifansiswadanhasilbelajarsiswadariranahkognitifsetelahditerapkannyamodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)danMakeAMatch.Instrumenyangdigunakanadalahlembarobservasitestcatatanlapangandandokumentasi.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdiketahuibahwaterjadipeningkatanhasilbelajarsiswasetelahditerapkannyamodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)danMakeAMatch.HalinidapatditunjukkanhasilkeaktifansiswapersentasepadasiklusI733%sementarapadasiklusII91%keatas.Sedangkanhasilbelajarpadaranahkognitifnilairata-ratasebesar76sehinggapresentasepadasiklusIsiswatuntassebesar71%sementaranilairata-ratapadasiklusIIsebesar843sehinggapresentasedari28siswayangtuntassebesar92%PersentaseketerlaksanaantindakanpenelitipadasiklusIsebesar7525%padasiklusIIperrsentasesebesar8737%jugamengalamipeningkatan.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)danMakeAMatchdapatmeningkatkaniikeaktifansiswadanhasilbelajarsiswakelasXIPS1SMAN9Malang.ModelpembelajaraninibisaditerapkanolehguruEkonomisebagaireferensipelaksanaanpembelajarannamunperludiperhatikantentangmateriyanghanyabersifatkonseptualdananalisis.