Pengaruh kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MA Al Ma'arif Singosari Malang / Nur Amalia Sa'adah

Main Author: Sa'adah, Nur Amalia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/39876/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSaadahNurAmalia.2018.PengaruhKebiasaanBelajardanLingkunganSekolahterhadapHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranEkonomiKelasXIIPSMAAlMaarifSingosariMalang.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.IrYohanesHadiSoesiloS.ThM.DivM.E.KataKunciKebiasaanBelajarLingkunganSekolahHasilbelajar.Keberhasilanprosesbelajaryangdilakukansiswadapatdilihatdarihasilbelajaryangdiperolehdimanahasilbelajartersebutdapatdipengaruhiolehfaktorinternaldanfaktoreksternal.Faktorinternalyangdapatmempengaruhihasilbelajarsalahsatunyaadalahkebiasaanbelajarsedangkansalahsatufaktoreksternalyangdapatmempengaruhihasilbelajaradalahlingkungansekolah.Siswayangmemilikikebiasaanbelajaryangbaikakanselalurutindanteraturuntukbelajarsehinggaakanmeningkatkanpemahamanterhadapmateriyangtelahdipelajarikemudianhasilbelajaryangdiperolehjugaakanmeningkat.Kebiasaanbelajaryangbaikakanlebihefektifuntukmeningkatkanhasilbelajarjikadidukungdenganlingkungansekolahyangbaik.LingkungansekolahyangbaikdanlengkapakanmenumbuhkansemangatbelajardanmenunjangprosesbelajarsiswasehinggaakanberdampakpositifterhadaphasilbelajaryangdiperolehPenelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)pengaruhkebiasaanbelajarterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranEkonomikelasXIIPSMAAlMaarifSingosariMalang(2)pengaruhlingkungansekolahterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranEkonomikelasXIIPSMAAlMaarifSingosariMalang(3)pengaruhkebiasaanbelajardanlingkungansekolahterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranEkonomikelasXIIPSMAAlMaarifSingosariMalang.Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifdenganjenispenelitianeksplanasi.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIIPSMAAlMaarifsingosariMalangyangberjumlah135siswa.Sampelpenelitianberjumlah101yangditentukanmenggunakanrumusSlovindenganteknikpengambilansampelPropotionalRandomSampling.Datadiperolehmelaluikuesionerdandokumentasi.Analisisdatapenellitianmenggunakananalisisstatistikdeskriptifdananalisistatistikinferensial.HasilPenelitianmenunjukkanbahwakebiasaanbelajardanlingkungansekolahberpengaruhsignifikanterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranEkonomikelasXIIPSMAAlMaarifSingosariMalangdimanakebiasaanbelajarmemberikansumbanganpengaruhterhadaphasilbelajarsebesar384%sedangkanlingkungansekolahmemberikansumbanganpengaruhterhadaphasilbelajarsebesar401%.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwahasilbelajarsiswapadamatapelajaranEkonomikelasXIIPSMAAlMaarifSingosariMalangdipengaruhiolehkebiasaanbelajardanlingkungansekolahsebesar785%sedangkansisanya(215%)dipengaruhiolehfaktorlain.Sehinggabagigurudiharapkanmampumemberikanmotivasiagarsiswaselalumelakukankebiasaan-kebiasaanyangbaikdalambelajarkemudianbagipihaksekolahdiharapkandapatmenjadikanlingkungansekolahsebagaitempatbelajaryangnyamandanmenyenangkanbagisiswasehinggasiswatidakmerasabosandalambelajar.