Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi pokok bahasan Pasar Modal semester genap tahun ajaran 2016/2017 kelas XI IPS K SMA Negeri 10 Malang / Ferralisa
Main Author: | Yolanda, Ferralisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39839/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKYolandaFerralisa.2017.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearningSebagaiUpayaUntukMeningkatkanKemampuanBerfikirKritisDanHasilBelajarSiswaMataPelajaranEkonomiPokokBahasanPasarModalKelasXiSmaNegeri10Malang.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.SapirS.Sos.M.Si.KatakunciProblemBasedLearningKemampuanBerfikirKritisDanHasilBelajarKurikulum2013menuntutsiswauntuklebihaktifdalamprosespembelajaransumberbelajartidakhanyaberpusatpadagurunamunsiswajugaaktifdalammenemukansumberbelajar.Guruberperansebagaifasilitatoryangtugasnyamemfasilitasisiswadalamprosespembelajaran.Terlebihdalamkurikulum2013initerdapatkelaspeminatanperangurusebagaifasilitatorjugaharusmampumelihatpermasalahanyangadadalamkelasutamanyapermasalahandalammenentukandanmenerapkanmodelyangtepatsehinggaprosespembelajarandapatberjalansecaraefektifdantujuanpembelajarandapattercapai.DenganmenerapkanmodelpembelajaranProblemBasedLearningdapatmembantusiswauntukmeningkatkankemampuanberfikirkritisdalambelajarsehinggahasilbelajarsiswameningkat.Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch)denganpendekatankualitatif.TujuandaripenelitianiniuntukmeningkatkankemampuanberfikirkritisdanhasilbelajarsiswakhususnyapadamatapelajaranekonomikelasXIIPSKSMANegeri10Malang.Penelitianinidilaksanakandalam2siklusmasing-masingsiklusterdiridari2kalipertemuan.SubjekpenelitianadalahsiswakelasXIIPSKSMANegeri10Malangdenganjumlah34siswayangterdiridari14siswalaki-lakidan20siswaperempuantahunajaran2016/2017.DalampenelitianinidatayangdiperolehberupahasilbelajarsiswabaikranahkognitifafektifkemampuanberfikirkritissetelahditerapkannyamodelpembelajaranProblemBasedLearning.Instrumenyangdigunakanadalahlembarobservasitestcatatanlapangandandokumentasi.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwaterjadipeningkatanhasilbelajarsiswasetelahditerapkankanmodelpembelajaranProblemBasedLearnig.HalinidapatditunjukkandarihasilbelajarpadaranahkognitifpresentasepadasiklusI15siswatuntas(4111%)sementarapadasiklusII34siswatuntas(100%)hasilbelajarnya.Padaranahafektifpresentaserata-ratasiklusI6922%sementarasiklusII7912%jugamengalamipeningkatan.RanahkemampuanberfikirkritispadasiklusI48%padasikluaIImengalamipenigkatanmenjadi626%.DapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearningdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa(kognitifafektifmaupunkemampuanberfikirkritis)kelasXIIPSKSMANegeri10Malang.Gurumatapelajaranekonomudisarankandapatmenerapkanmodelpembelajaraninisebagaialternatiflaindialamprosespembelajarannamundemikianperludisesuaikandenganmaterikhususnyamateriyangbersifatkonseptualdanwaktupelaksanaanya.