Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbasis mind mapping untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi kelas X IPS i SMA Negeri 6 Malang semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Reza Primayandhi

Main Author: Primayandhi, Reza
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/39826/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPembelajaranyangidealmerupakansuatupembelajaranyangdikelolasecaraefektifdanberpusatpadapesertadidik.Pembelajaranyangberpusatpadapesertadidikberartipesertadidikmemilikikesempatanuntukmengungkapkangagasannyamengkomunikasikandanmendiskusikannyadengansesamapesertadidikmaupundengangurunya.BerdasarkanpengamatanyangdilakukandiSMANegeri6Malangditemukanfakta-faktadilapanganyangkurangsesuaidenganpembelajaranyangdikatakanidealkhususnyadikelasXIPS3.Fakta-faktadilapanganyangditemukanantaralainrendahnyaprestasibelajarsiswa.Beberapakendalaketidakberhasilanketuntasanbelajarsiswaadalahmodelpembelajaranyangkurangmenarikperhatiansiswaolehgurumediapembelajaranyangkurangmendukungdanfaktorkesiapansiswadalambelajarekonomi.Untukmengatasimasalahtersebutmakadiperlukanteknikpembelajaranyangmembuatsiswalebihaktifkreatifdanmenambahpengalamanbelajarsiswa.TeknikpembelajaranyangsesuaidenganpermasalahantersebutadalahteknikpembelajaranSTADberbasisMindMapping.PendekatanyangdigunakanpadapenelitianiniadalahdeskriptifkualitatifdanjenispenelitianyaituPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidilaksanakanselamaduasiklusdanmasing-masingsiklusterdiridariduapertemuan.Teknikpengumpulandatayangdiguna-kanyaitulembarobservasitesdokumentasidancatatanlapangan.Hasilpene-litianmenunjukkanbahwateknikpembelajaranSTADberbasisMindMappingdapatditerapkandenganbaikpadapembelajaranekonomisiswakelasXIPS3SMANegeri6Malang.Selainitupene-rapanSTADberbasisMindMappingdapatmeningkatkanprestasibelajarranahkognitifdanafektif.Haliniditunjukkandengankenaikanrata-ratadanpersentaseketuntasanbelajardisetiapsiklusnya.KataKunciSTADMindMappingprestasibelajar