Penerapan teknik pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 7 Malang semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Nina Yuliani
Main Author: | Yuliani, Nina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39817/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKYulianiNina.2017.PenerapanTeknikPembelajaranStudentTeamsAchievementDivisions(STAD)untukMeningkatkanHasilBelajarMataPelajaranEkonomiSiswaKelasXIMIPA5SMANegeri7MalangSemesterGenapTahunAjaran2016/2017.Skripsi.ProgramStudiPendidikanEkonomiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.SapirS.Sos.M.Si.KataKunciSTADhasilbelajarsiswaKeberhasilanprosespembelajaranekonomididalamkelastidakhanyaberdasarkankemampuansiswasematanamunjugakemampuangurudalamprosespenyampaianmateripelajarankepadaparasiswa.BerdasarkanhasilpengamatandikelasXIMIPA5SMANegeri7MalangdiketahuibahwamasihterdapatsiswayangtidakmencapaiKKMdanketuntasanbelajarsecaraklasikalyangbelummencapai80%.Salahsatupenyebabpermasalahantersebutyaitumetodepembelajaranyangmasihmenggunakanpendekatanyangberpusatpadaguru(teachercentered).Padapendekataninigurusebagaimemegangkontrolselamapembelajarandancenderungkurangmelibatkanaktivitassiswa.HalinitentunyatidaksesuaidenganKurikulum2013dimanaKurikulum2013lebihmenekankanpadaperanaktifparasiswadidalamprosespembelajarandikelas.Untukmengatasipermasalahantersebutmakadiperlukanupayaperbaikanyangdilakukanolehgurudalamprosespembelajaranekonomi.SalahsatumetodepembelajaranyangdianjurkandigunakanpadaKurikulum2013ialahmetodepembelajarankooperatifdenganteknikSTAD.Teknikpembelajaraninimendorongparasiswaagarsalingmendukungdanmembantuanggotalaindalamsatukelompokuntukmenguasaimateripelajaransehinggatingkatpemahamanataupenguasaanmateriolehsiswadapatmeningkat.Pendekatanyangdigunakanpadapenelitianiniadalahdeskriptifkualitatifdanjenispenelitianyaitupenelitiantindakankelas(PTK)denganmelaluiempattahapanperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Penelitianinidilaksanakansebanyakduasiklusyangtiapsiklusterdiridariduapertemuan.Teknikpengumpulandatayaitupengamatantesdandokumentasi.Ujiinstrumensoaltesdilakukandenganujivaliditasujireliabilitassertaanalisisbutirsoalyangterdiridariujitarafkesukaranbutirsoaldanujidayapembedabutirsoal.HasilpenelitianmenunjukkanbahwateknikpembelajaranSTADdapatditerapkandenganbaikpadamatapelajaranekonomisiswakelasXIMIPA5SMANegeri7Malangsemestergenaptahunajaran2016/2017.SelainitupenerapanteknikpembelajaranSTADdapatmeningkatkanhasilbelajardilihatdariranahkognitif.Haliniditunjukkandengankenaikannilairata-ratadanpersentaseketuntasanbelajardisetiapsiklusnya.Untukmeningkatkanprosespembelajarandiharapkankepadagurukhususnyagurumatapelajaranekonomidapatmenggunakanteknikinisebagaisalahsatuvariasimengajar.Selainitudiharapkanbagigurudapatlebihinovatifdankreatifdalammenerapkanberbagaimetodesertateknikpembelajaranyanglain.ABSTRACTYulianiNina.2017.ApplicationofStudentTeamsAchievementDivision(STAD)LearningTechniquetoImproveStudentElementResultofEconomyClassXIMIPA5SMANegeri7MalangEvenSemesterofAcademicYear2016/2017.Essay.EconomicEducationStudiesProgramDepartmentofEconomicDevelopmentFacultyofEconomicsStateUniversityofMalang.AdvisiorDrs.SapirS.Sos.M.Si.KeywordsSTADlearningoutcomesstudentThesuccessoftheeconomiclearningprocessintheclassroomisnotonlybasedontheabilityofthestudentsitselfbutalsotheabilityofteachersintheprocessofdeliveringteachingmaterialstothestudents.BasedonobservationsinclassXIMIPA5SMANegeri7MalangisknownthattherearestillstudentswhodonotreachKKMandcompletenessoflearninginaclassicalthathasnotreached80%.Oneofthecausesoftheproblemisthemethodoflearningthatstillusesateacher-centeredapproach.Inthisapproachtheteacherholdsfullcontrolduringlearningandtendstoinvolvelessstudentactivity.ThisiscertainlynotinaccordancewiththeCurriculum2013wheretheCurriculum2013emphasizestheactiveroleofstudentsinthelearningprocessintheclassroom.Toovercomethisproblemitisnecessaryimprovementwhichismadebytheteacherintheeconomiclearningprocess.OneoftherecommendedteachingmethodsusedinCurriculum2013iscooperativelearningmethodwithSTADtechnique.Thislearningtechniqueencouragesstudentstosupporteachotherandhelpothermembersinagrouptomasterthesubjectmattersothatthelevelofunderstandingormasteryofthematerialbystudentscanincrease.TheapproachusedinthisresearchisdescriptivequalitativeandresearchtypethatisClassActionResearch(PTR)withthroughfourstagesactionplanningactionimplementationactionobservationandreflectionaction.Thisstudywasconductedintwocycleseachcycleconsistingoftwomeetings.Techniquesofdatacollectionareobservationtestanddocumentation.Thetestofthetestinstrumentisdonebyvaliditytestreliabilitytestaswellastheitemanalysisconsistingofthetestofthedifficultyleveloftheitemandthedifferentiationtestoftheitem.TheresultsshowedthatSTADlearningtechniquescanbeappliedwellontheeconomicsubjectsofstudentsofclassXIMIPA5SMANegeri7Malangevensemesterofacademicyear2016/2017.InadditiontheapplicationofSTADlearningtechniquescanimprovelearningoutcomesseenfromthecognitivedomain.Thisisindicatedbytheincreaseintheaveragevalueandthepercentageoflearningmasteryineachcycle.Toimprovethelearningprocessitisexpectedthatteachersespeciallyteachersofeconomicsubjectcanusethistechniqueasoneofteachingvariation.Inadditionitisexpectedthatteacherscanbemoreinnovativeandcreativeinapplyingvariousmethodsandotherlearningtechniques