Penerapan model pembelajaran debate dipadu dengan model Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 7 Malang tahun ajaran 2016/2017 semester genap / Moch. Adi Maulana
Main Author: | Maulana, Moch. Adi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39816/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMaulanaM.Adi.2017.PenerapanModelPembelajaranDebateDipaduDenganNumberedHeadsTogether(NHT)UntukMeningkatkanKeaktifanSiswaDanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranEkonomiSiswaKelasXIIPSSMAN7MalangTahunAjaran2016/2017.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.SapirS.Sos.M.SiKataKunciDebateNumberedHeadsTogether(NHT)KeaktifandanHasilBelajarKurikulum2013bertujuanuntukmendorongsiswaagarmampudanlebihbaikdalammelakukanobservasibertanyamenalardanmengkomunikasikanapayangmerekaperolehsetelahmenerimamateripembelajaransehingganantinyasiswaakanmemilikikompetensisikapketerampilansertapengetahuanyanglebihbaik.Pendekatanyangdigunakanpadakurikulum2013bukanlagiteachercentermelainkanstudentcenterdimanasetiapsiswadituntutuntuklebihaktifdalamkegiatanpembelajaran.DenganmenerapkanmodelpembelajaranDebatedipadudenganNumberedHeadsTogether(NHT)dapatmembantusiswadalambelajarsehinggakeaktifandanhasilbelajarsiswameningkat.Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch)denganpendekatankualitatif.TujuandaripenelitianiniuntukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswakhususnyapadamatapelajaranekonomikelasXIIPS4SMAN7Malang.Penelitianinidilaksanakandalam2siklusmasing-masingsiklusterdiridari2kalipertemuan.SubjekpenelitianadalahsiswakelasXIIPS4SMAN7Malangdenganjumlah28siswayangterdiridari14siswalaki-lakidan14siswaperempuantahunajaran2016/2017.DalampenelitianinidatayangdiperolehberupakeaktifansiswadanhasilbelajarsiswadariranahkognitifsetelahditerapkannyamodelpembelajaranDebatedipadudenganNumberedHeadsTogether(NHT).Instrumenyangdigunakanadalahlembarobservasiwawancaratestcatatanlapangandandokumentasi.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdiketahuibahwaterjadipeningkatanhasilbelajarsiswasetelahditerapkannyamodelpembelajaranDebatedipadudenganNumberedHeadsTogether(NHT).HalinidapatditunjukkanhasilkeaktifansiswapersentasepadasiklusI63%sementarapadasiklusII80%keatas.Sedangkanhasilbelajarpadaranahkognitifnilairata-ratasebesar653sehinggapresentasepadasiklusIsiswatuntassebesar75%sementaranilairata-ratapadasiklusIIsebesar825sehinggapresentasedari28siswayangtuntassebesar92%PersentaseketerlaksanaantindakanpenelitipadasiklusIsebesar913%padasiklusIIperrsentasesebesar978%jugamengalamipeningkatan.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranDebatedanNumberedHeadsTogether(NHT)dapatmeningkatkankeaktifansiswadanhasilbelajarsiswakelasXIIPS4SMAN7Malang.Modelpembelajaraninibisaditerapkanolehguruekonomisebagaireferensipelaksanaanpembelajarannamunperludiperhatikantentangmateriyanghanyasifatnyakonseptualdananalisis.