Pengaruh minat belajar, kecerdasan emosional (EQ) dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMAN 1 Batu / Desi Sukamto
Main Author: | Sukamto, Desi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39814/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSukamtoDesi.2017.PengaruhMinatBelajarKecerdasanEmosional(Eq)DanPemanfaatanFasilitasBelajarDiSekolahTerhadapHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranEkonomiKelasXIpsSman1Batu.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Dr.HWahjoediM.EKataKunciminatbelajarkecerdasanemosionalpemanfaatanfasilitasbelajardisekolahhasilbelajarSMAN1Batuadalahsekolahmenengahatasdikotabatuyangmemilikisiswaberprestasinamunberdasarkanhasilobservasiawalpenulisdidapatihasilbahwatidakseluruhsiswamemilikinilaiyangbaiktetapimemilikinilaiyangfluktuatifpadastudikasusulanganakhirsemestermatapelajaranekonomi.Hasilinimengindikasikanbahwaadafaktor-faktoryangberperandalammenentukanhasilbelajarsiswaBerdasarkanhaltersebutpenulistertarikuntukmenelitimengenaipengaruhdarikecerdasanlainyaknikecerdasanemosional(EQ)danfaktorlainyaituminatbelajarsertapemanfaatanfasilitasbelajardisekolahtentangpengaruhnyaterhadaphasilbelajarmatapelajaranekonomipadasiswakelasXIPSSMAN1Batusebabdalamkondisidisuatukelasdiasumsikantiapsiswaberbeda-beda.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntuk(1)menjelaskanpengaruhminatbelajarterhadaphasilbelajarmatapelajaranekonomisiswakelasXIPSSMAN1Batu(2)menjelaskanpengaruhkecerdasanemosionalterhadaphasilbelajarmatapelajaranekonomisiswakelasXIPSSMAN1Batu.(3)menjelaskanpengaruhpemanfaatanfasilitasbelajardisekolahterhadaphasilbelajarmatapelajaranekonomisiswakelasXIPSSMAN1Batu.(4)menjelaskanpengaruhminatbelajarkecerdasanemosionaldanpemanfaatanfasilitasbelajardisekolahsecarabersama-samaatausimultanterhadaphasilbelajarmatapelajaranekonomisiswakelasXIPSSMAN1Batu.Penelitianinimenggunakanteknikanalisisregresilinearberganda.Datapadapenelitianinidiperolehdarikuesionersertadatamengenaihasilbelajardiperolehdaridokumentasigurumatapelajaranekonomi.Populasipadapenelitianinisebanyak145siswadarilimakelasyangkemudianolehpenulisditentukansampelsebanyak105siswa.Kegiatananalisisdatadimulaidengananalisisdeskripifdilanjutkandenganujiprasyaratanalisisujihipotesisanalisisregresibergandaanalisiskoefisiendeterminasidananalisissumbanganefektif.Hasilyangdiperolehpadapenelitianiniadalah(1)TerdapatpengaruhantaraminatbelajarterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelasXIPSSMAN1Batu(2)TerdapatpengaruhantarakecerdasanemosionalterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelasXIPSSMAN1Batu(3)TerdapatpengaruhantarapemanfaatanfasilitasbelajardisekolahterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelasXIPSSMAN1Batu(4)TerdapatpengaruhantaraminatbelajarkecerdasanemosionaldanpemanfaatanfasilitasbelajardisekolahterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelasXIPSSMAN1BatuSaranditujukankepada(1)BagiSekolahhendaknyadapatmenciptakanlingkunganbelajaryangkondusifdanjugadenganfasilitasbelajaryanglengkapsehinggapencapaianprestasibelajarsiswadapatlebihoptimal.(2)Pendidikdiharapkandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswamelaluipeningkatanminatbelajar.(3)Bagipenelitilainyangakanmelalukanpenelitiandengansubyekyangserupadisarankanagarmengambilpopulasipenelitiandariberbagaitingkatanpendidikanlain(SMPatauUniversitas)sehinggadapatmemberikansumbangsihnyaterhadapilmupengetahuanuntukmenjelaskanbesarkecilnyapengaruhdariminatbelajarkecerdasanemosionaldanpemanfaatanfasilitasbelajardisekolahterhadaphasilbelajarpadaberbagaitingkatanpendidikan.