Pengaruh minat belajar, kecerdasan emosional (EQ) dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMAN 1 Batu / Desi Sukamto

Main Author: Sukamto, Desi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/39814/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSukamtoDesi.2017.PengaruhMinatBelajarKecerdasanEmosional(Eq)DanPemanfaatanFasilitasBelajarDiSekolahTerhadapHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranEkonomiKelasXIpsSman1Batu.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Dr.HWahjoediM.EKataKunciminatbelajarkecerdasanemosionalpemanfaatanfasilitasbelajardisekolahhasilbelajarSMAN1Batuadalahsekolahmenengahatasdikotabatuyangmemilikisiswaberprestasinamunberdasarkanhasilobservasiawalpenulisdidapatihasilbahwatidakseluruhsiswamemilikinilaiyangbaiktetapimemilikinilaiyangfluktuatifpadastudikasusulanganakhirsemestermatapelajaranekonomi.Hasilinimengindikasikanbahwaadafaktor-faktoryangberperandalammenentukanhasilbelajarsiswaBerdasarkanhaltersebutpenulistertarikuntukmenelitimengenaipengaruhdarikecerdasanlainyaknikecerdasanemosional(EQ)danfaktorlainyaituminatbelajarsertapemanfaatanfasilitasbelajardisekolahtentangpengaruhnyaterhadaphasilbelajarmatapelajaranekonomipadasiswakelasXIPSSMAN1Batusebabdalamkondisidisuatukelasdiasumsikantiapsiswaberbeda-beda.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntuk(1)menjelaskanpengaruhminatbelajarterhadaphasilbelajarmatapelajaranekonomisiswakelasXIPSSMAN1Batu(2)menjelaskanpengaruhkecerdasanemosionalterhadaphasilbelajarmatapelajaranekonomisiswakelasXIPSSMAN1Batu.(3)menjelaskanpengaruhpemanfaatanfasilitasbelajardisekolahterhadaphasilbelajarmatapelajaranekonomisiswakelasXIPSSMAN1Batu.(4)menjelaskanpengaruhminatbelajarkecerdasanemosionaldanpemanfaatanfasilitasbelajardisekolahsecarabersama-samaatausimultanterhadaphasilbelajarmatapelajaranekonomisiswakelasXIPSSMAN1Batu.Penelitianinimenggunakanteknikanalisisregresilinearberganda.Datapadapenelitianinidiperolehdarikuesionersertadatamengenaihasilbelajardiperolehdaridokumentasigurumatapelajaranekonomi.Populasipadapenelitianinisebanyak145siswadarilimakelasyangkemudianolehpenulisditentukansampelsebanyak105siswa.Kegiatananalisisdatadimulaidengananalisisdeskripifdilanjutkandenganujiprasyaratanalisisujihipotesisanalisisregresibergandaanalisiskoefisiendeterminasidananalisissumbanganefektif.Hasilyangdiperolehpadapenelitianiniadalah(1)TerdapatpengaruhantaraminatbelajarterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelasXIPSSMAN1Batu(2)TerdapatpengaruhantarakecerdasanemosionalterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelasXIPSSMAN1Batu(3)TerdapatpengaruhantarapemanfaatanfasilitasbelajardisekolahterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelasXIPSSMAN1Batu(4)TerdapatpengaruhantaraminatbelajarkecerdasanemosionaldanpemanfaatanfasilitasbelajardisekolahterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelasXIPSSMAN1BatuSaranditujukankepada(1)BagiSekolahhendaknyadapatmenciptakanlingkunganbelajaryangkondusifdanjugadenganfasilitasbelajaryanglengkapsehinggapencapaianprestasibelajarsiswadapatlebihoptimal.(2)Pendidikdiharapkandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswamelaluipeningkatanminatbelajar.(3)Bagipenelitilainyangakanmelalukanpenelitiandengansubyekyangserupadisarankanagarmengambilpopulasipenelitiandariberbagaitingkatanpendidikanlain(SMPatauUniversitas)sehinggadapatmemberikansumbangsihnyaterhadapilmupengetahuanuntukmenjelaskanbesarkecilnyapengaruhdariminatbelajarkecerdasanemosionaldanpemanfaatanfasilitasbelajardisekolahterhadaphasilbelajarpadaberbagaitingkatanpendidikan.