Penerapan model PQ4R (Preview, Question, Read, Recite, Reflect, Review) dan snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI LM Ekonomi SMAN 1 Tumpang Malang / Khodijah Ba'abud

Main Author: Ba'abud, Khodijah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/39799/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKBaabudKhodijah.2017.PenerapanModelPQ4R(PreviewQuestionReadReciteReflectReview)DanSnowballThrowingUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaMataPelajaranEkonomiKelasXILMEkonomiSMANegeri1Tumpang.Skripsi.ProgramStudiS-1PendidikanEkonomiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.HariWahyonoM.Pd.KataKunciPQ4R(PreviewQuestionReadReciteReflectReview)SnowballThrowingHasilBelajar.Dalamkontekspembelajarandisekolahada2subjekyangberkaitanyaitusiswadangurukeduanyamemilikiperandalamkegiatanbelajarmengajarberhasiltidaknyasuatukegiatanpembelajarantentudipengaruhiolehkeduanya.Gurudituntutuntukmampumelaksanakanmodelpembelajaranyangdapatmembuatsiswatidakhanyatertarikdalambelajarnamunjugadapatmemahamidanmengaplikasikanapayangdiperolehdisekolah.PadaprosespembelajarandikelasXILintasMinatEkonomiSMAN1Tumpanggurumasihmenggunakanmodelyangkonvensionalatauceramahsehinggasiswamalasdankurangsemangatdalammengikutipembelajarandanmenyebabkanhasilbelajarsiswarendah.Olehkarenaitudiperlukanmodelyangdapatmemenuhikebutuhansiswasuatumodelyangtepatmenyenangkandandapatmembawadampakpositifbagisiswa.ModelPQ4RdanSnowballThrowingmerupakanmodelpembelajaranyangmenyenangkanyangdapatmelatihsiswadalammembacamengingatmateridanmelatihsiswadalammenyampaikaninformasi/gagasansehinggadenganadanyamodeltersebutsiswadapatmeningkatkankemampuanbacamengingatdanmenyampaikanmateridenganbaikyangnantinyadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.PenelitianinidilaksanakandikelasXILintasMinatEkonomiSMAN1Tumpangyangberjumlah40siswa.PengambilandatapenerapanmodeltersebutmenggunakaninstrumenlembarobservasikegiatangurudatahasilbelajarsiswaranahkognitifmenggunakaninstrumensoalPretestdanposttestdandatahasilbelajarsiswaranahafektifmenggunakaninstrumenlembarobservasi.BerdasarkandatayangdiperolehterjadipeningkatanhasilbelajarsiswakelasXILintasMinatEkonomiSMAN1Tumpang.HaltersebutditunjukkandengankeberhasilantindakanpenelitidalampenerapanmodelPQ4RdanSnowballThrowingyaitupadasiklus1sebesar78%keberhasilantindakanpeneliti.kemudianmeningkatpadasiklus2sebesar93%keberhasilantindakanpeniliti.Peningkatanhasilbelajarranahkognitifsiswameningkatdarisiklus1sebesar78%kemudianhasilbelajarsiswameningkatpadasiklus2sebesar90%.Sedangkanhasilbelajarsiswapadaranahafektifmeningkatdari70%padasiklus1meningkatmenjadi85%padasiklus2.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdisarankanbagigurukhususnyaguruekonomiuntukmenerapkanmodelpembelajarantersebutagarhasilbelajarsiswadapatmeningkat.