Penerapan model pembelajaran mind mapping dan Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 5 di SMA Brawijaya Smart School Kota Malang semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Peni Dwi Wijayanti

Main Author: Wijayanti, Peni Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/39751/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWijayantiPeniDwi.2017.PenerapanModelPembelajaranMindMappingDanThinkPairShare(TPS)untukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranEkonomiKelasXIIPS5diSMABrawijayaSmartSchoolKotaMalangSemesterGenapTahunAjaran2016/2017.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangPembimbingDrs.H.AchmadAliWafaM.PdKatakunciMindMappingThinkPairShareAktivitasBelajarHasilBelajarMengajarmerupakanprosesmenanampengetahuankepadaanakdidikdengansuatuharapanterjadiprosespemahaman.Gurusebagaifasilitatorbertanggungjawabuntukmenciptakandanmembangkitkankegiatanbelajaryangefektifmelaluiperencanaanpembelajaranyangmatangmetodepembelajaranyangvariatifprosespembelajaranyangmenyenangkansertamediaataualatevaluasiyangbaik.Metodepembelajaranadalahsalahsatufaktoryangpentinguntukmenentukankeberhasilangurudalammengajarapabilagurumasihmenggunakanmetodekonvensionalseperticeramahataudiskusikelompokbesardianggapkurangmampumeningkatkanpartisipasisiswadidalamkelassertabelummampumembuatsiswamenjadimandiridalambelajarsehinggaguruperlumenggunakanberbagaimetodeyangvariatifuntukmencapaitujuanpembelajaranyangdiharapkan.Permasalahanyangditemukansetelahdilakukanobservasiadalahsiswacenderungpasifdantidakfokusterhadapmateriyangdisampaikanterlihatpadasaatgurumemberikankesempatanbertanyaataumengutarakanpendapatmengenaimateriyangdibahastetapihanyasiswatertentusajayangaktifdanantusiasmengikutipembelajaran.Temuantersebutmenggambarkanbahwakualitaspembelajarankurangefektifsehinggaberdampakpadahasilbelajarsiswarendah.DiharapkandenganpenerapanmodelpembelajaranMindMappingdanThinkPairShare(TPS)dapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipenerapanmodelpembelajaranMindMappingdanThinkPairShare(TPS)untukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasXIIPS5diSMABrawijayaSmartSchoolMalang.PenelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakandalam2siklus.Setiapsiklusterdiridari3pertemuandanmelalui4tahapanyaituperencanaantindakantahappelaksanaantindakanpengamatandantahaprefleksi.SubjekpenelitianadalahsiswakelasXIIPS5yangberjumlah28siswa.PenelitianinidilaksanakanpadabulanJanuari-Februari2017.Dalampenelitianinidatayangdiperolehberupadataaktivitasdanhasilbelajar.Instrumenyangdigunakanyaitulembarobservasitescatatanlapangandandokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasXIIPS5SMABrawijayaSmartSchoolMalang.HalinidapatditunjukkandenganpeningkatanpersentasenilaiaktivitassiswapadasiklusIsebesar68%meningkatmenjadi75%padasiklusII.Sedangkanhasilbelajarranahkognitifsiswajugamengalamipeningkatan.HasilbelajarditunjukkandengannilaipaskakegiatanpadasiklusIsebesar74menjadi84padasiklusII.PersentaseketuntasanbelajarklasikalpadasiklusIsebesar61%menjadi86%padasiklusII.DisarankankepadagurubidangstudiekonomiuntukmenerapkanmodelpembelajaranMindMappingdanThinkPairShare(TPS)sebagaisalahsatualternatifmodelpembelajarandikelasuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswadanuntukpenelitiyanglainuntukmemperbaikiinstrumenobservasiyangdigunakandalampenelitiandanmengembangkanpenelitiandenganmenambahvariabelpenelitianselaianaktivitasdanhasilbelajartetapijugamenelitisepertivariabelmotivasiberpikirkritiskreativitasdenganmenggunakanmodelpembelajaranMindMappingdanThinkPairShare(TPS).ABSTRACTWijayantiPeniDwi.2017.TheImplementationofMindMappingandThinkPairShare(TPS)ModelstoImproveTheLearningActivityandLearningOutcomesinEconomicsEleventhGradeofSocialScience5StudentofSMABrawijayaSmartSchoolMalangAcademicYear2016/2017.ThesisEconomicDevelopementDepartmentFacultyofEconomicUniversitasNegeriMalangAdvisorDrs.H.AchmadAliWafaM.Pd.KeywordsMindMappingThinkPairShareLearningActivityLearningOutcomesTeachingisasharingknowledgeprocesstothestudentswithanexpectationthatthereiscomprehensionprocess.Teacherasafacilitatorhasaresponsibilitytocreateandbuildaneffectivelearningteachingprocessbyplanoutlessonplanvariouslearningmethodenjoyablelearningprocessandgoodmediaorevaluationtool.Learningmethodisoneofimportantfactorthatdetermineteachersuccessfulnessinteachingwhentheteacherstillimplementconventionalmethodsuchascommunicativeordiscussioninabiggroupisconsideredlessabilitytoenhancethestudentsparticipationintheclassandhavenoabilitytomakethestudentsbecameindependentyet.Sotheteacherneedtoimplementsomevariousmethodtoreachthelearninggoal.Theproblemthatwasfoundafterobservationwasstudentstendtopassiveanddidnotfocusonthelessonthatwastaughtitcouldbeseenwhentheteachergaveachancetoaskorsharetheiropiniontowardsthematerialtherewereonlysomestudentsthatactiveandenthusiasticfollowedthelearningprocess.ThisfoundingdescribedthelearningqualitywaslesseffectivesoitaffectedtotheLearningOutcomesofthestudentsthatwerelow.ItwasexpectedthelearningmethodimplementationMindMappingandThinkPairShare(TPS)couldenhancetheactivityandstudentsLearningOutcomes.ThepurposeofthisresearchwastoknowthelearningmethodimplementationofMindMappingandThinkPairShare(TPS)toenhancetheactivityandLearningOutcomesineconomicsofXIIPS5studentsofSMABrawijayaSmartSchoolMalang.ThisstudyuseddescriptivequalitativeapproachwithkindofClassroomActinResearch(CAR)thatwasdonein2cycle.Everycyclewasconsistof3meetingsand4stepsthatwereplanningtheactionimplementingtheactionobservingandreflecting.ThesubjectofthisresearchwasXIIPSstudentsthatconsistof28students.ThisresearchwasdoneonJanuary-February2017.ThedatathatwascollectedonthisresearchwereactivitydataandLearningOutcomes.Theinstrumentthatwereusedinthisresearchwereobservationsheettestfieldnotesanddocumentation.ResearchsresultshownthattherewereenhancementonactivityandLearningOutcomesofXIIPS5studentsofSMABrawijayaSmartSchoolMalang.ItwasshownfromtheenhancementofstudentsactivityscorepercentageonthecycleIwas68%enhancedbecame75%onthecycleII.WhilestudentscognitiveLearningOutcomessalsoenhanced.LearningOutcomeswasshownbyafteractivityscoreonthecycleIwas74became84onthecycleII.ItwassuggestedtotheeconomicsteachertoimplementthelearningmethodMindMappingandThinkPairShare(TPS)asoneofalternativelearningmethodintheclasstoenhanceactivityandstudentsleaningresultandfortheotherresearchertorepairtheobservationsinstrumentthatwereusedinthisresearchanddeveloptheresearchbyaddingresearchvariablenotonlyactivityandLearningOutcomesbutalsoanothervariablesuchasmotivationcriticalthinkingcreativitybyusingthelearningmethodMindMappingandThinkPairShare(TPS).